Coupé

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mercedes-Benz 250 SE Coupe

Coupé (Bahasa Prancis) atau coupe (Bahasa Inggris) adalah bentuk badan mobil yang umumnya memiliki 2 pintu. Tidak ada definisi baku untuk bentuk ini karena masing-masing pabrikan memiliki definisi sendiri-sendiri serta berkembang seiring waktu. Mobil coupe sering kali berupa variasi sport dari mobil sedan saloon dengan bagian dalam berisi hanya dua kursi atau 2+2 kursi (dua di depan dan dua di belakang). Umumnya coupe memiliki 2 pintu, tetapi beberapa pabrikan menciptakan klasifikasi coupe baru seperti sedan coupe 4 pintu, yaitu sedan dengan bodi menyerupai coupe.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada abad ke-19, coupe adalah kereta kuda beroda empat tertutup yang dipotong (coupé) untuk menghilangkan tempat duduk depan yang mengadap ke belakang, menyisakan satu tempat duduk untuk dua orang di belakang pengemudi. Landau adalah coupe dengan atap yang bisa dibuka.

Pada masa 1950-an mobil beratap terbuka kadang kala disebut convertible coupé, tetapi pada 1960-an istilah coupe secara umum digunakan untuk mobil-mobil beratap tertutup. Umumnya mobil coupe berpintu dua, meskipun ada juga yang berpintu empat, tiga, dan lima hatchback.

SAE membedakan coupe dari sedan biasa terutama melalui volume ruang dalamnya. Standar J1100 dari SAE mendefinisikan coupe sebagai mobil beratap tertutup dengan volume ruang dalam bagian belakang kurang dari 0,93 meter3. Mobil-mobil dengan volume lebih dari itu secara teknis disebut sedan dua pintu, bukan coupe, walaupun pintunya hanya dua. Namun, beberapa pabrikan tetap menggunakan istilah coupe untuk mobil-mobil seperti ini, contoh: Cadillac Coupe de Ville.

Variant bentuk dari Coupe[sunting | sunting sumber]

Notchback Coupe[sunting | sunting sumber]

Notchback coupe adalah coupe yang memiliki bagasi datar seperti sebuah sedan. Karena berbasis sedan, bentuk ini juga umum disebut Sedan 2 pintu. Contoh mobil notchback coupe adalah BMW Seri 3 Coupe, Mercedes Benz CL, CLK, dan E-Class Coupe, Audi A5, Nissan Silvia, dan Peugeot 406 Coupe.

Fastback Coupe[sunting | sunting sumber]

Fastback coupe juga memiliki 2 pintu tetapi kaca belakangnya miring atau landai sehingga bagasi lebih kecil. Contoh mobil Fastback Coupe adalah Ford Mustang serta berbagai model Ferrari dan mobil listrik Tucuxi.

Liftback Coupe[sunting | sunting sumber]

Toyota Celica Liftback.

Liftback Coupe memiliki 3 pintu yaitu 2 pintu untuk penumpang dan 1 pintu bagasi yang menyatu dengan kaca belakang miring atau landai yang dapat membuka keatas. Liftback bukan hanya memiliki penampilan yang indah, tetapi juga praktis. Contoh mobil liftback coupe adalah Toyota Celica, Scion tC, dan Toyota Supra.

Convertible Coupe[sunting | sunting sumber]

Ini adalah mobil coupe yang atapnya dapat dibuka dengan cara dilipat atau dilepas. Convertible Coupe juga disebut Cabriolet. Ada yang memiliki 4 tempat duduk, dan ada pula yang hanya 2 tempat duduk yaitu Roadster.

Coupe 4 pintu[sunting | sunting sumber]

Ini sebenarnya bukan coupe karena memiliki 4 pintu, tetapi sedan berkarakter sport yang biasanya dengan atap rendah sehingga menyerupai notchback coupe atau fastback coupe. Mercedes Benz CLS termasuk jenis ini.