Cracks (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cracks
SutradaraJordan Scott
ProduserKwesi Dickson
Andrew Lowe
Julie Payne
Rosalie Swedlin
Christine Vachon
SkenarioBen Court
Caroline Ip
Jordan Scott
Berdasarkan
Cracks
oleh Sheila Kohler
PemeranEva Green
Juno Temple
María Valverde
Imogen Poots
Sinéad Cusack
Penata musikJavier Navarrete
SinematograferJohn Mathieson
PenyuntingValerio Bonelli
Perusahaan
produksi
DistributorOptimum Releasing
Tanggal rilis
  • 12 September 2009 (2009-09-12) (TIFF)
  • 4 Desember 2009 (2009-12-04) (Britania Raya)
Durasi104 menit
NegaraBritania Raya
Irlandia
BahasaInggris

Cracks adalah sebuah film drama psikologi seru independen Britania Raya tahun 2009 garapan Jordan Scott, serta menampilkan Eva Green, Juno Temple, María Valverde, dan Imogen Poots. Film tersebut dirilis di Britania Raya dan Irlandia pada 4 Desember 2009.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Diceritakan pada tahun 1930-an di sekolah asrama elit Inggris yang ketat bernama St Mathilda's, ceritanya berpusat pada sekelompok gadis yang mengidolakan instruktur selam misterius mereka, Miss G (Eva Green) (dalam film, kita mengetahui bahwa Miss G pernah menjadi siswa di sekolah yang sama di mana dia sekarang bekerja dan bahkan mungkin melanjutkan di sekolah setelah dia lulus). Di Radfield (Juno Temple) naksir Miss G, dan merupakan favorit perusahaan dan biang keladi kelompoknya. Ketika seorang gadis cantik Spanyol bernama Fiamma Corona (María Valverde) tiba di sekolah, fokus Miss G dialihkan dari gadis-gadis lain. Itu menjadi segitiga: Miss G semakin terobsesi dengan Fiamma, Fiamma diganggu oleh Miss G dan juga secara terbuka muak dengan kemunafikan dan penipuan guru, dan Di sangat cemburu dan membuat hidup Fiamma seperti neraka. Nona G (yang mengaku sebagai penjelajah dunia) pergi ke kota paroki terdekat untuk membeli beberapa perbekalan. Dia menarik perhatian yang tidak diinginkan dari beberapa orang lokal dan terlihat kesal dan hampir panik ketika dia kembali ke sekolah. Penindasan tersebut memuncak dengan Di secara fisik mengusir Fiamma dari sekolah tetapi, karena tidak dapat kembali ke Spanyol seperti yang dia harapkan, Fiamma kembali malam itu juga. Di dan Fiamma mulai menjalin persahabatan. Fiamma pingsan di pesta asrama, dan Miss G membawanya ke kamarnya sendiri, di mana dia memperkosanya saat dia pingsan. Di menyaksikan ini dan melarikan diri. Keesokan paginya, Fiamma tampak kesal, dan Miss G sama tertekannya saat dia mengejarnya. Di merenung, dan akhirnya memberi tahu anggota gengnya yang lain bahwa Fiamma merayu Nona G. Fiamma mungkin memberi tahu Nona G bahwa dia akan melaporkan penganiayaan tersebut kepada para guru, dan dengan ngeri, Nona G menyadari bahwa kariernya akan berakhir. Dia pada gilirannya memanipulasi kasih sayang Di padanya menjadi kemarahan. Dia mengatakan bahwa Fiamma akan membuat kebohongan tentang dia menganiaya dia (meskipun itu benar) dan berencana mengeluarkannya dari sekolah. Di benar-benar menolak untuk membiarkan ini terjadi.

Konfrontasi antara geng Di dan Fiamma berubah menjadi buruk saat Fiamma menolak untuk menjawab pertanyaan kejam Di dan mencoba menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi, mengisyaratkan kebohongan dan cacat karakter Miss G. Fiamma lari ke hutan saat keadaan menjadi lebih ganas, tetapi gadis-gadis itu menyusulnya dan, di bawah kepemimpinan Di, memukulinya dengan tongkat dan tinju mereka. Fiamma mulai mengalami serangan asma, dan gadis-gadis itu berhenti, ketakutan. Mereka lari untuk mendapatkan bantuan, dan Di bertemu dengan Miss G (yang telah menonton pemukulan dan pengejaran yang terjadi secara diam-diam dan tanpa usaha untuk menghentikan pemukulan), yang mengatakan dia akan tetap bersama Fiamma, dan mengarahkan Di untuk pergi mencari guru. Di hutan, Miss G sendirian dengan Fiamma, menolak memberikan Fiamma inhalernya dan dengan tenang melihatnya mati. Di kembali tepat pada waktunya untuk melihat Nona G meletakkan inhaler di tangan tak bernyawa Fiamma, menyadari kebenarannya. Belakangan, Di memberi tahu gadis-gadis lain apa yang terjadi, dan bersatu, mereka menghadapi Miss G. Mereka secara resmi tidak berdaya, tetapi mereka keluar dari tim selam dan secara simbolis menyerahkan ikat pinggang mereka. Kepala sekolah menolak untuk mengakui kesalahan sekolah, dan tampaknya hanya peduli dengan reputasi sekolah, tetapi melepaskan Nona G dari tugasnya untuk sementara. Adegan terakhir membuat Di meninggalkan sekolah untuk menjelajahi dunia, seperti yang dikatakan oleh Fiamma dan Miss G, sementara Miss G pergi ke desa setempat dan menemukan kamar kecil tempat dia tinggal, menunjukkan bahwa semua kisah perjalanannya memang palsu seperti yang dikatakan Fiamma kepada Di dan dia, mungkin tinggal di kamar kecil ini sebagai gantinya. Dalam sebuah adegan yang mungkin membuat penonton lebih memahami kepribadian Miss G, kita melihat dia meletakkan beberapa barang pribadinya di meja samping tempat tidurnya. Dia meletakkan satu item di sana dan kemudian dengan cepat menghapusnya untuk memberi ruang bagi item lain. Setelah itu, dia menghitung item untuk memastikan hanya ada lima. Penonton kemudian diingatkan bahwa ketika Fiamma tiba di sekolah, di kamar asrama Di memberitahunya bahwa hanya lima barang pribadi yang dapat dipajang di meja tidurnya pada satu waktu.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]