Civilization IV: Beyond the Sword

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Civilization IV: Beyond the Sword
Civilization IV - Beyond the Sword Coverart.png
Pengembang Firaxis Games
Penerbit Take Two Interactive
Penyalur 2K Games
Penggerak Gamebryo
Platform Windows XP, Windows Vista
Tanggal rilis

AUS 18 Juli 2007
UK 20 Juli 2007
USA 23 Juli 2007

[1][2]
Genre Permainan strategi berbasis giliran
Mode Single player, multiplayer

Civilization IV: Beyond the Sword adalah ekspansi resmi kedua dari permainan strategi berbasis giliran, Civilization IV.[3] Ekspansi ini berfokus pada penambahan konten pada periode permainan setelah penemuan mesiu, dan memasukkan lebih banyak konten umum seperti 11 skenario baru, 10 peradaban baru, dan 16 pemimpin baru.[4][5]. Ekspansi ini merupakan ekspansi permainan video Civilization IV yang terbersar.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

  • Korporasi: Sebuah fitur baru permaian, mirip seperi fitur 'agama', memungkinkan pemain untuk membuat korporasi dan menyebarkannya ke seluruh dunia. Setiap korporasi menyediakan manfaat sebagai ganti dari sumber daya.
  • Spionase: Sekarang tersedia lebih awal di permainan, fitur yang diperluas ini menawarkan pemain banyak jalan untuk memata-matai musuh, mengendalikan keresahan warga dan melindungi rahasia pemerintah mereka.
  • Kejadian Acak: Kejadian Acak (Random Events) baru seperti bencana alam, permohonan bantuan, atau permintaan dari rakyat akan menantang pemain untuk mengatasi rintangan agar peradabannya sejahtera. Kekadian acak juga dapat bermanfaat, seperti trobosan ilmiah atau kejadian yang meningkatkan hubungan dengan tetangga.
  • Advanced Start: Ketika memulai permainan di berbagai era, opsi baru ini memungkinkan pemain untuk membeli komponen agar menjadi bangsa yang telah terbangun.
  • Perluasan Kemenangan Antariksa: Memperoleh sebuah kemenangan antariksa sekarang lebih sulit dan membutuhkan lebih banyak strategi dan keahlian dalam mengambil keputusan daripada yang sebelumnya.
  • Perluasan Kemenangan Diplomatis: Sekarang mungkin dapat mencapai kemenangan diplomatis lebih awal di permainan, dan untuk menentang resolusi.
  • Opsi Permainan Baru: Beyong the Sword menawarkan berbagai opsi permainan baru, seperti tipe dunia baru dan pilihan untuk memainkan kombinasi pemimpin-peradaban apapun.

Korporasi[sunting | sunting sumber]

Korporasi menjadi tersedia dengan ditemukannya Teknologi. Masing-masing dari tujuh korporasi yang tersedia membutuhkan tipe Great Person tertentu, teknologi tambahan tertentu, dan akses ke sumber daya tertentu untuk membangun markas besar korporasi dan mendirikan korporasi itu; masing-masing dari tujuh korporasi hanya bisa dibangun sekali tiap permainan. Setiap Korporasi mengonsumsi sumber daya tertentu, sebagai gantinya menyediakan sumber daya alternatif atau manfaat lain. Makin banyak contoh sumber daya yang mereka konsumsi, makin banyak makanan, produksi, niaga, atau sumber daya yang mereka suplai. Korporasi dapat disebarkan seperti agama (dengan menggunakan unit Eksekutif sebagai misionari) ke kota lain, termasuk kota asing; kota apapun yang menyelenggarakan cabang Korporasi harus membayar biaya pemeliharaan untuk pelayanannya, sementara pemiliki Markas Besar Korporasi menerima emas bonus untuk setiap cabang.

Pemain dapat menghalangi korporasi asing beroperasi di kotanya menggunakan Mercantilism civic, dan mereka dapat menghalangi semua korporasi, bahkan yang milik mereka sendiri dengan menggunakan State Property civic.

Sejauh ini, tujuh korporasi berikut muncul di permainan. Tidak seperti agama, korporasi tidak secara langsung berdasarkan korporasi yang ada di dunia nyata, tapi beberapa opsi adalah referensi bersih untuk perusahaan yang nyata seperti General Mills atau Standard Oil:

