CompFest

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Suasana Playground CompFest 2013

CompFest merupakan acara TI tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia[1]. CompFest hadir dengan berbagai lomba berskala nasional yang berkolaborasi dengan perusahaan TI besar di Indonesia. Selain dihadiri oleh ribuan pengunjung, puluhan perusahaan rintisan dan komunitas TI juga turut meramaikan acara puncak CompFest. Setiap rangkaian acara yang disajikan dapat dinikmati secara gratis oleh masyarakat umum. CompFest pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya mahasiswa Fasilkom UI ingin membuat suatu acara besar yang konsisten diselenggarakan setiap tahunnya serta bermanfaat untuk masyarakat dalam bidang Teknologi Informasi. Pada tahun 2009 akhirnya dicetuskanlah CompFest yang tujuan utamanya adalah sebagai bentuk pengabdian mahasiswa Fasilkom UI kepada masyarakat dalam bidang teknologi informasi[2]. Pada awal masa perintisannya, CompFest merupakan sebuah rangkaian acara dalam menyambut dies natalis Fasilkom UI. Hingga kini CompFest masih dipertahankan sebagai rangkaian dies natalis Fasilkom UI dengan inovasi di setiap rangkaian acara dan kompetisinya.

Pada tahun 2013, CompFest membuat sebuah inovasi yaitu Playground yang merupakan penggabungan dari konsep pameran (expo) dan konsep gamifikasi. Konsep tersebut membuat pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan pengisi Playground untuk mendapatkan poin yang nantinya dapat ditukar dengan buah tangan menarik. Dengan adanya konsep tersebut, Playground CompFest 2013 berhasil menarik lebih dari 4.000 pengunjung dalam dua hari[3]. Acara-acara yang diselenggarakan CompFest terus berkembang. Berawal dari seminar, kompetisi, dan IT Expo, kini CompFest menyelenggarakan acara seperti Animation Academy, Competition, Roadshow, Entertainment, dll.

Daftar Tema CompFest
Tahun Nama Kegiatan Tema Tanggal* Tempat*
2009 COMPFEST 2009 Exploring Technology for Brighter Education 7 Februari Balairung UI
2010 COMPFEST 2010 Teknologi Informasi: Memberdayakan Industri Kreatif, Memajukan Bangsa 8 - 9 Mei Gedung SMESCO
2011 Compfest 2011 Inovasi Karya Anak Bangsa Menuju Kemandirian Nasional 24-26 Juni - fX Lifestyle X’nter atrium F3

- @america Pacific Place

- Fasilkom UI Depok

2012 COMPFEST 2012 Advancing the Atmosphere of Innovation and Education (ATOMIC) 13-14 Oktober - Perustakaan Pusat UI- Fasilkom UI Depok
2013 CompFest 2013 Facing National Development Towards Innovation and Collaboration (FANTASTIC) 21-22 September - Balairung UI

- Balai Sidang UI

- Fasilkom UI Depok

2014 CompFest 2014 IT Empowerment for the Next Chapter of Globalization 11-12 Oktober Gedung Museum Nasional Jakarta
2015 CompFest 7 Raising IT Awareness for A Perfect IT Impact in Indonesia 3-4 Oktober - Balairung UI

- Fasilkom UI Depok

- Gd Mochtar Riyyadi Plaza Quantum FTUI

*) Tanggal dan tempat acara puncak

Rangkaian Acara[sunting | sunting sumber]

Pameran TI (Playground)[sunting | sunting sumber]

Penampilan Raisa di CompFest 2013 yang dapat disaksikan gratis

IT Exhibition CompFest merupakan pameran TI yang diisi oleh puluhan start-up, perusahaan, dan komunitas IT di Indonesia, di antaranya adalah Agate Studio, Icehouse Studio, Cloud Indonesia, Tinker Games, PicMix, Grab Taxi, dll. Sejak tahun 2013, IT Exhibition CompFest diubah menjadi Playground.

Pada dasarnya Playground merupakan pameran TI yang menggunakan konsep gamifikasi. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan pengisi booth dengan cara mencari tahu tentang pengisi booth. Jika pengisi booth memiliki produk berupa game, pengunjung dapat memainkan langsung produknya. Pengunjung akan mendapatkan reward berupa poin di setiap booth yang dikunjungi. Poin yang berhasil dikumpulkan dapat ditukar dengan merchandise yang seharga dengan poin yang dimiliki. Waktu konsep ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013, CompFest berhasil menarik pengunjung sebanyak lebih dari 4.000 orang.

Hiburan[sunting | sunting sumber]

CompFest turut dimeriahkan oleh berbagai musisi papan atas Indonesia. Diantaranya, Tangga (COMPFEST 2009), Saykoji (COMPFEST 2011), Endah N Rhesa (Compfest 2012), Raisa (CompFest 2013), SORE dan The Banery (CompFest 2014), dan Teza Sumendra (CompFest 7). Sejak tahun 2013, penampilan tersebut dapat disaksikan secara gratis.

