Count Robert of Paris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Count Robert of Paris
PengarangSir Walter Scott
NegaraSkotlandia
BahasaInggris
SeriTales of My Landlord (4 seri); Novel Waverley
GenreNovel sejarah
PenerbitRobert Cadell (Edinburgh); Whittaker and Co. (London)
Tanggal terbit
1832 (1 Desember 1831)
Jenis mediaCetak
Halaman365 (Edisi Edinburgh, 2006)
Didahului olehAnne of Geierstein 
Diikuti olehCastle Dangerous 

Count Robert of Paris (1832) adalah novel Waverley kedua terakhir karya Walter Scott, yang merupakan bagian dari Tales of My Landlord, seri ke-4, bersama dengan Castle Dangerous. Novel ini berlatarkan Konstantinopel pada akhir abad ke-11, selama masa Perang Salib Pertama dan berpusat pada hubungan antara berbagai pasukan salib dan Kaisar Bizantium Alexius I Comnenus.

Komposisi dan sumber[sunting | sunting sumber]

Setelah menyelesaikan Anne of Geierstein pada akhir April 1829, energi Scott dicurahkan terutama untuk karya non-fiksi, terutama dua jilid History of Scotland. Tapi sebuah novel baru selalu ada dalam jadwalnya; pada Februari 1830, Scott telah menentukan narasi Perang Salib Pertama, dan segera melakukan penelitian yang sesuai saat mengerjakan Tales of a Grandfather tentang Letters on Demonology and Witchcraft. Gelar Robert of Paris diselesaikan pada 5 September, dan komposisi dimulai pada November.[1]

Terlepas dari kekhawatiran yang disebabkan oleh komentar yang tidak menyenangkan pada bab pembuka oleh James Ballantyne dan Robert Cadell, Scott menyelesaikan jilid pertama sebelum akhir Januari 1831, menggunakan jasa William Laidlaw sebagai amanuensis saat dia tersedia. Pada pertengahan Maret, Scott mengira jilid kedua telah selesai dan memulai jilid ketiga, tetapi telah terjadi kesalahan perhitungan, dan dia harus menyediakan materi tambahan untuk membuat jilid kedua menjadi seperti biasanya. Menjelang akhir April hanya sepertiga dari volume terakhir yang masih harus ditulis, tetapi Scott menunda karena keberatan dari Ballantyne dan Cadell atas kehamilan Brenhilda dan pertarungannya dengan Anna Comnena.

Setelah berusaha keras untuk mengubah teksnya, Scott menyisihkannya untuk mengerjakan seri Prancis kedua Tales of a Grandfather (yang tidak pernah selesai), dan kemudian menghabiskan akhir Juni, Juli, dan Agustus menulis Castle Dangerous, sebelum menyelesaikan Count Robert pada tanggal 14 September: tahap akhir ini melibatkan banyak manuver tekstual, termasuk penyediaan materi tambahan yang terdiri dari pendekatan Alexius kepada Manichaeans, yang tidak diperlukan dalam cerita tersebut. Dua hari kemudian, pada 16 September, Scott menerima saran dari J. G. Lockhart bahwa Count Robert harus tampil bersama Castle Dangerous sebagai seri keempat dari Tales of my Landlord. Setelah dia pergi ke Mediterania pada 29 Oktober, Cadell dan Lockhart secara radikal merevisi teks Scott tanpa masukan penulis lebih lanjut, menyelesaikan pekerjaan mereka pada awal November.

Dua sumber utama untuk Count Robert adalah Histoire de l'Empereur Alexis oleh Anna Comnena, termasuk dalam Histoire de Constantinople oleh Louis Cousin (1672–74), dan The History of the Decline and Fall of the Roman Empire (1776–88) oleh Edward Gibbon. Scott lebih condong ke pendekatan skeptis Gibbon dibandingkan dengan panegyrics Anna.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ For a full account of the composition see Walter Scott, Count Robert of Paris, ed. J. H. Alexander (Edinburgh, 2006), 381–405.
  2. ^ Ibid., 498–502.