Criminal Minds

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Criminal Minds
Criminal-Minds.svg
Genre
PembuatJeff Davis
Pemeran
Negara asalAmerika Serikat
Jmlh. musim15
Jmlh. episode324
Produksi
Produser eksekutif
  • Mark Gordon
  • Jeff Davis
  • Edward Allen Bernero
  • [Deborah Spera
  • Chris Mundy
  • Simon Mirren
  • Erica Messer
  • Janine Sherman Barrois
  • Breen Frazier
  • Harry Bring
  • Glenn Kershaw
Durasi45 menit
DistributorAS:
CBS Studios
through
CBS Media Ventures
Non-AS:
Disney-ABC International Television
Rilis
Jaringan asliCBS
Format gambar480i (SDTV),
1080i (HDTV)
Tanggal tayang asli22 September 2005 –
19 Februari 2020
Kronologi
Acara terkait
  • Criminal Minds: Suspect Behavior
  • Criminal Minds: Beyond Borders
  • Criminal Minds (Korea)
Pranala luar
[Situs Situs web]
[Situs produksi Situs web produksi]

Criminal Minds adalah seri televisi prosedural-polisi fiksi-kejahatan Amerika yang dibuat oleh Jeff Davis untuk CBS. Seri ini menceritakan tentang BAU (Behavioural Analysis Unit), sebuah unit khusus FBI yang mencari pelaku kriminal dengan menganalisis dan mempelajari perilaku pelaku berdasarkan tanda-tanda yang ada untuk memahami pola pikir mereka.

Seri ini tayang selama 15 musim mulai 22 September 2005 hingga 19 Februari 2020 dan memiliki dua spin-off dengan rating yang rendah, Criminal Minds: Suspect Behavior yang hanya memiliki satu musim,[1][2] dan Criminal Minds: Beyond Borders yang tayang selama dua musim.[3][4][5]

Pada Februari 2021, Paramount+ mengumumkan bahwa seri lanjutan dari Criminal Minds sedang dalam tahap awal pengembangan.[6][7] Pada Februari 2022, diumumkan bahwa Joe Mantegna, Kirsten Vangsness, A. J. Cook, Paget Brewster, Aisha Tyler, dan Adam Rodriguez dipastikan akan kembali.[8][9] Pada Juli 2022, diumumkan secara resmi bahwa seri ini akan memiliki sepuluh episode dan syuting akan dimulai pada Agustus 2022. Daniel Henney, yang sedang membintangi seri lain, dan Matthew Gray Gubler dipastikan tidak akan kembali untuk seri ini.

Pemeran dan karakter[sunting | sunting sumber]

