Clas Mild

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Clas Mild (rokok))
Lompat ke: navigasi, cari
Logo Clas Mild

Clas Mild adalah merek rokok ternama di Indonesia yang diproduksi oleh PT Nojorono Tobacco International, satu dari lima perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Merek ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003, dan dijual dalam kemasan isi 16 dan 12 batang.

Hanya dalam 2,5 tahun setelah peluncurannya, Clas Mild mengukuhkan diri sebagai produk kretek filter rendah tar dan nikotin (Low Tar Low Nicotine, LTLN) berpenjualan terbaik kedua di Indonesia.

Produk yang diproduksi di Kudus ini dikenal karena rasa produknya yang halus dengan teknologi perforasi CT Laser. Slogan terkininya, “Simply Authentic” menjadikan Clas Mild sebagai partner bagi mereka yang berani menjadi autentik dan mengekspresikannya dengan penuh gairah lewat gaya setiap individu yang unik.

Variasi[sunting | sunting sumber]

Kemasan Diluncurkan Tar Nikotin
Clas Mild 16 2003[butuh rujukan] || 14 MG || 1.0 MG
Clas Mild 12 2006[butuh rujukan] || 14 MG || 1.0 MG
Clas Mild Menthol 2010[butuh rujukan] || 14 MG || 1.0 MG
Clas Mild Menthol Boost 2016[butuh rujukan] || 14 MG || 1.0 MG

Sejarah[sunting | sunting sumber]

"Talk Less, Do More", slogan iklan sejak tahun 2008.

PT Nojorono, yang telah didirikan sejak 1932, menanggapi pesatnya pertumbuhan pasar rendah tar rendah nikotin dengan memperkenalkan racikannya sendiri pada tahun 2003. Saat itu, pasar telah dibanjiri produk kretek filter berembel "Mild", seperti A Mild, Bentoel Mild, Star Mild, dan LA Lights, dengan perkembangan yang lambat laun terus meningkat. Di luar dugaan Manajemen Nojorono, pasar dalam sekejap menyerap produk Clas Mild. Hanya dalam dua tahun, Clas Mild langsung menduduki peringkat kedua di kategori "Mild" pada pertengahan 2005 (dan peringkat ketujuh secara total semua jenis rokok se-nasional), melampaui LA Lights dan Star Mild [3]. Pencapaian ini membawa Nojorono menjadi satu di antara lima pemain kunci di industri rokok Indonesia, mengikuti HM Sampoerna (Philip Morris International), Gudang Garam), DjarumBentoel Group (British American Tobacco), dan Wismilak Group [1]. Pencapaian ini membawa Nojorono menjadi satu di antara lima pemain kunci di industri rokok Indonesia, mengikuti HM Sampoerna (Philip Morris International), Gudang Garam), Djarum, Bentoel Group (British American Tobacco), dan Wismilak Group[2][3]

Insiden[sunting | sunting sumber]

Pada 28 Januari 2010 sekitar pukul 18.30 WIB di Cibitung, Bekasi, rokok Clas Mild yang dihisap oleh Andi Susanto meledak dan menyebabkan luka yang cukup parah di bagian bibir dan tanggalnya 7 buah gigi Andi Susanto (5 saat terjadinya kecelakaan dan 2 selama perawatan).[4] Pada 3 Februari 2010, Kapolres Kabupaten Bekasi, Kombes Herry Wibowo menyatakan bahwa hasil visum menunjukkan bahwa luka yang diderita berasal dari benda tumpul. Pada luka yang diderita juga tidak ditemukan adanya bubuk amunisi atau serbuk petasan. Hasil pemeriksaan terhadap sisa rokok juga tidak menunjukkan adanya kandungan bahan yang mencurigakan.[5]

Pihak Clas Mild berusaha menunjukkan itikad baik dengan memberi uang santunan 5 juta Rupiah sebagai "uang muka" damai. Namun demikian, masih terdapat kompensasi yang harus dibayarkan lagi. Andi sendiri perlu membayar ongkos 12 juta Rupiah selama dirawat di rumah sakit, di mana biaya tersebut belum termasuk ongkos untuk ganti gigi, kontrol ke dokter, dan terapi kejiwaan.[6] Sumber lain menyatakan Clas Mild telah membiayai kekurangan biaya pengobatan Andi Susanto tersebut sampai tuntas.[7]

Slogan[sunting | sunting sumber]

Clas Mild Is Today (2003-2008)[sunting | sunting sumber]

Kesuksesan Clas Mild dimulai bersamaan dengan perkenalan kampanye slogan “Clas Mild Is Today” di tahun 2003. Slogan ini mencoba meyakinkan konsumennya.bahwa pilihan terbaru ini adalah yang paling relevan dan kekinian – lewat jingle musik “Yesterday Is Gone, Clas Mild Is Today”. Tema yang diusung adalah ekspresi untukberpikiran terbuka dan memiliki pergaulan yang luas. Gaya hidup yang semakin populer saat itu adalah nongkrong di club, café, serta aktif di kegiatan berkaitan dengan automotif. Clas Mild turut melakukan penetrasi besar-besaran di semua lini periklanan seperti memasang billboard, iklan cetak, iklan televisi, termasuk menjadi sponsor acara-acara musik terkenal, salah satunya kerjasama dengan Hard Rock Café Jakarta dengan acara “I Like Monday” yang ditayangkan di salah satu saluran televisi nasional.

