Courmayeur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Courmayeur
Comune di Courmayeur
Commune de Courmayeur
Lambang kebesaran Courmayeur
NegaraItalia
WilayahLembah Aosta
Provinsitidak ada
FrazioniDolonne, Entrèves, La Palud, Villair Dessous, Villair Dessus, Larzey, Entrelevie, La Villette, La Saxe
Luas
 • Total210 km2 (80 sq mi)
Ketinggian
1.224 m (4,016 ft)
Populasi
 (2006)
 • Total2.798
 • Kepadatan13/km2 (35/sq mi)
DemonimCourmayeurins
Zona waktuUTC+1 (CET)
 • Musim panas (DST)UTC+2 (CEST)
Kode pos
11013
Kode area telepon0165
Santo/a PelindungSt. Pantaleo
- Hari27 Juli
Situs webSitus web resmi

Courmayeur adalah sebuah kota ski Italia di kaki Mont Blanc, gunung tertinggi di Eropa. Kota ini terletak di sisi tenggara Mont Blanc, yang merupakan bagian dari pegunungan Alps yang menempati sebagian Prancis, Italia, dan Swiss. Courmayeur terletak di bagian Alps yang dikenal sebagai Pennine Alps.

Opera di Carlo Bazzi, Pomeriggio in Val Veny, Courmayeur, 25 x 34 cm, 1920

Turisme[sunting | sunting sumber]

Pemandangan gunungnya yang indah dan udara gunung yang sehat membuat Courmayeur sebuah tempat yang menarik. Dia merupakan salah satu tempat ski paling terkenal di Eropa. Meskipun begitu, Courmayeur tidak hanya populer di musim dingin karena skinya, tetapi juga di musim panas sebagai tempat hiking atau bersantai.

Wilayah sekitar[sunting | sunting sumber]

Wilayah tempat Courmayeur berada, Lembah Aosta, terkenal karena pemandangannya yang mengagumkan, kastilnya, gerejanya, dan sejarah yang lama sampai Kekaisaran Roma.

Transportasi dan Hiking[sunting | sunting sumber]

Courmayeur terhubungkan dengan Italia barat laut (220 km dari Milan). Terowongan Mont Blanc yang menghubungkannya dengan Prancis (Lyon kuran dari 200 km dan dapat dicapai dalam beberapa jam), dan Swiss (180 km dari Jenewa).

Dolonne, kota kembar Courmayeur, merupakan tempat tinggal dan hotel, dan juga pusat olahraga besar. Ia terhubungkan dengan Courmayeur oleh sebuah jembatan.

Gunung lain yang megelilingi Courmayeur adalah Mont Chétif. Gunung ini merupakan tempat yang mudah untuk hiking dan di sana juga terdapat patung Bunda Maria di puncak yang melihat ke kota dan dapat dilihat hampir dari mana pun.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]