  • Mandy Patinkin sebagai Jason Gideon (musim 1–3), mantan kepala unit BAU. Gideon adalah salah satu agen yang paling berpengalaman karena sudah menjadi bagian dari unitnya sejak pertama dibentuk. Gideon meninggalkan BAU setelah pacarnya dibunuh. Dirinya kemudian tewas dibunuh pada musim sepuluh.
  • Thomas Gibson sebagai Aaron Hotchner (musim 1–12), ketua unit BAU. Pada awal cerita, Hotchner baru saja menikah dengan Haley dan keduanya memiliki putra bernama Jack. Hotchner menjadi ayah tunggal setelah bercerai dengan Haley yang kemudian dibunuh. Hotchner meninggalkan BAU dan menjadi bagian dari program perlindungan saksi pada musim dua belas, setelah seorang pembunuh berantai mengintai Jack di sekolahnya.
  • Lola Glaudini sebagai Elle Greenaway (musim 1–2), agen baru BAU. Elle bergabung dengan BAU pada episode pertama dan dirinya ditembak di rumahnya pada episode terakhir, membuatnya mengalami trauma. Setelah cuti berbulan-bulan, dirinya kembali bertugas meskipun rekan-rekannya merasa dirinya belum siap. Elle kemudian menembak seorang terduga pemerkosaan berantai. Sebelum Hotchner memecat dan melakukan investigasi, Elle menyerahkan lencana FBI dan pistolnya — mengakhiri karir impiannya.
  • Shemar Moore sebagai Derek Morgan (musim 1–11; tamu musim 12–13), agen BAU yang pemarah. Morgan adalah spesialis hate crime yang pada masa kecilnya mengalami pelecehan seksual dari pelatih olahraganya. Pada musim sebelas, serangkaian peristiwa mengerikan terjadi padanya dan istri barunya, sehingga Morgan memutuskan untuk meninggalkan BAU demi menciptakan lingkungan yang aman bagi keluarganya. Dia kemudian memiliki putra yang diberi nama Hank Spencer Morgan, berdasarkan nama ayah dan sahabarnya, Spencer Reid.
  • Matthew Gray Gubler sebagai Dr. Spencer Reid, seorang genius dengan ingatan eidetik yang mampu membaca 20.000 kata dalam satu menit
  • A. J. Cook sebagai Jennifer "JJ" Jareau (musim 1–5, 7–15; tamu musim 6), penghubung antara BAU dengan media yang mengatur strategi dalam penyebaran informasi. Pada musim enam, JJ dipaksa untuk menerima promosi di Pentagon dan meninggalkan BAU. Dia kembali pada akhir musim tersebut dan memutuskan untuk menjadi profiler.
  • Kirsten Vangsness sebagai Penelope Garcia (musim 2–15; pemeran berulang musim 1), ahli teknologi yang membantu BAU dalam mencari jejak digital dari para terduga pelaku. Setelah perginya JJ, Garcia — bersama dengan Hotchner — menggantikan posisinya sebagai penghubung media. Garcia mengundurkan diri dari FBI pada episode terakhir untuk bergabung dengan perusahaan nirlaba.
  • Paget Brewster sebagai Emily Prentiss (musim 2–7, 12–15; tamu musim 9, 11), agen yang bergabung untuk menjatuhkan Hotchner dari posisinya sebagai ketua BAU atas suruhan Erin Strauss. Kehadirannya mendapatkan sambutan dingin dari Gideon dan Reid. Memutuskan untuk loyal dengan timnya, Emily kemudian menolak permintaan Strauss dan memutuskan untuk mengundurkan diri. Hotchner kemudian meminta Prentiss untuk kembali, dan dirinya mulai mendapatkan kepercayaan dari rekan-rekannya. Emily tewas pada musim enam akibat masa lalunya sebagai mata-mata, tetapi kembali pada musim tujuh setelah terungkap Hotch dan JJ telah memalsukan kematiannya. Emily kembali meninggalkan tim setelah mendapatkan tawaran untuk menjalankan kantor Interpol di London. Emily kembali pada musim dua belas untuk sementara atas permintaan Hotch, tetapi memutuskan untuk kembali secara permanen setelah mendapatkan tawaran untuk menjadi ketua unit. Prentiss merupakan salah satu kandidat untuk menjadi direktur FBI pada akhir seri.
  • Joe Mantegna sebagai David Rossi (musim 3–15), seorang penulis novel kriminal yang sukses. Rossi mengawali karirnya di BAU bersama dengan Gideon dan sempat bekerja bersama Hotchner, sebelum memutuskan untuk pensiun dan memutus kontak dari rekan-rekannya. Setelah bertahun-tahun pensiun, Rossi memutuskan untuk kembali karena sebuah kasus yang belum berhasil dia pecahkan — yang terjadi dua dekade sebelumnya.
  • Rachel Nichols sebagai Ashley Seaver (musim 6), seorang kadet FBI dengan latar belakang yang unik, ayahnya adalah Charles Beauchamp, seorang pembunuh berantai yang ditangkap oleh Hotchner dan Gideon. Pada musim tujuh, disebutkan Seaver telah pindah ke tim gabungan Andy Swan.
  • Jeanne Tripplehorn sebagai Alex Blake (musim 8–9), mantan anggota BAU yang kembali untuk membersihkan namanya, setelah dikambinghitamkan oleh Erin Strauss. Blake meninggalkan BAU pada akhir musim sembilan, setelah kasus yang dihadapi BAU memicu traumanya. Dalam episode ini, Reid ditembak dan nyawa seorang anak laki-laki berada dalam bahaya. Kepada Reid, dirinya mengenang putranya yang meninggal ketika berusia sembilan tahun akibat penyakit syaraf dan mengatakan jika putranya akan sangat mirip dengan Reid. Pada musim sepuluh, disebutkan bahwa Blake kembali menjadi profesor
  • Jennifer Love Hewitt sebagai Kate Callahan (musim 10), anggota baru BAU yang menjadi ibu angkat dari putri mendiang kakaknya yang tewas dalam peristiwa 9/11. Pada episode terakhir, Kate meminta cuti setelah mengetahui dirinya hamil. Hotchner mengatakan bahwa Kate akan selalu memiliki tempat di BAU kapanpun dirinya siap untuk kembali.
  • Aisha Tyler sebagai Dr. Tara Lewis (musim 12–15; pemeran berulang musim 11), seorang psikolog forensik yang mempelajari para psikopat secara langsung. Lewiss bergabung ketika JJ dan Kate sedang cuti kehamilan dan berencana pergi untuk melanjutkan penelitiannya, tetapi Hotch mengizinkannya untuk tinggal di BAU.
  • Adam Rodriguez sebagai Luke Alvez (musim 12–15), agen satgas yang dibentuk untuk menangkap pembunuh-pembunuh berantai yang kabur dari penjara pada musim sebelas. Luke mengajak Garcia berkencan pada akhir seri.
  • Damon Gupton sebagai Stephen Walker (musim 12), anggota BAP yang direkrut oleh Prentiss untuk membantu BAU menemukan “Mr. Scratch”. Pada episode terakhir musim dua belas, Walker tewas dalam kecelakaan yang menimpa tim BAU.
  • Daniel Henney sebagai Matt Simmons (musim 13–15), mantan anggota IRT (International Response Team) yang dibubarkan oleh Linda Barnes. Setelah BAU mengalami kecelakaan pada akhir musim dua belas dan Walker tewas, Garcia menghubungi Matt untuk meminta bantuan. Prentiss kemudian menawarkan Matt untuk bergabung.

