Claudine Thevenet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Claudine Thevenet adalah seorang santa Katolik [1] Claudine Thevenet dilahirkan pada tanggal 30 Maret 1774 di Lyon, Perancis. Claudine Thevenet dibesarkan di dalam keluarga yang saleh. Kedua saudara laki-lakinya tewas pada saat Revolusi Perancis. Tetapi sebelum menemui ajalnya, kedua saudara laki-laki Claudine memaafkan perbuatan orang-orang yang telah menyerangnya dan mereka meminta kepada Claudine untuk memaafkan mereka juga.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Claudine bekerja sebagai pekerja wanita muda bersama kelompoknya di sekitar Lyon, Perancis. Pada tahun 1816, bersama Pastor Andre Coindre, ia membentuk kelompok suster-suster Yesus-Marie (Sisters of Jesus-Marie) di Lyon. Pada tahun 1818, ordo ini mendedikasikan diri untuk memberikan pengajaran dan pendidikan bagi gadis-gadis miskin.

Claudine mengambil nama Maria dari Santo Ignatius dan menjadi pimpinan dari para suster di ordo tersebut. Ordo ini mendapat persetujuan dari Paus Beato Pius IX pada tanggal 31 Desember 1847. Sampai hari ini, ordo tersebut menjalankan sekolah berasrama, perguruan tinggi, dan rumah retret di Eropa, India dan Amerika Utara.

Beatifikasi[sunting | sunting sumber]

Claudine Thevenet meninggal pada tanggal 3 Februari 1837 di Lyon, Perancis. Pada tanggal 4 Oktober 1981 Claudine dibeatifikasi dan pada tanggal 21 Maret 1993 dikanonisasi menjadi santa oleh Paus Yohanes Paulus II.

Claudine Thevenet dikenal dengan sebutan Santa Maria dari Santo Ignatius, Santa Maria dari Santo Ignatius Thevenet, Ibu Santo Ignatius, dan Santa dari Lyon. Claudine Thevenet diperingati setiap tanggal 3 Februari.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Saint Claudine Thévenet". CatholicSaints.Info (dalam bahasa Inggris). 2010-02-03. Diakses tanggal 2020-12-08.