Seminar[sunting | sunting sumber]

Petar Alexic dari Google New York City hadir di Seminar CompFest7

Seminar CompFest pertama kali diadakan pada tahun 2010 dengan total 8 topik berbeda dalam dua hari. Seperti rangkaian acara lainnya, peserta Seminar CompFest tidak dipungut biaya apapun. Pada tahun 2014 pendaftar Seminar CompFest mencapai 5.200 pendaftar yang tersaring menjadi 2.603 peserta seminar[4]. Seminar CompFest turut mengundang nama-nama besar sebagai pembicaranya, seperti Billy Boen (COMPFEST 2010) dan Rene Suhardono (CompFest 2013). CompFest secara khusus mendatangkan Pulkit Jaiswal, Co-founder & CTO of Garuda Robotics, langsung dari Singapura untuk mengisi seminar yang bertajuk Code Your Own Drone with Garuda Cloud & AppBuilder pada tahun 2014.

Pada tanggal 8 Agustus 2015 lalu, CompFest 7 secara resmi membuka pendaftaran untuk delapan topik seminar yang disajikan. Di antara jajaran profesional IT yang menjadi pembicara dalam topik-topik tersebut, terdapat dua pembicara yang dihadirkan langsung dari Google New York City dan Google Mountain View, California. CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, dan CEO & Co-founder dari Rupawa.com, Fung Fuk Lestario, juga turut meramaikan jajaran pembicara di seminar CompFest 7.

Roadshow[sunting | sunting sumber]

Roadshow merupakan kegiatan pre-event CompFest dengan mengunjungi SMA dan Universitas di berbagai daerah. Selain untuk mengenalkan CompFest, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang IT melalui seminar atau workshop. Roadshow pertama kali diadakan pada tahun 2011 dengan mengunjungi 20 SMA dan Universitas di Jabodetabek. Pada tahun 2014, CompFest menjangkau wilayah Jawa Timur dengan mengunjungi Universitas Brawijaya.

Akademi Animasi[sunting | sunting sumber]

Awalnya merupakan sebuah kompetisi yang diadakan pada tahun 2013 (Open Animation Competition). Pada tahun 2014, Animation Academy berdiri menjadi suatu rangkaian acara tersendiri. Para peserta yang terdiri dari animator, 2D artist, modeler, dan sound designer ini selanjutnya menjalani tahap karantina untuk dibimbing oleh partner. CompFest 2014 berhasil menggandeng Blender Indonesia sebagai pembimbing peserta. Pada tahun 2015, CompFest menggandeng sebuah startup animasi asal Bandung, Kampoong Monster, untuk menjadi partner dalam rangkaian ini.

Akademi Startup[sunting | sunting sumber]

Startup Academy adalah acara edukasi startup yang mampu mengembangkan produk Teknologi Informasi yang dapat dikembangkan menjadi sebuah bisnis dan memecahkan permasalahan di Indonesia. Acara yang pertama kali diadakan pada tahun 2015 oleh CompFest 7 ini merupakan acara pertama dalam jenisnya yang diadakan oleh mahasiswa di Indonesia. Pada tahun 2015, Startup Academy CompFest 7 menggandeng Startup Indonesia dan Global Entrepreneurship Network Indonesia.

Rangkaian Kompetisi[sunting | sunting sumber]

Peserta Sumo Robot Battle (CompFest 2014) sedang mencoba robotnya di arena

CompFest merupakan salah satu ajang kompetisi IT bergengsi yang ada di Indonesia. Sejak tahun 2013, CompFest menawarkan total hadiah lebih dari 100 juta rupiah untuk para peserta yang berhasil menjadi pemenang. Selain itu, kompetisi CompFest juga berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan besar yang bergerak dalam bidang IT di Indonesia, diantaranya Intel Indonesia, Gameloft, Bank Dunia, WePlay,, Blender Indonesia, dll.

Di beberapa kompetisinya, CompFest juga membekali peserta dengan workshop dan training sebelum terjun berkompetisi. Pada tahun 2013 dan 2014 misalnya, CompFest mengadakan pelatihan kepada peserta Competitive Programming dalam kegiatan yang dinamakan CompFest Coder Class. Indie Game Ignite (CompFest 2014) juga mengadakan seminar Camp of Gamesmith untuk pesertanya dengan pembicara seperti ChocoArts, Tebak Gambar, Microsoft, Vserv, dan Agate. Tidak hanya itu, kompetisi Indie Game Ignite juga menggaet WePlay untuk mengadakan challenge yang ditujukan untuk developer di Indonesia yang ingin mempublikasikan game-nya melalui platform WePlay.