Pergantian pemeran[sunting | sunting sumber]

Pada awal penayangannya, Criminal Minds dibintangi oleh Mandy Patinkin sebagai Jason Gideon, Thomas Gibson sebagai Aaron Hotchner, Lola Glaudini sebagai Elle Greenaway, Shemar Moore sebagai Derek Morgan, dan Matthew Gray Gubler sebagai Dr. Spencer Reid. Jennifer "JJ" Jareau yang diperankan oleh A. J. Cook diperkenalkan sebagai anggota tim pada episode dua. Kirsten Vangsness yang memerankan Penelope Garcia muncul dalam peran tamu untuk episode pertama, tetapi kemudian mendapat pembaruan kontrak untuk tampil sepanjang musim setelah produser melihat interaksinya dengan Moore.[10] Pada musim pertama, Vangsness tidak muncul dalam opening credit bersama pemeran utama lainnya, melainkan diberikan credit sebagai Also Starring. Vangsness dipromosikan menjadi pemeran utama pada musim kedua.[11]

Pada musim kedua, Lola Glaudini memutuskan untuk mengakhiri perannya karena ingin kembali tinggal di Kota New York.[12] Paget Brewster kemudian bergabung sebagai Emily Prentiss untuk menggantikan peran Glaudini.[13] Pada awal musim ketiga, Mandy Patinkin menyusul keluarnya Glaudini. Patinkin menyebutkan konten kekerasan yang ditampilkan seri ini sangat mengganggu bagi dirinya.[14] Joe Mantegna kemudian bergabung dalam perannya sebagai David Rossi, seorang penulis terkenal yang sempat pensiun dari FBI.[15][16] Pada musim empat, A. J. Cook yang baru melahirkan anaknya meninggalkan Criminal Minds selama beberapa episode; Meta Golding berperan sebagai Jordan Tood selama absennya Cook.[17]

Pada musim enam, diberitakan bahwa Paget Brewster dan A. J. Cook akan dipecat dari Criminal Minds setelah CBS melakukan pemotongan dana.[18] Cook muncul untuk terakhir kalinya pada episode dua — tetapi kembali untuk dua episode pada pertengahan dan akhir musim — sedangkan Brewster pergi di pertengahan musim setelah melakukan negoisasi.[19][20] Kemudian, diumumkan bahwa Rachel Nichols akan beperan sebagai Ashley Seaver untuk menggantikan Cook dan Brewster.[21][22] Dalam pernyataan pribadinya, Brewster mengungkapkan bahwa alasan sebenarnya dia dan Cook dipecat adalah karena CBS meminta Criminal Minds untuk menampilkan pemeran wanita yang lebih muda — dia kemudian mengungkapkan bahwa Nichols mendapatkan bayaran dua kali lebih tinggi dibandingkan Brewster dan Cook.[20][18] Keputusan ini mendapat respon negatif dan penolakan keras dari penonton yang menuntut kembalinya Brewster dan Cook.[23] Nichols kemudian dilepaskan dari kontraknya setelah musim enam berakhir dan musim tujuh menampilkan kembalinya Brewster serta Cook dalam peran utama mereka.[24] Brewster kemudian memutuskan untuk meninggalkan seri ini pada akhir musim tujuh untuk mencari peluang lain.[24]

