Csángó

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ceangăi / Csángó
Daerah dengan populasi signifikan
Rumania (Moldavia), Hungaria (Tolna)
Bahasa
Bahasa Hungaria[1]) Csango, dialek lama Hungaria;[2][3]
Agama
Katolik Roma

Suku Csango (bahasa Hongaria: Csángók, bahasa Rumania: Ceangăi) adalah kelompok etnis Hungaria yang menganut agama Katolik di kawasan Moldavia, Rumania, terutama di Kabupaten Bacău. Bahasa tradisional mereka yang disebut bahasa Csango merupakan dialek Hungaria lama yang hanya dituturkan oleh sejumlah kecil orang Csango.[1] Akibat tekanan dari pemerintah lokal dan kurangnya pendidikan bahasa Hungaria di sekolah negeri, jumlah penutur asli bahasa Csango terus berkurang dan bahasa ini sangat terancam punah pada tahun 2000-an.

Menurut sensus Rumania tahun 2002, 1.370 orang menyatakan diri sebagai orang Csango.[4] Akibat proses rumanisasi orang Csango, tidak banyak lagi yang merasa sebagai bagian dari kelompok etnis ini. Asal usul mereka sendiri masih diperdebatkan. Pada masa kedatangan suku Hungaria di Cekungan Carpathia pada tahun 895/896, terdapat orang Hungaria yang menetap di sebelah utara dan timur Pegunungan Carpathia, seperti yang ditunjukkan oleh sejumlah peninggalan arkeologi di dekat Przemyśl, Polandia. Orang Csango di Moldavia mungkin merupakan keturunan mereka, tetapi terdapat pula kemungkinan bahwa mereka adalah keturunan garnisun Székely.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b http://adatbank.transindex.ro/html/cim_pdf438.pdf
  2. ^ "Csango minority culture in Romania". Committee on Culture, Science and Education. Council of Europe. 2001-05-04. Diakses tanggal 2008-09-29. 
  3. ^ "Recommendation 1521 (2001) — Csango minority culture in Romania". Parliamentary Assembly. Council of Europe. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2005-12-17. 
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama census

Pranala luar[sunting | sunting sumber]