Colobus guereza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mantled guereza[1]
Colobus guereza Edit the value on Wikidata
Mantled Guereza.jpg
Male at the Henry Doorly Zoo
Mantelaffe-mit-Baby-Zoo-Muenster.jpg
Female with infant at Münster Zoo
Status konservasi
Status iucn3.1 LC.svg
Risiko rendah
IUCN5143 Edit the value on Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoPrimates
FamiliCercopithecidae
GenusColobus
SpesiesColobus guereza Edit the value on Wikidata
Rüppell, 1835
Distribusi
Mapa distribución Colobus guereza.png
Mantled guereza range

Colobus guereza adalah monyet hitam-putih, sejenis monyet Dunia Lama. Ini berasal dari sebagian besar Afrika tengah dan timur barat, termasuk Kamerun, Guinea Khatulistiwa, Nigeria, Ethiopia, Kenya, Tanzania, Uganda, dan Chad. Spesies ini terdiri dari beberapa subspesies yang berbeda dalam penampilan. Ini memiliki penampilan yang khas, yang disinggung dalam namanya; rumbai-rumbai putih panjang rambut yang membentang di sepanjang setiap sisi batang hitamnya dikenal sebagai mantel. Wajahnya dibingkai dengan rambut putih dan memiliki seberkas ekor putih besar.

Guereza bermantel adalah diurnal dan arboreal, ditemukan di hutan gugur dan hutan cemara. Ini adalah spesies yang mudah beradaptasi yang dapat mengatasi gangguan habitat dan lebih menyukai hutan sekunder yang dekat dengan sungai atau danau. Meskipun sebelumnya dianggap hanya memakan daun, ia juga memakan biji-bijian, buah-buahan, dan artropoda. Ia mampu mencerna bahan tanaman dengan kandungan serat tinggi dengan perut khusus dan mungkin hanya makan dari beberapa spesies tanaman pada suatu waktu. Ia dimangsa oleh burung pemangsa dan beberapa mamalia, seperti simpanse biasa dan macan tutul.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Groves, C.P. (2005). Wilson, D.E.; Reeder, D.M., ed. Mammal Species of the World: A Taxonomic and Geographic Reference (edisi ke-3). Baltimore: Johns Hopkins University Press. hlm. 168. ISBN 0-801-88221-4. OCLC 62265494. 
  2. ^ Kingdon, J.; Struhsaker, T.; Oates, J. F.; Hart, J.; Groves, C. P. (2008). "Colobus guereza". 2008: e.T5143A11116447. doi:10.2305/IUCN.UK.2008.RLTS.T5143A11116447.en. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]