Yōkoso Jitsuryoku Shijō Shugi no Kyōshitsu e

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Classroom of the Elite)
Yōkoso Jitsuryoku Shijō Shugi no Kyōshitsu e
Sampul manga volume pertama yang menampilkan Suzune Horikita (kiri) dan Kiyotaka Ayanokōji (kanan)
ようこそ実力至上主義の教室へ
(Yōkoso Jitsuryoku Shijō Shugi no Kyōshitsu e)
GenreCerita seru psikologis[1]
Novel ringan
PengarangShōgo Kinugasa
IlustratorShunsaku Tomose
PenerbitMedia Factory
Penerbit bahasa Inggris
ImprintMF Bunko J
DemografiPria
Terbit25 Mei 201525 September 2019
Volume11 + 3 cerita pendek
Manga
PengarangShōgo Kinugasa
IlustratorYuyu Ichino
PenerbitMedia Factory
Penerbit bahasa Inggris
Seven Seas Entertainment
MajalahMonthly Comic Alive
DemografiSeinen
Terbit27 Januari 2016 – sekarang
Volume12
Seri anime
Sutradara
  • Seiji Kishi[a]
  • Hiroyuki Hashimoto
  • Yoshihito Nishōji (musim 2–sekarang)
Produser
  • Shō Tanaka
  • Masahito Ikemoto
  • Ashitate Harutaka
  • Aya Iizuka
  • Hideo Itō
  • Meiko Tsuruta
  • Yūta Kashiwabara
  • Mitsuhiro Ogata
Skenario
  • Aoi Akashiro (musim 1)
  • Hayato Kazano (musim 2–sekarang)
Musik
  • Ryō Takahashi (musim 1)
  • Masaru Yokoyama (musim 2–sekarang)
  • Kana Hashiguchi (musim 2–sekarang)
StudioLerche
Pelisensi
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, TV Aichi, KBS Kyoto, Sun TV, TVQ, BS11
Saluran bahasa Inggris
Tayang 12 Juli 2017 – sekarang
Episode25 (Daftar episode)
Novel ringan
Yōkoso Jitsuryoku Shijō Shugi no Kyōshitsu e 2-nensei-hen
PengarangShōgo Kinugasa
IlustratorShunsaku Tomose
PenerbitMedia Factory
Penerbit bahasa Inggris
Seven Seas Entertainment
ImprintMF Bunko J
DemografiPria
Terbit24 Januari 2020 – sekarang
Volume11 + 2 cerita pendek
Manga
Yōkoso Jitsuryoku Shijō Shugi no Kyōshitsu e 2-nensei-hen
PengarangShōgo Kinugasa
IlustratorShia Sasane
PenerbitMedia Factory
MajalahMonthly Comic Alive
DemografiSeinen
Terbit25 Desember 2021 – sekarang
Volume3
 Portal anime dan manga

Yōkoso Jitsuryoku Shijō Shugi no Kyōshitsu e (Jepang: ようこそ実力至上主義の教室へ, terj. Selamat Datang di Kelas Doktrin Kemampuan Elit), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Classroom of the Elite, adalah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Shōgo Kinugasa dan diilustrasikan oleh Shunsaku Tomose. Adaptasi manga dari novel ringan yang dibuat oleh Yuyu Ichino mulai diserialisasi di majalah Monthly Comic Alive milik Media Factory pada tanggal 27 Januari 2016. Adaptasi seri televisi anime dari novel ringan ini diproduksi oleh Lerche dan ditayangkan mulai tanggal 12 Juli hingga tanggal 27 September 2017. Musim kedua seri ini ditayangkan mulai bulan Juli 2022, sedangkan musim ketiga seri ini ditayangkan mulai tahun 2023.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di masa depan yang jauh, pemerintah Jepang telah mendirikan SMA Pendidikan Metropolitan Tokyo yang didedikasikan untuk mendidik dan membina generasi muda yang akan mendukung negara di masa depan. Para siswa diberi kebebasan untuk meniru kehidupan nyata.

Ceritanya mengikuti perspektif Kiyotaka Ayanokōji, seorang siswa pendiam dan sederhana yang tidak pandai berteman dan lebih suka menjaga jarak, tetapi memiliki kecerdasan yang tak tertandingi. Ia adalah siswa kelas D, di mana sekolah membuang siswa yang prestasinya sangat rendah. Setelah bertemu Suzune Horikita dan Kikyō Kushida, dua siswa wanita lain di kelasnya, situasi Kiyotaka mulai berubah dan ia mulai terlibat dalam banyak urusan serta pemikirannya tentang kehidupan SMA normal yang ideal mulai tersebar.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Kelas D[sunting | sunting sumber]

