Cosmos (perusahaan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
PT Star Cosmos
Swasta
IndustriElektronik konsumen
Didirikan17 September 1976; 43 tahun lalu (1976-09-17)
PendiriIr. Alam Surjaputra
Kantor
pusat
,
Wilayah operasi
Indonesia
Tokoh
kunci
Dharma Surjaputra (Presiden Direktur)
ProdukElektronik konsumen
Situs webstarcosmosgroup.com

Cosmos adalah perusahaan pembuat alat elektronik konsumen asal Indonesia yang berkantor pusat di Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta, dengan nama PT Star Cosmos. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 17 September 1976 oleh Ir. Alam Surjaputra.[1][2]

Cosmos memperoleh penghargaan Top Brand pada tahun 2012.[3][4]

Pada awal pendirian perusahaan, Cosmos mentargetkan untuk sebagai pilihan dari produk-produk merek luar negri yang meraja lela di tahun 1970an. Produk pertama yang di hasilkan adalah kipas angin dan sarana penyimpan beras (SPB).

Di karenakan masyarakat indonesia banyak yang tidak mengetahui mengenai SPB, maka di buatkan iklan untuk menjelaskan fungsi daripada SPB tsb. Dengan tagline "ingat beras ingat Cosmos", Cosmos telah merajai pasar peralatan rumah tangga hingga elektronika.

Krisis moneter di tahun 1998 membuat perusahaan lokal ini terpaksa mengecilkan range produk dan fokus di small appliances products. Banyak produk produk elektronika yang di produksi dari lemari es, mesin cuci, radio, dan sebagai nya terpaksa tidak di produksi lagi dengan tujuan untuk menyehatkan perusahaan.

Di tahun 2000, slogan Cosmos yang digunakan yaitu "...idenya Cosmos".

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]