Jeanne Tripplehorn bergabung sebagai Dr. Alex Blake untuk musim delapan.[25][26][27] Keluarnya Tripplehorn dari Criminal Minds diungkapkan saat penayangan episode terakhir dari musim sembilan.[28][29] Jennifer Love Hewitt bergabung sebagai Kate Callahan untuk musim sepuluh.[30] Pada musim ini, karakter Gideon dibunuh.[31]

Ketika produksi untuk musim sebelas dimulai, Cook dan Hewitt sedang hamil sehingga karakter mereka digantikan oleh Dr. Tara Lewis yang diperankan oleh Aisha Tyler untuk sementara.[32][33] Tyler yang seharusnya berperan untuk beberapa episode saja kemudian mendapatkan pembaruan kontrak untuk muncul sepanjang musim, setelah Hewitt dipastikan tidak akan kembali.[34] Musim sebelas menjadi musim terakhir bagi Shemar Moore yang sudah berkeinginan untuk keluar sejak musim sepuluh.[35][36]

Pada musim dua belas, Aisha Tyler dipromosikan menjadi pemeran utama dan Adam Rodriguez bergabung untuk mengisi posisi Moore sebagai Luke Alvez.[37][38] Sementara itu, Thomas Gibson yang memerankan Aaron Hotchner terlibat perkelahian fisik dengan seorang penulis ketika proses syuting sedang berlangsung. Gibson kemudian ditangguhkan,[39] sebelum akhirnya dipecat dan karakternya dihapus.[40] Gibson hanya muncul pada dua episode pertama saja, sedangkan pada episode tiga perannya diisi oleh Paget Brewster yang dijadwalkan untuk kembali selama beberapa episode.[41][42] Brewster kemudian kembali dipromosikan menjadi pemeran utama.[43] Damon Gupton bergabung sebagai Stephen Walker untuk menggantikan Gibson.[44]

Kontrak Gupton tidak diperpanjang untuk musim tiga belas.[45] Dia digantikan oleh Daniel Henney yang mengulang perannya dari Criminal Minds: Beyond Borders sebagai Matt Simmons.[46][47]

Rating[sunting | sunting sumber]

Season Episodes Time slot (EST) Original Airing Rank Viewers
(in millions)
Season premiere Season finale TV season
1 22 Wednesday 9:00 pm September 22, 2005 May 10, 2006 2005–06 TBA TBA
2 23 September 20, 2006 May 16, 2007 2006–07
3 20 September 26, 2007 May 21, 2008 2007–08
4 26 September 24, 2008 May 20, 2009 2008–09
5 23 September 23, 2009 May 26, 2010 2009–10
6 24 September 22, 2010 May 18, 2011 2010–11
7 September 21, 2011 May 16, 2012 2011–12
8 September 26, 2012 May 22, 2013 2012–13
9 September 25, 2013 May 14, 2014 2013–14
10 October 1, 2014[48] May 2015 2014–15
11 22 September 30, 2015 May 4, 2016 2015-16
12 September 28, 2016 May 10, 2017 2016-17
13 Wednesday 10:00 PM September 27, 2017 April 18, 2018 2017-18
14 15 October 3, 2018 February 6, 2019 2018-19
15 10 January 8, 2020 February 19, 2020 2019-20