Kiyotaka Ayanokōji (綾小路 清隆, Ayanokōji Kiyotaka)
Pengisi suara: Shōya Chiba[3] (Jepang); Justin Briner[4] (Inggris)
Seorang siswa yang tidak termotivasi dan sangat buruk dalam berkomunikasi dengan orang lain. Nilainya sengaja dibuat rata dan ia sangat sadar bagaimana ia menghabiskan poinnya. Terungkap bahwa ia memiliki bakat akademis dan kecerdasan sejati untuk mencapai kelas atas jika ia mau, tetapi dengan beberapa alasan, ia memiliki tujuan untuk masuk ke kelas D. Diungkapkan oleh wali kelasnya, Sae Chabashira, bahwa ia sengaja mendapat 50 dari 100 poin untuk setiap mata pelajaran saat ujian masuk. Meskipun tidak menunjukkan latihan kebugaran apapun, ia sangat kekar dan terlihat sangat terampil dalam seni bela diri, sehingga ia bertahan dalam pertarungan melawan ketua OSIS. Ia juga terbukti sangat cerdas karena ia muncul dengan berbagai skema besar yang menipu dan menggunakan hampir semua orang di sekolah. Dalam kilas balik, ditunjukkan bahwa ia adalah bagian dari eksperimen yang dilakukan oleh organisasi tak dikenal yang dimiliki oleh ayahnya di fasilitas tak dikenal yang disebut "Ruang Putih" yang memaksa anak-anak untuk berpartisipasi dalam serangkaian tes yang dirancang untuk membesarkan anak serta melatih anak-anak menjadi remaja dengan kemampuan yang hampir seperti manusia super dan ia terbukti menjadi satu-satunya yang selamat. Ia lebih suka berada di balik layar dan menggunakan orang lain untuk mengimplementasikan rencananya kapanpun diperlukan. Ia dianggap sebagai narator yang tidak dapat diandalkan karena latar belakang dan kebohongannya yang misterius.[5][6]
Suzune Horikita (堀北 鈴音, Horikita Suzune)
Pengisi suara: Akari Kitō[3] (Jepang); Felecia Angelle[4] (Inggris)
Seorang siswa penyendiri, berhati dingin dan tidak ramah, yang dianggap sebagai kecantikan intelektual yang duduk di sebelah Kiyotaka Ayanokōji di kelas dan juga berhati-hati tentang bagaimana ia menghabiskan poinnya. Seperti Kiyotaka, ia kesulitan berkomunikasi dengan orang lain tetapi tidak seperti Kiyotaka, ia menganggap teman tidak diperlukan. Kiyotaka adalah satu-satunya siswa di kelasnya yang diajak bicara olehnya dan curhat padanya karena ia tampaknya mengungkapkan minat pada kepribadian Kiyotaka yang berwawasan luas namun misterius dan memiliki keraguan tentang Kiyotaka dan masa lalunya yang misterius, percaya bahwa Kiyotaka menyembunyikan lebih dari yang sebenarnya. Ia juga memiliki kakak laki-laki yang belajar di sekolah yang sama dengannya dan merupakan ketua OSIS sekolah yang menjauhkan diri darinya karena malu bahwa ia ditempatkan di kelas D. Ia juga memiliki pengetahuan seni bela diri karena ia terlihat melawan Mio Ibuki, seorang siswa kelas C, dan berusaha melawannya meskipun ia sedang sakit saat itu. Sikapnya tampaknya membaik dan menjadi lebih baik saat ia mengakui kemunafikannya sendiri dengan mengakui bahwa ia tidak berbeda dari teman-teman sekelasnya ketika dihadapkan dengan masalah serius.
Kikyō Kushida (櫛田 桔梗, Kushida Kikyō)
Pengisi suara: Yurika Kubo[3] (Jepang); Sarah Wiedenheft[4] (Inggris)
Seorang gadis populer di kelas D yang memiliki kepribadian yang tampaknya baik dan ceria serta ingin berteman dengan semua orang di sekolah. Namun, di balik wajahnya yang ceria dan perhatian, ia memiliki kepribadian lain yang kejam, berdarah dingin, menjijikkan dan manipulatif. Ia juga menunjukkan kebencian yang mendalam terhadap Suzune Horikita, namun ia ingin lebih dekat dengan Suzune untuk alasan yang tidak diketahui. Dalam novel ringan, ia satu sekolah di SMP yang sama dengan Suzune dan berasumsi bahwa Suzune mengetahui tentang masa lalunya yang kelam.
Airi Sakura (佐倉 愛里, Sakura Airi)
Pengisi suara: Mao Ichimichi[3] (Jepang); Leah Clark[7] (Inggris)
Seorang siswa yang menyukai fotografi dan ditempatkan di kelas D karena ketakutan dan kegelisahannya, menyebabkannya mengalami kesulitan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Ia tidak bisa menonjol dan suka mengambil gambar model. Ia awalnya diturunkan menjadi idola gravure hingga hidupnya dalam bahaya dikejar oleh penguntit yang bekerja di sebuah toko elektronik dan berusaha untuk menyerangnya hingga membuatnya tidak bisa menonjol lagi selama sisa hidupnya. Untungnya, Kiyotaka Ayanokōji dan Honami Ichinose datang tepat waktu, menyelamatkan nyawanya dan si penguntit ditangkap oleh polisi, berkat kamera keamanan yang terletak di sekitar sekolah dan sistem pelacakan GPS di ponsel sekolah masing-masing siswa. Ia kemudian merasa sangat berutang budi kepada Kiyotaka, menyebabkannya mengagumi Kiyotaka karena telah menyelamatkannya sambil menginspirasinya dengan kata-kata bijak yang menyemangati untuk selalu melakukan lebih dari yang seharusnya dilakukannya.
Kei Karuizawa (軽井沢 恵, Karuizawa Kei)
