Claude Bernard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Claude Bernard merupakan ahli Fisiologi Perancis yang menemukan pengobatan eksperimental dan dikenal juga dengan hipotesisnya tentang milieu interieur. Penemuan terpentingnya berkaitan dengan pengaruh pankreas terhadap pencernaan, kemampuan tubuh untuk memecah substansi kompleks menjadi glikogen, sistem saraf simpatik, dan aksi obat di dalam tubuh.[1]

Hasil Penelitian[sunting | sunting sumber]

Studi pertama Bernard berkaitan dengan sistem pencernaan, dimana Bernard menyatakan makanan langsung menuju bagian atas dari usus dan pencernaan terjadi lebih banyak di usus dibanding di lambung. Bernard juga mengatakan sekresi pankreas berpengaruh terhadap pemecahan lemak menjadi asam lemak dan gliserin.

Tahun 1851, Bernard menemukan bahwa sistem saraf mengontrol pelebaran dan penyempitan pembuluh darah sebagai respon terhadap perubahan lingkungan. Sebagai contoh, pada kondisi dingin pembuluh darah mengalami penyempitan, sehingga penyebaran panas tubuh lebih maksimum.[1] Mekanisme pengontrolan diilustrasikan Bernard sebagai usaha tubuh dalam menjaga kekonstanan suhu tubuh terhadap perubahan lingkungan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Encyclopedia Americana vol 3. New York: Americana Corporation. 1968.