Constitutio Antoniniana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kaisar Caracalla.

Constitutio Antoniniana (dalam bahasa Latin berarti: "Konstitusi [atau Edik] Antoninus") (juga disebut Edik Caracalla) adalah sebuah edik yang dikeluarkan pada tahun 212[1] oleh Kaisar Romawi Caracalla yang menyatakan bahwa semua laki-laki merdeka di Kekaisaran Romawi akan diberikan kewarganegaraan Romawi dan semua perempuan bebas di Kekaisaran akan memperoleh hak yang sama dengan perempuan Romawi.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Sebelum tahun 212, pada umumnya hanya penduduk Italia yang memiliki kewarganegaraan penuh. Orang-orang Romawi dan keturunan mereka yang tinggal di koloni, provinsi, atau kota di wilayah lain dan sejumlah bangsawan lokal (seperti raja negara klien) juga memiliki kewarganegaraan penuh. Namun, sebagian besar penduduk provinsi-provinsi di luar Italia (atau yang disebut provinciales) tidak memiliki kewarganegaraan Romawi, walaupun beberapa masih memiliki Hak Latin.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Late Antinquity" by Richard Lim in The Edinburgh Companion to Ancient Greece and Rome. Edinburgh: Edinburgh University Press, 2010, hlm. 114.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]