Claudia Emmanuela Santoso

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Claudia Emmanuela Santoso
Nama lahirClaudia Emmanuela Santoso
Nama lainAudi
Lahir27 Oktober 2000 (umur 20)
Bendera Indonesia Cirebon, Indonesia
GenrePop
PekerjaanPenyanyi
InstrumenVokal
Tahun aktif2019–sekarang
LabelUMG
Orang tuaIndra Gunawan Santoso (Ayah)
Christin Gunawan (Ibu)


Claudia Emmanuela Santoso (lahir di Cirebon, 27 Oktober 2000; umur 20 tahun) adalah seorang penyanyi asal Cirebon, Indonesia. Ia merupakan juara ajang pencarian bakat menyanyi The Voice of Germany musim kesembilan yang ditayangkan di dua televisi nasional Jerman, Prosieben dan Sat.1 pada tahun 2019. Kemenangannya menjadi torehan sejarah sebagai orang Indonesia sekaligus Asia pertama yang berhasil menjuarai ajang tersebut. Sebelum mengikuti ajang tersebut, ia juga sempat mengkuti berbagai ajang lomba menyanyi tingkat anak-anak antara lain, Akademi Fantasi Indosiar Junior tahun 2008, Idola Cilik tahun 2011, dan Mamamia tahun 2014. [1][2][3][4]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kehidupan dan Karir[sunting | sunting sumber]

Claudia mengikuti sekolah musik sejak usia 4 tahun. Saat itu orang tua Claudia melihat adanya bakat dalam dunia musik. Bakat Claudia sendiri terlihat dari kebiasaannya sebelum tidur, yaitu bernyanyi atau mendengarkan musik. Claudia mulai mengikuti ajang pencarian bakat di Indonesia dengan mengikuti AFI Junior pada tahun 2008, Idola Cilik pada tahun 2011 serta Mamamia pada tahun 2014.

Paman Claudia (kakak kandung dari ibu nya) mendorong nya agar ambil kuliah di Jerman. Dengan inisiatif dari paman nya juga, Claudia dibiayai untuk mengikuti Kurses di Goethe - Institute Indonesia di Bandung hingga selesai tahap A1. Pada saat liburan Semester nya, dia didaftarkan untuk melanjutkan kursus bahasa Jerrman nya secara intensiv di kursus bahasa Inlingua-Munich, Jerman hingga mencapai tahap A2. Setelah lulus dari SMA, Claudia meninggalkan keluarga nya untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Munich, Jerman. Berkat dukungan dari Paman dan Tante-Tante nya untuk mengurus ijin tinggal dan segala persyaratan/keperluan lain nya, akhir nya Claudia bisa melanjutkan belajar disana. Dari situlah Claudia mulai mewujudkan impian nya dengan mengikuti ajang pencarian bakat The Voice of Germany.

Claudia mengikuti audisi pertama 'The Voice of Germany' di kota Munchen pada Februari 2019. Dalam kontes ini, Claudia bersaing dengan kurang lebih 2.000 peserta dari berbagai asal. Lalu, Maret 2019 Claudia mendapatkan berita bahwa ia lolos tahap pertama dan ia pun bisa lanjut ke tahap selanjutnya yang diadakan di Berlin hingga akhirnya Claudia lolos lagi ke tahap selanjutnya yaitu tahap Blind Audition.

Dalam tahap Blind Audition, Claudia membawakan lagu Never Enough yang merupakan soundtrack film The Greatest Showman. Penampilan Claudia dalam menyanyikan lagu ini menarik para juri The Voice of Germany hingga menjadi perhatian banyak orang di media sosial. Bahkan video Claudia saat Blind Audition menjadi salah satu video yang paling banyak ditonton dalam sejarah The Voice of Germany.

Claudia tampil konsisten dan sangat memukau selama berlangsungnya ajang The Voice of Germany. Hingga pada tahap final Claudia membawakan 3 lagu, yaitu "Castles", "I Have Nothing" dan "Goodbye". Dengan perolehan 46,39% Claudia dinyatakan sebagai pemenang The Voice of Germany season ke 9 dan merupakan orang Asia pertama yang memenangkan ajang tersebut. Pada malam final The Voice of Germany, Claudia membawakan singel perdananya yang berjudul Goodbye berduet dengan pelatihnya Alice Merton. Sejak dirilisnya lagu Goodbye pada tanggal 10 November 2019, singel tersebut berhasil masuk chart di itunes Indonesia dan beberapa negara di Eropa.

Penampilan di The Voice of Germany[sunting | sunting sumber]


Penampilan Kompetisi dan Hasil The Voice of Germany
Babak Lagu Penyanyi asli Hasil
Blind Audition "Never Enough" Loren Allred 4 coach menekan tombol

Bergabung di tim Alice

Battle Round "Say Something" A Great Big World & Christina Aguilera Lolos pilihan Coach
Sing Offs "Run" Snow Patrol Lolos pilihan Coach
Semi Final "Listen" Beyonce Lolos pilihan pemirsa
Final "I Have Nothing" Whitney Houston Pemenang
"Castles" ft Freya Ridings Freya Ridings
"Goodbye" ft Alice Merton Claudia Emmanuela Santoso
Penampilan Non Kompetisi di The Voice of Germany
Babak Lagu Penyanyi asli Rekan Tampil
Semi Final "Easy" Alice Merton Alice Merton & Mariel (Tim Alice)
Hasil Voting Claudia di The Voice of Germany
Babak Persentase Voting Claudia Lawan Persentase Voting Lawan Hasil
Semi Final 73.5%

(Lolos)

Mariel Kirschall

(sesama Tim Alice)

26.5%

(Gugur)

Claudia Lolos ke Final
Final 46.39%

(Menang)

Lucas Rieger

(Tim Nico)

14.33%

(Kalah - Peringkat Ketiga)

Claudia menjadi Pemenang
Erwin Kintop

(Tim Rea)

17.36%

(Kalah - Peringkat Kedua)

Freschta Akbarzada

(Tim Sido)

9.41%

(Kalah - Peringkat Kelima)

Fidi Steinbeck

(Tim Mark)

12.51%

(Kalah - Peringkat Keempat)

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

  • Goodbye (2019)

Tour Konser[sunting | sunting sumber]

  • The Voice of Germany: Live in Concert (2019)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]