Crush (minuman)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Crush
JenisMinuman ringan
ProdusenKeurig Dr Pepper
DistributorPepsiCo (AS and Kanada)
The Coca-Cola Company (Suriah), (Lebanon)
Compañía de Cervecerías Unidas (Chile)
Diperkenalkan1911; 113 tahun lalu (1911)
Produk terkaitFanta, Nehi, Orange Slice, Sunkist, Mirinda

Crush (sebelumnya bernama Orange Crush) adalah sebuah merek minuman ringan produksi Keurig Dr Pepper. Diciptakan oleh Neil C. Ward di tahun 1911, produk pertamanya adalah minuman soda rasa jeruk, meskipun saat ini juga tersedia rasa lainnya. Saingan terdekat produk ini adalah Fanta produksi Coca-Cola.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Iklan Ward's Orange Crush, 1921
Tutup botol Crush

Tersebutlah sebuah perusahaan bernama Orange Crush Company yang dipimpin dan didirikan oleh Clayton J. Howel bersama Neil C. Ward. Di tahun 1911, Ward menciptakan resep varian Crush pertama, yaitu Orange Crush. Sebagai penghargaan atas nama penciptanya, saat itu produk ini dinamakan Ward's Orange Crush.[1] Agar terlihat menarik, cairan Orange Crush awalnya ditambahkan pulp jeruk, sehingga kelihatan "segar" (meskipun sebenarnya pulp tersebut ditambahkan pasca-produksi). Selain itu botolnya dibuat bergerigi dan berwarna coklat.[2]

Pada tahun 1980, merek Crush diakuisisi oleh Procter & Gamble, yang kemudian dijual kepada Cadbury Schweppes di tahun 1989. Perusahaan ini kemudian melepas bisnis minuman ringannya di AS kepada perusahaan baru Dr Pepper Snapple Group (kini Keurig Dr Pepper) di tahun 2008. Saat ini merek Crush diproduksi di sejumlah negara, seperti Kanada (oleh Canada Dry Motts); AS (oleh sejumlah pembotol Pepsi); dan beberapa negara Amerika Latin (Compañía de Cervecerías Unidas di Chili dan The Coca-Cola Company di negara lainnya).[3] Varian rasa (di AS) yang umum dipasarkan adalah rasa jeruk, anggur, stroberi dan ceri.

Crush di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Produk ini pernah masuk (secara resmi) ke Indonesia pada periode 1990-an, kala itu diproduksi oleh PT Asianindo Unitrada (kemudian menjadi oleh PT Nala Vini Eka/Navika Beverages) milik grup Sinar Mas.[4] Pabriknya berlokasi di Cakung, Jakarta Timur[5] yang juga memproduksi minuman soda merek Canada Dry, A&W Root Beer (keduanya juga lisensi dari Cadbury Schweppes), RC Cola (lisensi dari Royal Crown Cola Company), Cruzz, dan selanjutnya Navika ditambah Zoda (merek lokal). Diperkirakan pada tahun 1998 produk-produk Navika ini meraih 4,1% pangsa pasar soft drink nasional.[6] Saat ini produk Crush sudah tidak beredar lagi.

Namun secara informal, "Orange Crush" sudah dikenal sejak abad ke-20 di Indonesia sebagai istilah bagi minuman ringan rasa jeruk,[7] entah dilisensikan dari AS atau tidak. Beberapa produsen (biasanya produsen limun) yang pernah membotolkan minuman ini di Indonesia, seperti Fraser and Neave (F&N),[8] pabrik NOVA di Bandung,[9] pabrik Globe,[10] Kuntji Dua, Limas di Palembang,[11] sebuah pabrik di Pematangsiantar,[12] pabrik High Life di Semarang,[13] dan lainnya. Kini tidak banyak perusahaan yang memproduksi "Orange Crush" versi lokal ini, seperti perusahaan bernama "Sumeru"[14] yang produknya hanya tersedia secara terbatas.

Varian[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]