Daftar Kompetisi CompFest
Jenis Kompetisi Deskripsi
Tahun 2013
Competitive Programming Kompetisi untuk menguji kemampuan sistematika dan nalar peserta dengan memberikan persoalan yang harus dipecahkan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Kategori: SMA/sederajat dan Mahasiswa
Robotic Competition Kompetisi robotik dengan menggunakan konsep line-follower untuk 2 kategori: SMP dan SMA
Open Animation Competition Kompetisi pembuatan animasi yang bekerja sama dengan Blender Indonesia dan Cimahi Creative Association.
Mobile IT Solution Kompetisi pembuatan aplikasi mobile yang bertujuan untuk memberikan solusi atau pun kemudahan dalam keseharian kita.
EduGames Challenge Kompetisi pembuatan game bertemakan edukasi.
CompFest App Center Merupakan wadah dimana para pengembang aplikasi/game dapat mempublikasikan aplikasi/game mereka melalui akun publisher CompFest.
Tahun 2014
Competitive Programming Berkolaborasi dengan ACM-ICPC Regional Jakarta sehingga peringkat 5 besar peserta tingkat Mahasiswa mendapat tiket langsung ke ACM-ICPC tingkat regional Jakarta.
Indie Game Ignite Kompetisi membuat game dengan tema bebas yang berkolaborasi dengan Total, WePlay, dan Vserv.
Sumo Robot Battle Kompetisi yang mengadu ketahanan dua Robot Sumo di area berbentuk lingkaran warna hitam.
Intel RealSense Challenge Kompetisi membuat ide suatu aplikasi menggunakan teknologi terbaru Intel yaitu RealSense. Sesuai namanya, kompetisi ini berkolaborasi dengan Intel Indonesia.
Business IT Case Kompetisi untuk menyelesaikan tantangan bisnis dengan pendekatan IT.
Tahun 2015
Business-IT Case Kompetisi untuk menyelesaikan tantangan bisnis dengan pendekatan IT.
Competitive Programming Contest Kompetisi dalam menyelesaikan soal-soal algoritmis dengan batasan-batasan seperti memori dan waktu eksekusi. Kategori: Junior CPC dan Senior CPC. Berkolaborasi dengan ACM-ICPC Regional Jakarta.
Open App Challenge Kompetisi pembuatan aplikasi yang menggunakan open data. Berkolaborasi dengan Portal Data, Bank Dunia, Fasilitas Global untuk Pengurangan dan Pemulihan Bencana (GFDRR), dicoding, Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT), dan Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (UNOCHA)[5]
Indie Game Ignite Kompetisi membuat game dengan tema bebas yang berkolaborasi dengan Gameloft, Duniaku Networks, Asosiasi Game Indonesia (AGI), dan Chocoarts.[6]
Internet of Things Competition Kompetisi Internet of Things pertama di Indonesia[7]. Berkolaborasi dengan Portal Data, Bank Dunia, GFDRR, HOT, dan UNOCHA

CompFest 7[sunting | sunting sumber]

Setelah diadakan 6 tahun berturut-turut, CompFest kembali hadir dengan nama CompFest 7 dan membawa tema "Raising IT Awareness for A Perfect IT Impact in Indonesia". Yang menarik, CompFest 7 menghadirkan kompetisi Internet of Things, yang diklaim sebagai kompetisi Internet of Things pertama di Indonesia. Selain itu, kompetisi IT CompFest 7 juga berkolaborasi dengan Gameloft, Bank Dunia, Tokopedia, Traveloka, Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (UNOCHA), dll[8].

Pada tahun yang sama, CompFest dinominasikan pada Bubu Awards 2015 kategori Web - Non Profit/Awareness[9].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://harianti.com/dibuka-kompetisi-compfest-2013-one-stop-it-event-dari-universitas-indonesia/
  2. ^ https://staff.blog.ui.ac.id/harrybs/2009/01/12/computer-festival-2009/
  3. ^ LPJ CompFest 2013
  4. ^ LPJ CompFest 2014
  5. ^ Press CompFest7 (2015, 14 Mei). Tantang dirimu di Open App Challenge CompFest7!. Diperoleh 14 Juni 2015, dari http://blog.compfest.web.id/open-app-challenge/
  6. ^ Press CompFest7 (2015, 14 Mei). Indie Game Ignite: Kompetisi Game Development CompFest7. Diperoleh 14 Juni 2015, dari http://blog.compfest.web.id/indie-game-ignite/.
  7. ^ Press CompFest7 (2015, 14 Mei). Wujudkan Inovasimu lewat Internet of Things Competition CompFest7!. Diperoleh 14 Juni 2015, dari http://blog.compfest.web.id/internet-of-things-competition/
  8. ^ Rujukan kosong (bantuan) 
  9. ^ "#IndosatIDByte2015 Posts Event Hashtag". www.eventhashtag.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-03-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]