Pengisi suara: Ayana Taketatsu[3] (Jepang); Bryn Apprill[4] (Inggris)
Siswa terbaik kelas D yang memiliki masalah karakter. Di novel ringan, ia tampaknya membentuk ikatan kepercayaan yang sangat dekat dengan Kiyotaka Ayanokōji dan memperhatikan bahwa Kiyotaka memiliki sisi misterius yang gelap sehingga Kiyotaka tidak ingin orang tahu tentang di mana Kiyotaka ditunjukkan lebih mempercayainya daripada orang lain dan di novel ringan volume 6, ia terbukti menyukai Kiyotaka. Selanjutnya di novel ringan volume 6, ia adalah satu-satunya yang mengingat dan merayakan ulang tahun Kiyotaka, membuat Kiyotaka ragu untuk menghapus pesannya, yang biasanya dilakukannya dan Kiyotaka juga mengetahui hari ulang tahunnya dan memutuskan untuk melakukan hal yang sama untuknya. Mereka berdua juga saling memanggil dengan nama depan mereka dan menunjukkan betapa dekat mereka. Rasa sukanya yang berkembang pada Kiyotaka juga diperlihatkan karena ia terlihat sangat cemburu pada Maya Sato ketika Maya mengakui perasaannya kepada Kiyotaka.
Yōsuke Hirata (平田 洋介, Hirata Yōsuke)
Pengisi suara: Ryōta Ōsaka[3] (Jepang); Dallas Reid[4] (Inggris)
Siswa terbaik kelas D. Nilainya layak berada di kelas yang lebih tinggi, tetapi ia akhirnya terjebak di kelas D karena alasan yang belum dijelaskan. Ia berada dalam "hubungan" dengan Kei Karuizawa, meskipun di novel ringan, ia terungkap sebagai siswa dengan tipu muslihat dan ditutup-tutupi sehingga ia tidak diganggu di sekolah. Hal itu juga diisyaratkan di novel ringan, bahwa ia mulai mencurigai Kiyotaka Ayanokōji atas manipulasi dan penggunaan orang lain sambil mengambil keuntungan dari peristiwa yang terjadi melalui berbagai skema besar yang secara bertahap hingga akhirnya membantu kelas D dan melakukannya secara halus di balik bayang-bayang tanpa sepengetahuannya dan orang lain yang tampaknya tidak menyadari apa yang terjadi.
Rokusuke Kōenji (高円寺 六助, Kōenji Rokusuke)
Pengisi suara: Toshiki Iwasawa[3] (Jepang); Christopher Wehkamp[4] (Inggris)
Siswa narsis yang berasal dari keluarga cendekiawan terkenal yang bergengsi karena ia dilengkapi dengan kemampuan fisik dan kecerdasan yang hebat, tetapi ia berakhir di kelas D karena terlalu arogan dan egois, membuatnya tidak dapat bekerja sama dengan orang lain. Tidak seperti teman-temannya yang berjuang untuk mendapatkan poin yang cukup, ia tidak khawatir tentang hal itu karena keluarga kayanya dapat dengan mudah membeli poin yang diperlukan untuk digunakannya.
Ken Sudō (須藤 健, Sudō Ken)
Pengisi suara: Eiji Takeuchi[3] (Jepang); Brandon McInnis[4] (Inggris)
Salah satu anggota "3 Idiot kelas D" yang juga merupakan pemain tim basket dan tergabung dalam klub basket. Meskipun ia memiliki kemampuan atletik terbaik dibandingkan dengan teman-teman sekelasnya, ia memiliki kecerdasan yang sangat buruk, temperamen yang pendek dan kepribadian seperti kulit tipis yang membuatnya mudah marah dan terpancing, yang bukan karena campur tangan Suzune Horikita dan Kiyotaka Ayanokōji hingga membuatnya dikeluarkan dua kali. Kepribadiannya terlihat sedikit membaik meskipun ia masih bertindak kasar terhadap orang lain dan ia terlihat memiliki perasaan terhadap Suzune. Di novel ringan, ia terbukti cukup dekat dengan Kiyotaka dan terungkap bahwa mereka berdua sebenarnya adalah teman dekat. Di novel ringan volume 5 saat festival olahraga, ia tampaknya telah membentuk ikatan yang erat dengan Suzune.
Kanji Ike (池 寛治, Ike Kanji)
Pengisi suara: Daiki Abe[3] (Jepang); Aaron Dismuke[4] (Inggris)
Salah satu anggota "3 Idiot kelas D" yang memiliki kecerdasan yang buruk meskipun keterampilan komunikasi dan pengalamannya dalam berkemah sangat baik. Ia juga terbukti menyukai Kikyō Kushida.
Haruki Yamauchi (山内 春樹, Yamauchi Haruki)
Pengisi suara: Mutsuki Iwanaka[3] (Jepang); Travis Mullenix[4] (Inggris)
Salah satu anggota "3 Idiot kelas D" yang memiliki kecenderungan berbohong. Ia juga menyukai Kikyō Kushida tetapi ia memiliki perasaan untuk Airi Sakura juga. Di novel ringan volume spin-off, ia mengakui perasaannya pada Airi, tetapi ia ditolak karena ketidakmampuan dan kegelisahan Airi untuk mengatasi situasi yang tidak nyaman dan perasaan Airi terhadap Kiyotaka Ayanokōji.
Teruhiko Yukimura (幸村 輝彦, Yukimura Teruhiko)
Pengisi suara: Tsubasa Gōda[3] (Jepang); Josh Grelle[8] (Inggris)
Seorang siswa laki-laki dengan kecerdasan yang luar biasa. Terlepas dari kemampuan akademisnya, kemampuan atletiknya yang buruk membuatnya masuk kelas D. Di novel ringan volume 6, ia juga anggota kelompok belajar Kiyotaka Ayanokōji.
Maya Sato (佐藤 麻耶, Sato Maya)
Pengisi suara: Lynn (Jepang); Michelle Rojas[4] (Inggris)
Seorang gadis di kelas Kiyotaka Ayanokōji yang menyukainya. Ia dianggap menarik oleh rekan-rekan prianya yang menyatakan kecemburuan terhadap hubungannya dengan "Kiyotaka Ayanokōji".

