Closer (film 2004)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Closer
Closer movie poster 2004.jpg
Poster film Closer
SutradaraMike Nichols
ProduserMike Nichols
Cary Brokaw
John Calley
SkenarioPatrick Marber
BerdasarkanCloser
oleh Patrick Marber
PemeranJulia Roberts
Jude Law
Natalie Portman
Clive Owen
MusikSuzana Peric
SinematografiStephen Goldblatt
PenyuntingJohn Bloom
Antonia Van Drimmelen
Perusahaan
produksi
Avenue Pictures
DistributorColumbia Pictures
Tanggal rilis
  • 22 November 2004 (2004-11-22) (Los Angeles)
  • 3 Desember 2004 (2004-12-3) (Amerika Serikat)
Durasi
104 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$27 juta[2]
Pendapatan kotor$115.505.027[2]

Closer adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2004 yang disutradarai oleh Mike Nichols dan diproduseri oleh Mike Nichols, Cary Brokaw dan John Calley. Naskah film ini ditulis oleh Patrick Marber berdasarkan drama Closer karya Patrick Marber. Film ini dibintangi oleh Julia Roberts, Jude Law, Natalie Portman dan Clive Owen.

Film Closer merupakan film kolaborasi kedua Julia Roberts dan Natalie Portman setelah film Everyone Says I Love You. Film ini merupakan film kolaborasi kedua Jude Law dan Clive Owen setelah film Bent. Film ini merupakan film kolaborasi kedua Jude Law dan Natalie Portman setelah film Cold Mountain. Film ini ditayangkan secara perdana di Los Angeles pada tanggal 22 November 2004 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 3 Desember 2004. Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Alice Ayres (Natalie Portman), yang berusia 24 tahun, dan Dan Woolf (Jude Law) pertama kali bertemu di jalan. Alice merupakan seorang penari telanjang Amerika Serikat yang baru saja tiba di London, sementara Dan merupakan seorang penulis Britania Raya gagal yang sedang dalam perjalanan ke tempat kerjanya, di mana ia menulis berita kematian untuk sebuah surat kabar. Alice melihat ke arah yang salah saat ia menyeberang jalan dan ditabrak oleh taksi tepat di hadapan Dan. Setelah Dan bergegas ke sisi Alice, ia tersenyum kepadanya dan berkata, "Halo, orang asing." Dan membawanya ke rumah sakit, di mana Alice dirawat dan dibebaskan. Setelah itu, dalam perjalanan ke kantornya, mereka berhenti di Postman's Park, taman yang sama tempat Dan dan ayahnya berkunjung setelah ibunya meninggal. Berhenti di depan kantor sebelum ia meninggalkan Alice dan pergi bekerja, Dan mengingatkannya bahwa lalu lintas di Inggris cenderung datang dari kanan, dan karena dorongan hatinya, Dan menanyakan namanya. Mereka segera menjadi pasangan kekasih.

Setahun kemudian, meskipun mereka menjalin hubungan romantis, Dan berperilaku menyimpang. Ia telah menulis sebuah novel berdasarkan kehidupan Alice dan ketika ia sedang difoto untuk menerbitkannya, Dan bermain-main dengan seorang fotografer Amerika Serikat bernama Anna Cameron (Julia Roberts). Anna bermesraan dengan Dan sebelum mengetahui bahwa Dan dan Alice sebenarnya saling berhubungan. Alice tiba dan menggunakan kamar mandi Anna, meninggalkan Anna dan Dan sendirian lagi. Dan mengambil kesempatan untuk mencoba membujuk Anna untuk berselingkuh dengannya, tetapi terhalang oleh kembalinya Alice. Alice bertanya kepada Anna apakah ia bisa mengambil fotonya juga. Anna menyetujuinya dan Alice meminta Dan meninggalkan mereka sendiri selama pemotretan. Ketika sedang difoto, ia mengungkapkan kepada Anna bahwa ia mendengar percakapan mereka dan ia difoto sambil menangis. Alice tidak mengungkapkan apa yang ia dengar kepada Dan, bahkan saat Dan menghabiskan waktu selama setahun untuk mengikuti Anna.

Setahun kemudian, Dan masuk ke ruang obrolan dan bertemu dengan Larry Gray (Clive Owen), seorang dokter kulit Britania Raya. Dengan Anna yang masih dalam pikirannya, Dan berpura-pura menjadi Anna dan menggunakan kepura-puraan bahwa mereka akan berhubungan seks, Dan meyakinkan Larry untuk bertemu di akuarium (di mana Anna memberitahu Dan bahwa Anna sering pergi). Larry pergi ke tempat pertemuan tersebut dan berlaku kasar di sana. Anna memberitahu Larry bahwa seorang lelaki yang mengikutinya, Dan, kemungkinan besar akan disalahkan atas pengaturan tersebut. Segera setelah itu, Anna dan Larry menjadi pasangan kekasih dan mereka menyebut Dan sebagai "dewa asmara" sejak saat itu.