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Andreeva, Nellie (May 17, 2010). "CBS Picks Up 'Criminal Minds' Spinoff To Series". Deadline Hollywood. United States: Penske Media Corporation. Diakses tanggal May 17, 2010. 
  2. ^ Andreeva, Nellie (May 17, 2011). "CBS renews 'CSI:NY', cancels 'Criminal Minds: Suspect Behavior'". Deadline Hollywood. United States: Penske Media Corporation. Diakses tanggal May 17, 2011. 
  3. ^ "'Criminal Minds' doing new spinoff". Entertainment Weekly. New York City. Diakses tanggal November 8, 2015. 
  4. ^ Mitovich, Matt Webb (13 December 2014). "'Criminal Minds' Spin-Off 2015 — Globe-Trotting Team Of Profilers". TVLine. United States: Penske Media Corporation. Diakses tanggal November 8, 2015. 
  5. ^ Goldberg, Lesley (14 May 2017). "'Criminal Minds: Beyond Borders' Canceled at CBS7". The Hollywood Reporter. 
  6. ^ Petski, Denise (February 19, 2021). "'Criminal Minds' Revival In Early Development At Paramount+". Deadline Hollywood. Diakses tanggal February 19, 2021. 
  7. ^ White, Peter (February 24, 2021). "'Criminal Minds': Paramount+ Lays Out Plan To Revive Procedural Franchise". Deadline Hollywood. Diakses tanggal February 24, 2021. 
  8. ^ Andreeva, Nellie; Andreeva, Nellie (2022-02-04). "'Criminal Minds': As Dealmaking Continues, Six Stars Are Poised To Return For Revival On Paramount+". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-08. 
  9. ^ Maas, Jennifer; Earl, William (2022-02-01). "'Criminal Minds' Revival Is 'In Development,' Paramount Plus Programming President Confirms". Variety. Diakses tanggal 2022-02-08. 
  10. ^ Ostuni, Amanda (2021-04-04). "The Transformation Of Kirsten Vangsness From Childhood To Criminal Minds". Looper.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-08. 
  11. ^ Lavender, Natasha (2020-09-09). "The Criminal Minds Character That Was In All But One Episode". Looper.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-08. 
  12. ^ Criminal Minds Fan (7 December 2006). "Criminal Minds Fanatic's Favorite Things". Criminal Minds Fanatic. Mountain View, California: Blogger. Diakses tanggal November 8, 2015. 
  13. ^ "Criminal Minds: How Paget Brewster's Emily Prentiss Died, Left &Took Over the Show". CBR (dalam bahasa Inggris). 2021-05-10. Diakses tanggal 2021-12-08. 
  14. ^ Witchel, Alex. "Mandy Patinkin: 'I Behaved Abominably'". The New York Times. New York City. Diakses tanggal 2013-08-21. 
  15. ^ August 13, Dawnie Walton Updated; EDT, 2007 at 04:00 AM. "Joe Mantegna joins Criminal Minds". EW.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-08. 
  16. ^ Guthrie, Marisa (2007-08-14). "Joe Mantegna Joins Criminal Minds, Set To Debut In Series' Fifth Episode". Broadcasting Cable (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-08. 
  17. ^ "Criminal Minds' Meta Golding Joins Cast of Catching Fire". www.yahoo.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-08. 
  18. ^ a b Balkovich, Robert (2020-06-27). "The Real Reason Paget Brewster Left Criminal Minds". Looper.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-08. 
  19. ^ Balkovich, Robert (2020-06-27). "The Real Reason Paget Brewster Left Criminal Minds". Looper.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-08. 
  20. ^ a b Bucholtz, Meg (2020-08-06). "The Real Reason AJ Cook Left Criminal Minds". Looper.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-08. 
  21. ^ Andreeva, Nellie; Andreeva, Nellie (2010-12-03). "Exclusive: Rachel Nichols To Become Criminal Minds Regular". TVLine (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-08. 
  22. ^ Andreeva, Nellie; Andreeva, Nellie (2010-12-04). "Rachel Nichols To Become Regular On 'Criminal Minds'; Paget Brewster's Status Unchanged". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-08. 
  23. ^ Boone, Brian (2019-10-25). "The Real Reason These Criminal Minds Actors Left The Show". Looper.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-08. 
  24. ^ a b "Criminal Minds: How Paget Brewster's Emily Prentiss Died, Left &Took Over the Show". CBR (dalam bahasa Inggris). 2021-05-10. Diakses tanggal 2021-12-08. 
  25. ^ "Get To Know The New 'Criminal Minds' Character". HuffPost (dalam bahasa Inggris). 2012-07-10. Diakses tanggal 2021-12-08. 
  26. ^ Andreeva, Nellie; Andreeva, Nellie (2012-06-14). "Jeanne Tripplehorn Joins CBS' 'Criminal Minds' As New Regular". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-08. 