Kelas C[sunting | sunting sumber]

Kakeru Ryūen (龍園 翔, Ryūen Kakeru)
Pengisi suara: Masaaki Mizunaka[3] (Jepang); Eric Vale[9] (Inggris)
Karakter antagonis dan seorang siswa kelas C yang memiliki reputasi sebagai berandalan yang ditakuti di mana ia memerintah kelas C seperti bos mafia dan memiliki sekelompok antek yang melakukan pekerjaan kotornya.
Mio Ibuki (伊吹 澪, Ibuki Mio)
Pengisi suara: Mikako Komatsu[3] (Jepang); Jamie Marchi[10] (Inggris)
Siswa kelas C yang membenci reputasi kotor Kakeru Ryūen sebagai berandalan terkenal. Tidak hanya memiliki kemampuan akademik yang sangat baik, tetapi kemampuan fisiknya juga tidak bisa diremehkan. Ia terampil dalam bertarung dan memiliki pengetahuan tentang beberapa keterampilan bela diri yang dapat menyaingi banyak seniman bela diri. Ia melawan Suzune Horikita untuk memastikan apakah ia adalah pembakar dan mengungkapkan bahwa ia adalah dalang pencurian kartu kunci Suzune, lalu ia mengalahkan Suzune. Ia kemudian terlihat menyerahkan kartu kunci yang dicuri kepada Kakeru Ryūen yang memintanya untuk dicuri. Ia diturunkan menjadi mata-mata untuk kelas C dan dikirim untuk menyusup ke kelas D atas perintah Kakeru Ryūen, namun ia dimanipulasi dan dikendalikan oleh Kiyotaka Ayanokōji bersama dengan Kakeru Ryūen dan Kōhei Katsuragi dari kelas A yang menyebabkan rencana mereka berantakan dan kelas C mengalami kerugian besar.

Kelas B[sunting | sunting sumber]

Honami Ichinose (一之瀬 帆波, Ichinose Honami)
Pengisi suara: Nao Tōyama[3] (Jepang); Kristi Rothrock[11] (Inggris)
Ketua kelas B yang sangat baik, suka menolong dan tidak mementingkan diri sendiri. Ia adalah salah satu siswa terbaik di kelasnya dan sangat dikagumi dan dihormati. Namun, tidak seperti kebanyakan siswa lain yang membenci siswa dari kelas bawah, ia rendah hati dan juga berteman dengan beberapa dari mereka seperti, Kikyō Kushida dan Kiyotaka Ayanokōji. Ia memperoleh sejumlah besar poin pribadi melalui cara yang tidak diketahui dan tampak tertutup tentang hal itu, menyebabkan Kiyotaka bertanya-tanya tentang bagaimana ia mendapatkan poin sebanyak itu. Ia juga mengungkapkan ketertarikannya pada kemampuan dan kecerdasan sejati Kiyotaka bahkan dengan bertanya-tanya tentang hal itu, lebih tepatnya lagi mengapa Kiyotaka menyembunyikan bakat sejatinya dari orang lain. Di novel ringan, ia menjadi anggota OSIS dan ia terlihat memiliki hubungan dekat dengan Kiyotaka, yang sesekali digodanya, karena mereka terlihat rukun dan bekerja sama dengan baik. Kiyotaka, bagaimanapun, menyebarkan desas-desus tentang sejumlah besar poinnya, yang terungkap diperoleh secara legal olehnya, untuk menjebak Kakeru Ryūen dari kelas C.
Ryūji Kanzaki (神崎 隆二, Kanzaki Ryūji)
Pengisi suara: Akihisa Wakayama[3] (Jepang); Ricco Fajardo (Inggris)
Siswa kelas B yang terlihat cukup cerdas dan ramah. Bersama Honami Ichinose, ia tidak keberatan membantu Kiyotaka Ayanokōji untuk membuktikan bahwa Ken Sudō tidak bersalah dalam kasus insiden kekerasan kelas C.

Kelas A[sunting | sunting sumber]

Arisu Sakayanagi (坂柳 有栖, Sakayanagi Arisu)
Pengisi suara: Rina Hidaka[3] (Jepang); Trina Nishimura[9] (Inggris)
Ia adalah pemimpin utama kelas A, yang tampaknya cacat hingga menyebabkannya berjalan dengan tongkat. Ia terbukti sangat cerdas karena ia tampaknya memiliki pengetahuan yang sangat tinggi tentang peraturan sekolah dan sistem S. Kakeru Ryūen dari kelas C menyebutkan bagaimana ia masih bertindak sebagai "Ratu" sekolah karena berada di kelas A. Ada persaingan ketat antara ia dan Kakeru Ryūen di samping kelas masing-masing karena menurutnya tantangan Kakeru Ryūen melawan kelas A menarik, tetapi pada akhirnya sia-sia. Di novel ringan volume 5, ia terungkap mengetahui tentang "Ruang Putih" dan secara samar mengungkapkan bahwa ia mengenal Kiyotaka Ayanokōji, di mana ia bertemu dengannya 8 tahun dan 243 hari yang lalu. Menurutnya, ia mengenal Kiyotaka dengan sangat baik dan segala sesuatu tentang masa lalu Kiyotaka yang misterius meskipun Kiyotaka menyangkal mengenalnya dan sepertinya tidak mengingatnya. Di novel ringan volume 7, Pak Sakayanagi, Ketua Dewan Sekolah dan kenalan lama ayah Kiyotaka, menegaskan bahwa ia adalah putrinya, dengan demikian menjelaskan sebagian mengapa ia mengamati Kiyotaka secara langsung di balik jendela di "Ruang Putih".
Kōhei Katsuragi (葛城 康平, Katsuragi Kōhei)
Pengisi suara: Satoshi Hino[3] (Jepang); Jarrod Greene[12] (Inggris)
Siswa kelas A yang cerdas, dihormati dan bertanggung jawab penuh atas kelasnya. Untuk beberapa alasan, ia memiliki masa lalu yang tidak menyenangkan karena ditolak bergabung dengan OSIS atas kegagalannya yang tidak diketahui.