  • Standard Ethanol Company[6] menawarkan pemain, setelah penggunaan seorang Great Scientist untuk membangun markas besarnya,[7] kemungkinan untuk menyediakan minyak sebagai ganti atas jagung, gula, atau nasi.
  • Cereal Mills[6][8] menyediakan makanan tambahan untuk sebuah kota dalam bentuk sereal, sebagai ganti atas jagung, beras, atau gandum. Pemain dapat membangun markas besarnya dengan seorang Great Merchant.[7]
  • Creative Constructions[9] menyediakan produksi ekstra dan budaya sebagai ganti atas tidak terpakainya sumber daya strategis seperti besi, tembaga, batu, or marmer. Seorang Great Engineer dapat membuat sebuah markas besar Creative Constructions.[10]
  • Aluminum, Co.[9] menyediakan Aluminum sebagai ganti untuk Batu bara. Markas besarnya dapat dibuat oleh seorang Great Scientist.[10]
  • Civilized Jewelers membutuhkan teknologi Mass Media [7] dan buuh seorang Great Artist untuk membuat markas besarnya. Korporasi ini mengonsumsi emas, perak, atau permata untuk menghasilkan pemasukan dana dan budaya.[10]
  • Mining Inc. markas besar korporasi dapat dibangun dengan seorang Great Engineer.[11] Korporasi ini mengonsumsi batu bara, besi, tembaga, emas atau perak dan meningkatkan produksi sebuah kota.
  • Sid's Sushi Co. membutuhkan penemuan teknologi Medicine[7] dan penggunaan seorang Great Merchant untuk membangun markas besarnya. Korporasi ini menggunakan ikan, kepiting, kerang atau beras untuk menyediakan makanan dan budaya ekstra kepada kota-kota. Korporasi ini diberi nama atas Sid Meier,[10] pembuat seri Civilization.

Spionase[sunting | sunting sumber]

Kepentingan spionase di Civilization IV telah ditingkatkan untuk membandingkannya dengan riset ilmiah, budaya, pendapatan dari pajak, dll. Slider spionase yang baru memungkinkan pemain untuk mengalihkan sebagian pemasukan mereka ke aktivitas spionase melawan peradaban lain. Sekalinya pemain telah mencapai ambang penanaman spionase tertentu, pemain mulai mendapatkan beberapa manfaat kecerdasan otomatis atas peradaban lain.

Pemain juga dapat mengirim unit Mata-mata ke wilayah asing untuk mengumpulkan kecerdasan lebih lanjut dan melaksanakan berbagai misi penghancuran dan propaganda. Peran mereka agak berbeda karen sekarang mata-mata kasat mata ke semua unit.[12] Great Spies lahir di kota-kota, sama seperti Great Persons yang lain. Great Spies dapat melaksanakan fungsi tertentu seperti melayani sebagai Spesialis, memulai Masa Kejayaan, atau membangun bangunan tertentu. Fungsi spesial mereka memungkinkan mereka untuk masuk ke kota-kota musuh, memberikan pemain keuntungan signifikan di spionase atas peradaban itu. Seperti Great Persons yang lain, mereka memiliki nama unik, dan penampilannya berganti tergantung kepada masa, contoh, seorang Great Spy di era kuno muncul sebagai ninja, di era industri, Great Spy muncul dengan gaya tuxedo James Bond, lengkap dengan musik tema saat melakukan misi yang mirip.[13]

Sebaliknya, spionase telah menjadi seperti rintangan dalam mencapai kemenanga diplomatis. Aksi menangkap mata-mata yang dikendalikan oleh AI musuh akan menrusak hubungan diplomatis dengan pemain-pemain memaksamu ke hubungan negatf yang kamu tak bisa kembali lagi. Bahkan AI yang bersahabat berpotensi dapat memiliki -10 poin tersembunyi dari mata-mata yang tertangkap yang akan tidak memungkinkan sebuah kemenangann diplomatis, walaupun lewat kemurahan hati yang menjadi-jadi akan sumber daya, teknologi, emas, dan semua usaha lain untuk meniadakan statistik negatif yang besar. (Ini dapat dicoba dengan menyimpan sebuah permainan dalam proses, pemain lawan CPU dan melanjutkannya dengan pemain di posisi AI).

Kejadian Acak[sunting | sunting sumber]

Perluasan ini memperkenalkan kembali gaya kejadian acak Sim City dan Alpha Centauri dari permainan Civilization yang orisinil, yang dapat menyebabkan permainan mengayunkan kemurahan hati pemain atau menghadirkan masalah lain yang harus diatasi pemain. Terdapat lebih dari seratus kejadian, termasuk bencana alam seperti gempa bumi yang dapat menghancurkan bangunan dan pernikahan diplomatis yang dapat membalikkan rival menjadi teman. Bersama-sama, kejadian-kejadian baru ini memberi setiap permainan sebuha rasa yang sepenuhnya unik.[14] In addition, each game offers players the opportunity for rewards through the completion of special events in the form of missions ("quests").[15]

Beberapa contoh dari Kejadian Acak ini termasuk:

Advanced starts[sunting | sunting sumber]

Advanced Starts adalah sebuah fase persiapan (setup) sebelum permainan untuk membeli kota-kota, improvements, bangunan, teknologi, dan unit. Ini bekerja di single-player ataupun multi-player. Pemain memutuskan apa yang dibeli dan di mana menaruhnya. Ketika semua pihak selesai, permainan mulai dan pemain mengendalikan kekaisaran yang secara relatif seimbang dan maju dengan infrastruktur yang bekerja. Mekanisme ini cocok kepada mereka yang ingin langsung dan mengalami sebuah permainan yang seimbang di era yang lebih jauh tanpa harus memulainya dari zaman batu.