Empat bulan kemudian, di pameran foto Anna, Larry bertemu dengan Alice, yang dikenalinya dari foto penuh air mata yang merupakan salah satu dari banyak foto yang dipamerkan. Larry mengetahui bahwa Alice dan Dan adalah pasangan kekasih. Sementara itu, Dan meyakinkan Anna untuk berhubungan romantis dengannya. Mereka mulai mengkhianati kekasih mereka masing-masing selama setahun, meskipun Anna dan Larry menikah di pertengahan tahun. Akhirnya, Anna dan Dan masing-masing mengakui perselingkuhan itu kepada pasangan mereka masing-masing dan meninggalkan hubungan mereka satu sama lain.

Alice kembali menjadi penari telanjang karena patah hati. Suatu hari, Larry bertemu dengannya tanpa sengaja di klub tari telanjang dan ia (yang juga patah hati dan sendirian) yakin bahwa Alice adalah gadis yang pernah ditemuinya sebelumnya. Larry bertanya apakah namanya Alice, tetapi ia tidak peduli berapa banyak uang yang diberikan oleh Larry, Alice tetap memberitahu Larry bahwa namanya adalah "Jane Jones". Larry meminta Alice untuk bercinta satu malam, tetapi Alice menolaknya. Pertanyaan Larry berpindah mengenai pornografi, meskipun tanpa ketelanjangan eksplisit.

Akhirnya, Larry meyakinkan Anna untuk menemuinya terakhir kalinya. Anna setuju untuk tidur bersamanya sehingga Larry dapat menandatangani surat perceraian dan meninggalkan Anna sendirian. Dan mencurigai perselingkuhan, yang diakui oleh Anna, lalu mereka berseteru hingga Anna kembali kepada Larry. Putus asa, Dan berseteru dengan Larry untuk mencoba mendapatkan Anna kembali. Sebaliknya, Larry menceritakan keberadaan Alice kepada Dan, lalu ia menyarankan Dan untuk kembali kepada Alice. Tiba-tiba, bagaimanapun, di luar dorongan jahat belaka, Larry juga memberitahu Dan bahwa Larry bercinta satu malam dengan Alice.

Dan kembali dengan Alice. Alice juga memutuskan bahwa ia ingin kembali ke negara asalnya dan mengajak Dan untuk ikut bersamanya, lalu Dan menyetujuinya. Ketika mereka berada di kamar hotel merayakan kebersamaan mereka kembali (dan mencatat bahwa sudah empat tahun sejak mereka pertama kali bertemu di jalan di London ketika Alice ditabrak oleh taksi), Dan bertanya kepadanya apakah Alice bercinta satu malam dengan Larry, awalnya Alice menyangkalnya. Namun, ketika Dan menuntut kebenarannya, Alice tiba-tiba memberitahunya bahwa ia tidak mencintai Dan lagi dan melanjutkan dengan memberitahu bahwa Alice tidur bersama Larry. Dan memberitahu bahwa Larry telah memberitahu Dan tentang cinta satu malam tersebut, tetapi ia telah memaafkan Alice. Alice bersikeras bahwa hubungan mereka telah berakhir dan meminta Dan untuk pergi. Perseteruan itu memuncak dengan Dan menampar Alice.

Pada akhirnya, Larry dan Anna kembali bersama, sementara Alice kembali ke New York sendirian. Ketika ia melewati pos pemeriksaan imigrasi dalam perjalanan kembali ke Amerika Serikat, foto paspornya menunjukkan bahwa nama asli Alice adalah Jane Rachel Jones, sehingga ia berbohong tentang nama aslinya selama ia berhubungan dengan Dan empat tahun.

Kembali di London, Dan kembali ke Postman's Park dan terkejut dengan nama "Alice Ayres" yang dipajang pada peringatan yang didedikasikan untuk seorang wanita muda, "dengan keberaniannya" mengorbankan nyawanya yang masih muda demi menyelamatkan tiga anak-anak dari kebakaran. Film ini berakhir dengan Alice / Jane berjalan di Broadway menuju West 47th Street dengan pejalan kaki pria yang menatap kecantikannya, melengkapi simetri visual karena hal ini menyiratkan adegan di mana Alice / Jane bertemu dengan Dan di jalan di London.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Closer mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 68%, berdasarkan 206 ulasan, dengan rating rata-rata 6,6/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 65 dari 100, berdasarkan 42 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "D+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Closer mendapatkan $33.987.757 di Amerika Utara dan $81.517.270 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $115.505.027, melebihi anggaran produksi film $27 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $7.707.972, menempati posisi kelima di box office di belakang film National Treasure, Christmas with the Kranks, The Polar Express dan The Incredibles.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Closer (15)". British Board of Film Classification. November 17, 2004. Diakses tanggal May 15, 2013. 
  2. ^ a b c d "Closer (2004)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "Closer (2004)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Closer reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]