OSIS[sunting | sunting sumber]

Manabu Horikita (堀北 学, Horikita Manabu)
Pengisi suara: Yūichirō Umehara[3] (Jepang); David Matranga (Inggris)
Kakak laki-laki Suzune Horikita dan ketua OSIS. Ia juga sangat dihormati oleh seluruh siswa dan guru sekolah. Namun, ia membenci Suzune karena berada di kelas bawah dan kehadiran Suzune mengancam reputasinya di OSIS. Ia muncul sebagai siswa yang sangat serius dan cerdas, yang melekat pada perannya sebagai ketua OSIS dan juga terbukti cukup terampil dalam seni bela diri seperti yang terlihat dalam perkelahiannya dengan Kiyotaka Ayanokōji. Setelah perkelahian itu, Manabu tertarik pada Kiyotaka dan melihatnya sebagai lawan yang layak.
Akane Tachibana (橘 茜, Tachibana Akane)
Pengisi suara: Konomi Kohara[3] (Jepang); Apphia Yu (Inggris)
Sekretaris OSIS yang terlihat bersama ketua OSIS Manabu hampir sepanjang waktu dan memiliki perasaan terhadap Manabu.

Guru[sunting | sunting sumber]

Sae Chabashira (茶柱 佐枝, Chabashira Sae)
Pengisi suara: Rina Satō[3] (Jepang); Jennifer Alyx (Inggris)
Wali kelas D yang sangat dingin dan apatis terhadap kelasnya sendiri meskipun ia bisa disuap dengan harga yang pantas di mana ia rela menjual nilai kepada siswa yang terancam dikeluarkan. Ia adalah satu-satunya guru yang mengetahui kebenaran di balik penunjukan kelas D untuk siswa dengan kecacatan dan potensi tersembunyi Kiyotaka Ayanokōji sebagai "paling cacat" dan siswa yang sangat baik di kelas D. Ia juga mengancam Kiyotaka agar Kiyotaka dikeluarkan jika Kiyotaka tidak segera naik ke kelas A karena menahan kemampuan dan kecerdasan sejatinya. Tidak diketahui mengapa ia ingin Kiyotaka naik ke kelas yang lebih tinggi. Salah satu alasan yang mungkin adalah bahwa ia mungkin merasa Kiyotaka menyia-nyiakan bakat yang sebenarnya dengan berada di kelas terendah alih-alih berada di kelas atas yang pantas didapatkannya. Ia, kemudian, mengungkapkan kepada Kiyotaka bahwa hal itu adalah keinginan ayahnya untuk dikeluarkan dan bahwa ayahnya menyatakan bahwa Kiyotaka akan memilih dikeluarkan atas kehendak Kiyotaka sendiri.
Chie Hoshinomiya (星之宮 知恵, Hoshinomiya Chie)
Pengisi suara: Hisako Kanemoto[3] (Jepang); Sara Ragsdale (Inggris)
Wali kelas B dengan reputasi sebagai seorang pemabuk yang ceroboh. Terlepas dari keanehannya, ia tampak berwawasan luas saat ia mengenali bahwa Kiyotaka Ayanokōji, seorang siswa kelas D, yang tidak pernah ditemuinya dapat menimbulkan masalah untuk kelasnya berdasarkan apa yang dikatakan oleh Honami Ichinose tentangnya. Dalam novel ringan, ia telah membentuk ikatan dekat yang sangat unik dengan Kiyotaka, yang digodanya meskipun ia adalah seorang guru, meskipun ia terlihat sedikit kecewa dengan perilaku eksentriknya.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan ini ditulis oleh Shōgo Kinugasa dengan ilustrasi oleh Shunsaku Tomose dan telah diterbitkan di bawah cetakan MF Bunko J milik Media Factory mulai tahun 2015. Seven Seas Entertainment telah mendapatkan lisensi novel ringan ini.[13] Pada tanggal 17 Februari 2021, Seven Seas Entertainment mengumumkan akan merilis versi baru volume tujuh karena keputusan pelokalan aslinya untuk menghilangkan beberapa paragraf.[14] Seven Seas Entertainment juga telah mendapatkan lisensi novel ringan sekuel Yōkoso Jitsuryoku Shijō Shugi no Kyōshitsu e 2-nensei-hen dan akan merilisnya dalam bentuk digital terlebih dahulu dengan rilis fisik pada bulan Juli 2022.[15]