  27. ^ Andreeva, Nellie; Andreeva, Nellie (2012-06-14). "Jeanne Tripplehorn Joins CBS' 'Criminal Minds' As New Regular". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-08. 
  28. ^ Alexandria Ingham (30 August 2014). "Criminal Minds Shares Details on Alex Blake's Departure". Guardian Liberty Voice. Las Vegas. Diakses tanggal November 8, 2015. 
  29. ^ Joyce Eng (May 15, 2014). "Criminal Minds Finale Postmortem: Boss on 'Emotional Exit,' Replacements and Season 10". TV Guide. Radnor, Pennsylvania: NTVB Media CBS Interactive (CBS Corporation) (digital assets). Diakses tanggal November 8, 2015. 
  30. ^ "Jennifer Love Hewitt joins 'Criminal Minds' as series regular". Entertainment Weekly. New York City. Diakses tanggal November 8, 2015. 
  31. ^ Eng, Joyce (January 29, 2015). "Postmortem: Criminal Minds Boss on That Big Death and Why It Had to Happen". TV Guide. Radnor, Pennsylvania: NTVB Media CBS Interactive (CBS Corporation) (digital assets). Diakses tanggal February 8, 2015. 
  32. ^ May 06, Natalie Abrams Updated; EDT, 2015 at 12:00 PM. "Jennifer Love Hewitt is not returning for 'Criminal Minds': EW exclusive". EW.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-08. 
  33. ^ Huggins, Sarah (May 7, 2015). "How 'Criminal Minds' Season 11 will handle A.J. Cook's pregnancy". Zap2it. Chicago: Tribune Digital Ventures. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-06-19. Diakses tanggal June 28, 2015. 
  34. ^ "Jennifer Love Hewitt not returning for 'Criminal Minds' season 11". Entertainment Weekly. New York City. Diakses tanggal November 8, 2015. 
  35. ^ Eng, Joyce (March 23, 2016). "Shemar Moore on His Criminal Minds Exit: "I'm Proud of the Way Things Ended for Derek Morgan"". TV Guide. Radnor, Pennsylvania: NTVB Media CBS Interactive (CBS Corporation) (digital assets). Diakses tanggal March 24, 2016. 
  36. ^ Webb Mitovich, Matt (March 23, 2016). "Criminal Minds: Shemar Moore Hails the 'Exclamation Point' on Derek's 'Hero Ride,' Says 'I Left It All on the Field'". TVLine. United States: Penske Media Corporation. Diakses tanggal March 24, 2016. 
  37. ^ Webb Mitovich, Matt (August 10, 2016). "Criminal Minds: Aisha Tyler Promoted to Series Regular for Season 12". TVLine. United States: Penske Media Corporation. Diakses tanggal August 10, 2016. 
  38. ^ Hibberd, James. "Criminal Minds adds Adam Rodriguez as series regular". Entertainment Weekly. New York City. Diakses tanggal July 15, 2016. 
  39. ^ Andreeva, Nellie (August 11, 2016). "Thomas Gibson Suspended From 'Criminal Minds' Over On-Set Altercation". Deadline Hollywood. United States: Penske Media Corporation. Diakses tanggal August 11, 2016. 
  40. ^ Goldberg, Lesley (August 12, 2016). "Thomas Gibson Fired From CBS' 'Criminal Minds'". The Hollywood Reporter. United States. Diakses tanggal August 12, 2016. 
  41. ^ Bring, Harry [@LLPOS] (August 2, 2016). "Well, look who joined us for the table read on 1203!" (Tweet). Diakses tanggal August 2, 2016 – via Twitter. 
  42. ^ Andreeva, Nellie (July 21, 2016). "'Criminal Minds': Paget Brewster To Return For Arc In Season 12". Deadline Hollywood. United States: Penske Media Corporation. Diakses tanggal July 22, 2016. 
  43. ^ Gonzalez, Sandra (August 31, 2016). "Paget Brewster is once again a series regular on 'Criminal Minds'". CNN News. Atlanta: CNN. Diakses tanggal October 2, 2016. 
  44. ^ Webb Mitovich, Matt (September 30, 2016). "Criminal Minds: New Series Regular Cast in Wake of Thomas Gibson's Exit". TVLine. Diakses tanggal September 30, 2016. 
  45. ^ Andreeva, Nellie (June 11, 2017). "'Criminal Minds': Damon Gupton Leaving CBS Series After One Season". TVLine. Diakses tanggal June 11, 2017. 
  46. ^ "Alana De La Garza & Annie Funke Join 'Criminal Minds: Beyond Borders'". Deadline Hollywood. United States: Penske Media Corporation. July 17, 2015. Diakses tanggal July 22, 2015. 
  47. ^ "Criminal Minds Adds Beyond Borders ' Daniel Henney as Series Regular". TVLine.com. 20 June 2017. Diakses tanggal June 20, 2017. 
  48. ^ "CBS Announces Fall Premiere Dates; Early Start for 'Madam Secretary'; 'Big Bang Theory' & 'Scorpion' Launch Premiere Week". TV by the Numbers. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-07-14. Diakses tanggal 2014-06-28. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]