Di masa ini, pasar dalam sekejap menyerap produk Clas Mild. Hanya dalam 2,5 tahun, Clas Mild langsung menduduki peringkat kedua di kategori "Mild" pada pertengahan 2005, melampaui LA Lights dan Star Mild [3]. Pencapaian ini membawa Nojorono menjadi satu di antara lima perusahaan terbesar di industri rokok Indonesia, mengikuti HM Sampoerna(Philip Morris International), Gudang Garam), Djarum, dan Bentoel Group (British American Tobacco)

Bersamaan dengan pertumbuhannya, Clas Mild terus membuat kampanye berhubungan dengan “Today”, seperti “Today’s Generation” dan “Chase Your Dream

Talk Less, Do More” dan “Act Now!” 2009-2015 [sunting | sunting sumber]

Di puncak keemasannya semenjak tahun 2009, Clas Mild berkreasi dengan slogan baru “Talk Less Do More”. Semangat yang Clas Mild bawa adalah bahwa hasil karya lebih penting daripada terlalu banyak berbicara, seolah menyatakan bahwa tanpa terlalu banyak kata-kata Clas Mild bisa mencapai posisi sekarang dengan pencapaiannya.

Di era ini, Clas Mild masuk ke semua lini kegiatan konsumen dengan mensponsori musik, film, olahraga otomotif. Kegiatan Sponsorship puncak yang dibanggakan merek ini adalah Clas Music Heroes yang membawa tour talent musik terkenal dengan penampilan panggung yang unik.

Di tahun 2012, Clas Mild melakukan terobossan dengan mempersembahkan pertunjukan musik kelas premium, “Claspherience: The HD Music Experience”, dengan pengemasan teknologi 3D mapping yang digabungkan dengan dukungan 360 Surround Sound System ala cinema.Nuansa yang tercipta membawa audience merasakan penghayatan lagu dari musisi top yang dibawakan, sehingga memberikan pengalaman yang High Definition dan berbeda dan baru.

Clas Mild menutup era ini dengan memperkenalkan slogan “Act Now!” sebagai manifestasi dari nilai “Talk Less Do More”, yangmenantang setiap individu untuk melakukan tindakan nyata ke perubahan yang lebih baik

Simply Authentic (2016- sekarang)[sunting | sunting sumber]

Clas Mild semakin merelevansikan mereknya dengan konsumennya melalui slogan “Simply Authentic”yang dikampanyekan mulai 2016. Dengan semangat keterbukaan dan penerimaan terhadap keragaman yang diekspresikan, Clas Mild ingin menjadi partner setiap orang untuk mempertahankan keunikan dirinya dan mengekspresikannya melalui karya yang dapat dinikmati bersama dengan komunitasnya.

Tak sedikit penghargaan telah diraih oleh Clas Mild, misalnya[8]:

1.      Top Brand: Recognition of Outstanding Achievement in Building the Top Brand (2006 – 2013)

2.      30 Top Leader Business and Company Award: Top Company in Original Brand Indonesia of the Year (2012)

3.      International Business and Company Award: The Best Excellence in Innovation of the Year (2011)

4.      Gold Winner: The Most Impactful Brand Activation (2010)

5.      Silver Award: Packaging & Consumer Branding Award LTLN Category (2005)

Konser Musik[sunting | sunting sumber]

Selain mengusung banyak artis musik nasional seperti Nidji, Rossa, Krisdayanti, Sheila on 7, Agnes Monica, Peterpan,  Ari Lasso, Kotak, Coklat, dan lain-lain, brand ini juga bekerja sama dengan artis-artis internasional antara lain:

  1. Akon, Clas Party with Akon di JIExpo Kemayoran, Minggu 13, November 2011[9] 
  2. Westlife, Gravity Tour 2011 di Tennis Indoor Senayan, Rabu, 5 Oktober 2011[10]
  3. Boyzone, Back Again, No Matter What, di Istora Senayan, Jakarta,  Jumat, 22 Mei 2015[11]
  4. Daniel Beddingfield, Hard Rock Cafe Jakarta, 12 Juni 2005[12]
  5. Tata Young, Embassy, Jakarta, Sabtu, 18 November 2006
  6. Boyz II Men, Live in Concert with Agnes Monica di Istora Senayan, Jakarta, 15 Mei 2007
  7. Boy George, Grand Opening Hard Rock Cafe Jakarta, Kamis, 13 Mei 2005

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]