Yōkoso Jitsuryoku Shijō Shugi no Kyōshitsu e
No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 25 Mei 2015[16]ISBN 978-4-04-067657-97 Mei 2019[17]ISBN 978-1-64-275137-6
2 25 September 2015[18]ISBN 978-4-04-067778-113 Agustus 2019[17]ISBN 978-1-64-275139-0
3 25 Januari 2016[19]ISBN 978-4-04-068008-819 November 2019[17]ISBN 978-1-64-275723-1
4 25 Mei 2016[20]ISBN 978-4-04-068338-625 Februari 2020[17]ISBN 978-1-64-505197-8
4.5 23 September 2016[21]ISBN 978-4-04-068629-516 Juni 2020[17]ISBN 978-1-64-505437-5
5 25 Januari 2017[22]ISBN 978-4-04-069017-921 Juli 2020[17]ISBN 978-1-64-505486-3
6 25 Mei 2017[23]ISBN 978-4-04-069231-913 Oktober 2020[17]ISBN 978-1-64-505751-2
7 25 Oktober 2017[24]ISBN 978-4-04-069458-019 Januari 2021[17]ISBN 978-1-64-505820-5
7.5 25 Januari 2018[25]ISBN 978-4-04-069675-123 Maret 2021[17]ISBN 978-1-64-505975-2
8 25 Mei 2018[26]ISBN 978-4-04-069861-822 Juni 2021[17]ISBN 978-1-64-827223-3
9 25 September 2018[27]ISBN 978-4-04-065157-628 September 2021[17]ISBN 978-1-64-827261-5
10 25 Januari 2019[28]ISBN 978-4-04-065506-215 Maret 2022[17]ISBN 978-1-64-827321-6
11 25 Mei 2019[29]ISBN 978-4-04-065739-43 Mei 2022[17]ISBN 978-1-64-827361-2
11.5 25 September 2019[30]ISBN 978-4-04-064007-528 Juni 2022[17]ISBN 978-1-63-858102-4
Yōkoso Jitsuryoku Shijō Shugi no Kyōshitsu e 2-nensei-hen
No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 24 Januari 2020[31]ISBN 978-4-04-064329-819 Juli 2022[32]ISBN 978-1-63-858182-6
2 25 Juni 2020[33]ISBN 978-4-04-064664-030 Agustus 2022[34]ISBN 978-1-63-858337-0
3 24 Oktober 2020[35]ISBN 978-4-04-065942-822 November 2022[36]ISBN 978-1-63-858642-5
4 25 Februari 2021[37]ISBN 978-4-04-680166-17 Februari 2023[38]ISBN 978-1-63-858817-7
4.5 25 Juni 2021[39]ISBN 978-4-04-680516-49 Mei 2023[40]ISBN 978-1-68-579639-6
5 25 Oktober 2021[41]ISBN 978-4-04-680846-211 Juli 2023[42]ISBN 978-1-68579-653-2
6 25 Februari 2022[43]ISBN 978-4-04-681185-13 Oktober 2023[44]ISBN 978-1-63858-816-0
7 24 Juni 2022[45]ISBN 978-4-04-681477-75 Desember 2023[46]ISBN 978-1-68579-947-2
8 25 Oktober 2022[47]ISBN 978-4-04-681833-116 April 2024[48]ISBN 979-8-88843-430-7
9 25 Februari 2023[49]ISBN 978-4-04-682213-0
9.5 23 Juni 2023[50]ISBN 978-4-04-682566-7
10 25 Oktober 2023[51]ISBN 978-4-04-682985-6
11 24 Februari 2024[52]ISBN 978-4-04-683349-5

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga dari novel ringan ini diilustrasikan oleh Yuyu Ichino memulai serialisasi di majalah Monthly Comic Alive milik Media Factory pada tanggal 27 Januari 2016. Manga ini telah dikumpulkan dalam dua belas volume tankōbon pada tanggal 25 Februari 2022. Seven Seas Entertainment juga telah mendapatkan lisensi manga ini dan akan merilis manga volume pertama pada bulan Maret 2022.[53] Sebuah adaptasi manga dari seri novel ringan sekuel ini diilustrasikan oleh Shia Sasane dan memulai serialisasi di majalah yang sama pada tanggal 25 Desember 2021.[54]

Yōkoso Jitsuryoku Shijō Shugi no Kyōshitsu e
No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 23 September 2016[55]ISBN 978-4-04-068550-21 Maret 2022[56]ISBN 978-1-63-858130-7
2 23 Januari 2017[57]ISBN 978-4-04-069039-110 Mei 2022[58]ISBN 978-1-63-858242-7
3 23 Maret 2017[59]ISBN 978-4-04-069120-616 Agustus 2022[60]ISBN 978-1-63-858599-2
4 22 Juli 2017[61]ISBN 978-4-04-069303-31 November 2022[62]ISBN 978-1-63-858772-9
5 22 November 2017[63]ISBN 978-4-04-069532-721 Februari 2023[64]ISBN 978-1-63-858964-8
6 23 April 2018[65]ISBN 978-4-04-069747-523 Mei 2023[66]ISBN 978-1-68-579511-5
7 21 November 2018[67]ISBN 978-4-04-065321-122 Agustus 2023[68]ISBN 978-1-68579-548-1
8 22 Juni 2019[69]ISBN 978-4-04-065704-27 November 2023[70]ISBN 979-8-88843-038-5
9 23 Januari 2020[71]ISBN 978-4-04-064297-026 Februari 2024[72]ISBN 979-8-88843-210-5
10 20 Agustus 2020[73]ISBN 978-4-04-064789-030 April 2024[74]ISBN 979-8-88843-344-7
11 23 Juni 2021[75]ISBN 978-4-04-680382-5
12 22 Februari 2022[76]ISBN 978-4-04-681125-7
Yōkoso Jitsuryoku Shijō Shugi no Kyōshitsu e 2-nensei-hen
No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa Jepang
1 22 Juni 2022[77]ISBN 978-4-04-681438-8
2 21 April 2023[78]ISBN 978-4-04-682455-4
3 22 Februari 2024[79]ISBN 978-4-04-683297-9

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime diumumkan dan ditayangkan mulai tanggal 12 Juli hingga tanggal 27 September 2017 di AT-X dan saluran lainnya.[80][81] Seiji Kishi dan Hiroyuki Hashimoto menyutradarai seri ini di Lerche. Aoi Akashiro menulis naskah, sementara Kazuaki Morita merancang karakternya. Lagu tema pembuka seri ini adalah "Caste Room" yang dibawakan oleh ZAQ, sedangkan lagu tema penutup seri ini adalah "Beautiful Soldier" yang dibawakan oleh Minami Kuribayashi.[81][82] Crunchyroll mendapatkan lisensi seri ini.[83] Funimation telah mendapatkan lisensi seri ini di Amerika Utara.[84]

Pada tanggal 21 Februari 2022, diumumkan bahwa sekuel seri ini sedang dalam produksi.[85] Sekuel seri ini kemudian dibagi menjadi dua musim tambahan, dengan Lerche kembali sebagai studio. Musim kedua disutradarai oleh Yoshihito Nishōji, dengan Seiji Kishi dan Hiroyuki Hashimoto kembali sebagai sutradara utama, Hayato Kazano menggantikan Aoi Akashiro sebagai penulis naskah dan Kazuaki Morita kembali sebagai perancang karakter. Masaru Yokoyama dan Kana Hashiguchi akan menyusun musiknya, menggantikan Ryō Takahashi. Musim kedua seri ini ditayangkan mulai bulan Juli 2022. Lagu tema pembuka seri ini akan dibawakan oleh ZAQ dan lagu tema penutup seri ini dibawakan oleh Mai Fuchigami.[86][87] Musim ketiga seri ini mulanya ditayangkan mulai tahun 2023, tetapi seri ini kemudian ditunda hingga bulan Januari 2024 karena "berbagai keadaan".[87][88]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kredit sebagai kepala sutradara (総監督, Sō Kantoku) untuk musim kedua.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Social Experiments and Psychological Thrills in Classroom of the Elite". Crunchyroll News. 27 Juli 2017. Diakses tanggal 29 Juni 2019. 
  2. ^ "Animax Asia Premieres Classroom of the Elite Anime on November 20". Anime News Network. 24 Oktober 2017. Diakses tanggal 20 November 2017. 
  3. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u "Yōkoso Jitsuryoku Shijō Shugi no Kyōshitsu e Anime Reveals 21 Cast Members". Anime News Network. 15 Mei 2017. Diakses tanggal 24 Mei 2017. 
  4. ^ a b c d e f g h i j "Summer 2017 SimulDubs on FunimationNow!". Funimation. 13 Agustus 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Agustus 2017. Diakses tanggal 4 September 2019. 
  5. ^ Muhammad, Dany (3 Agustus 2017). ""Classroom of the Elite" First Impression: Unreliable Narrator in a Deceptive Show". KAORI Nusantara. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Juni 2018. Diakses tanggal 4 Juli 2018. 
  6. ^ Fobian, Peter (8 September 2017). "The Uncertain Rules of Engagement in "Classroom of the Elite"". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Oktober 2017. Diakses tanggal 4 Juli 2018. 
  7. ^ "In the newest #ClassroomOfTheElite: A court case will decide the fate of Class-D, and @LeahClarkVA joins as Sakura!". Twitter.com. 28 Agustus 2017. 
  8. ^ "The island survival test begins, but can the #ClassroomOfTheElite survive each other? @JoshGrelle joins as Yukimura". Twitter.com. 24 September 2017. 
  9. ^ a b "And the cast members joining us: Ryuen - @ericvale Ichinose - @Grandpa_Trout Katsuragi - @BuffaloBuffalo Sakayanagi - @TrinaNishimura". Twitter.com. 12 Agustus 2017. 
  10. ^ "This week on #ClassroomOfTheElite: A cruise, a conspiracy, and a confession of love. @marchimark joins as Ibuki". Twitter.com. 17 September 2017. 
  11. ^ "I play Ichinose in Classroom of the Elite, new ep today at 4 ET on http://Funimation.com! Thank you @soymilkpudding for this opportunity!". Twitter.com. 12 Agustus 2017. 
  12. ^ "I'm playing Katsuragi! He is definitely a teenager and NOT a man in his 30s". Twitter.com. 12 Agustus 2017. 
  13. ^ Hodgkins, Crystalyn (8 Juli 2018). "Seven Seas Adds Railgun, Kobayashi's Dragon Maid, Orphen Spinoff Manga; 3 Light Novel Series". Anime News Network. Diakses tanggal 8 Juli 2018. 
  14. ^ "Seven Seas Issues Statement Regarding Mushoku Tensei, Classroom of the Elite Light Novel Localization Changes". Anime News Network. 17 Februari 2021. Diakses tanggal 17 Februari 2021. 
  15. ^ "Same School, Second Year: Seven Seas Licenses CLASSROOM OF THE ELITE: YEAR 2 Light Novel Series". Seven Seas Entertainment. 22 September 2021. Diakses tanggal 24 September 2021. 
  16. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  17. ^ a b c d e f g h i j k l m n "Classroom of the Elite (Light Novel)". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  18. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  19. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 3" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  20. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 4" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  21. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 4.5" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  22. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 5" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  23. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 6" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  24. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 7" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  25. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 7.5" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  26. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 8" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  27. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 9" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  28. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 10" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  29. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 11" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  30. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 11.5" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  31. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2年生編1" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  32. ^ "Classroom of the Elite: Year 2 (Light Novel) Vol. 1". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  33. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2年生編2" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  34. ^ "Classroom of the Elite: Year 2 (Light Novel) Vol. 2". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 16 Februari 2022. 
  35. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2年生編3" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  36. ^ "Classroom of the Elite: Year 2 (Light Novel) Vol. 3". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 19 Agustus 2022. 
  37. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2年生編4" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  38. ^ "Classroom of the Elite: Year 2 (Light Novel) Vol. 4". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 19 Agustus 2022. 
  39. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2年生編4.5" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  40. ^ "Classroom of the Elite: Year 2 (Light Novel) Vol. 4.5". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 11 September 2022. 
  41. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2年生編5" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  42. ^ "Classroom of the Elite: Year 2 (Light Novel) Vol. 5". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 31 Agustus 2023. 
  43. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2年生編6" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 8 Maret 2022. 
  44. ^ "Classroom of the Elite: Year 2 (Light Novel) Vol. 6". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 31 Agustus 2023. 
  45. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2年生編7" (dalam bahasa Jepang). KADOKAWA. Diakses tanggal 26 Juli 2022. 
  46. ^ "Classroom of the Elite: Year 2 (Light Novel) Vol. 7". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 31 Agustus 2023. 
  47. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2年生編8" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 27 September 2022. 
  48. ^ "Classroom of the Elite: Year 2 (Light Novel) Vol. 8". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 31 Agustus 2023. 
  49. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2年生編9" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 25 Februari 2023. 
  50. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2年生編9.5" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 1 Juli 2023. 
  51. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2年生編10" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 31 Agustus 2023. 
  52. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2年生編11" (dalam bahasa Jepang). Media Factory. Diakses tanggal 22 Desember 2023. 
  53. ^ Pineda, Rafael Antonio (29 Juni 2021). "Seven Seas Licenses Classroom of the Elite, My Next Life as a Villainess Side Story Manga". Anime News Network. Diakses tanggal 24 September 2021. 
  54. ^ Pineda, Rafael Antonio (4 Desember 2021). "Classroom of the Elite: Year 2 Novels Get Manga on December 25". Anime News Network. Diakses tanggal 4 Desember 2021. 
  55. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 1". Media Factory. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  56. ^ "Classroom of the Elite (Manga) Vol. 1". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  57. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2". Media Factory. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  58. ^ "Classroom of the Elite (Manga) Vol. 2". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  59. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 3". Media Factory. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  60. ^ "Classroom of the Elite (Manga) Vol. 3". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 31 Maret 2022. 
  61. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 4". Media Factory. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  62. ^ "Classroom of the Elite (Manga) Vol. 4". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 31 Maret 2022. 
  63. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 5". Media Factory. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  64. ^ "Classroom of the Elite (Manga) Vol. 5". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 24 Agustus 2022. 
  65. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 6". Media Factory. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  66. ^ "Classroom of the Elite (Manga) Vol. 6". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 1 Oktober 2022. 
  67. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 7". Media Factory. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  68. ^ "Classroom of the Elite (Manga) Vol. 7". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 31 Agustus 2023. 
  69. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 8". Media Factory. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  70. ^ "Classroom of the Elite (Manga) Vol. 8". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 31 Agustus 2023. 
  71. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 9". Media Factory. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  72. ^ "Classroom of the Elite (Manga) Vol. 9". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 31 Agustus 2023. 
  73. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 10". Media Factory. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  74. ^ "Classroom of the Elite (Manga) Vol. 10". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 31 Agustus 2023. 
  75. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 11". Media Factory. Diakses tanggal 25 Oktober 2021. 
  76. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 12". Media Factory. Diakses tanggal 8 Maret 2022. 
  77. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2年生編 1". Media Factory. Diakses tanggal 27 Juni 2022. 
  78. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2年生編 2". Media Factory. Diakses tanggal 29 Maret 2023. 
  79. ^ "ようこそ実力至上主義の教室へ 2年生編 3". Media Factory. Diakses tanggal 22 Desember 2023. 
  80. ^ "Yōkoso Jitsuryoku Shijō Shugi no Kyōshitsu e Light Novel Series Gets TV Anime in July". Anime News Network. 1 Mei 2017. Diakses tanggal 1 Mei 2017. 
  81. ^ a b "Yōkoso Jitsuryoku Shijō Shugi no Kyōshitsu e Anime Reveals Ending Theme Artist, July 12 Debut". Anime News Network. 12 Juni 2017. Diakses tanggal 12 Juni 2017. 
  82. ^ "Classroom of the Elite Anime's Promo Video Previews ZAQ's Theme Song (Updated)". Anime News Network. 24 Juni 2017. Diakses tanggal 24 Juni 2017. 
  83. ^ "Crunchyroll to Stream A Centaur's Life, Classroom of the Elite, Restaurant to Another World, Saiyuki Reload Blast Anime". Anime News Network. 27 Juni 2017. Diakses tanggal 28 Juni 2017. 
  84. ^ "Funimation Reveals Summer Simuldub Lineup". Anime News Network. 2 Juli 2017. Diakses tanggal 2 Juli 2017. 
  85. ^ Hodgkins, Crystalyn (21 Februari 2022). "Classroom of the Elite TV Anime Gets Sequel". Anime News Network. Diakses tanggal 21 Februari 2022. 
  86. ^ 「ようこそ実力至上主義の教室へ」2期を7月、3期を2023年に放送!1年生編アニメ化. Natalie (dalam bahasa Jepang). Natasha, Inc. 6 Maret 2022. Diakses tanggal 6 Maret 2022. 
  87. ^ a b Loo, Egan (6 Maret 2022). "Classroom of the Elite TV Anime's Video Announces 2 More Seasons in July 2022 & 2023". Anime News Network. Diakses tanggal 6 Maret 2022. 
  88. ^ Pineda, Rafael Antonio (22 Juni 2023). "Classroom of the Elite Anime Season 3 Delayed to January 2024". Anime News Network. Diakses tanggal 22 Juni 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]