Perluasan Kemenangan Antariksa[sunting | sunting sumber]

Untuk mencapai kemenangan antariksa, permainan sekarang membutuhkan kapal luar angkasa pemain untuk mencapai Alpha Centauri, ketimbang dengan peluncuran mudah. Sekarang juga mungkin untuk membangun kapal luar angkasa yang terbang lebih cepat daripada yang dari peradaban lainnya, sehingga pemain dapat mencapai kemenangan antariksa bahkan jika mereka selesai membangun sebuah kapal luar angkasa setelah yang lain.

Perluasan Kemenangan Diplomatis[sunting | sunting sumber]

Bangunan keajaiban yang baru, Istana Apostolik, memungkinkan pemain untuk memenangkan kemenangan diplomatis lebih awal, berabad-abad sebelum PBB. Bangunan keajaiban itu terikat dengan agama negara yang dianut oleh peradaban yang membuatnya. Bergantung kepada pengaruh dari agama Istana di peradaban mereka, pemain mendapatkan suara untuk memilih dalam dekret-dekret seperti perang suci, embargo perdagangan, atau usaha damai. Ini kemudia ditampik dengan komunisme dan dibuat tidak terpakai oleh media massa. Dalam hal ini, PBB yang lebih modern mengambil alih banyak dari fungsinya.[18]

Opsi permainan baru[sunting | sunting sumber]

Perluasan ini menawarkan berbagai tipe dunia baru dan opsi permainan. Pemain akan memiliki opsi untuk bermain sebagai kombinasi pemimpin-peradaban manapun. Juga, fitur baru adalah opsi untuk hanya berdagang jauh teknologi yang diriset pemain. Akhirnya, pemain dapat memilih agama yang didirikan oleh teknologi tertentu, sehingga agama yang sama tidak akan dominan di setiap permainan.[19]

Konten baru[sunting | sunting sumber]

Layar judul menggambarkan Katerdal Florensia, tapi itu tidak tampak di permainan.

Konten baru termasuk:

Peradaban Unit Unik Bangunan Unik Pemimpin Ibukota
Amerika Navy SEAL Mall Washington, Lincoln, Roosevelt Washington
Arab Pemanah Berunta Madrasah Saladin Mekkah
Aztek Jaguar Altar Pengorbanan Montezuma Tenochtitlan
Babylonia Pemanah Taman Hammurabi Babylon
Belanda Orang India Timur Dyke Willem van Oranje Amsterdam
Bizantium Cataphract Hippodrome Justinian Konstantinopel
Celt Gallic Swordsman Dun Brennus, Boudica Bibracte
Ethiopia Oromo Warrior Stele Zara Yaqob Aksum
Inggris Redcoat Bursa Saham Elizabeth, Victoria, Churchill London
India Pekerja Cepat Mausoleum Asoka, Gandhi Delhi
Inka Quechua Terasering Huayna Capac Cuzco
Jepang Samurai Pabrik Serpih Tokugawa Kyoto
Jerman Panzer Assembly Plant Frederick, Bismarck Berlin
Kartago Tentara Bayaran Numidia Cothon Hannibal Kartago
Khmer Gajah Ballista Baray Suryavarman II Yasodharapura
Korea Hwacha Seowon Wang Kon Seoul
Mali Skirmisher Percetakan uang logam Mansa Musa Timbuktu
Maya Holkan Lapangan Bola Pacal II Mutal
Mesir Kereta kencana Obelisk Hatshepsut, Ramesses II Thebes
Mongol Keshik Ger Genghis Khan, Kublai Khan Karakorum
Ottoman Janissary Hammam Mehmed II, Suleiman yang Agung Istanbul
Persia Immortal Apotek Cyrus II, Darius I Persepolis
Portugis Kerakah Feitoria Joao II Lisbon
Prancis Musketeer Salon Louis XIV, Napoleon, de Gaulle Paris
Pribumi Amerika Dog Soldier Totem Pole Sitting Bull Cahokia
Romawi Praetoria Forum Julius Caesar, Augustus Caesar Roma
Romawi Suci Landsknecht Rathaus Charlemagne Aachen
Rusia Cossack Institut Penelitian Peter, Catherine, Stalin Moskow
Spanyol Conquistador Citadel Isabella Madrid
Sumeria Eannatum Ziggurat Gilgamesh Uruk
Tionghoa Cho-Ko-Nu Paviliun Qin Shi Huang, Mao Zedong, Taizong (di versi Cina) Beijing
Viking Berserker Pos Perdagangan Ragnar Nidaros
Yunani Phalanx Odeon Iskandar yang Agung, Pericles Athena
Zulu Impi Ikhanda Shaka Ulundi

Perubahan Umum[sunting | sunting sumber]

  • Peningkatan di AI (Kecerdasan Buatan) untuk permainan yang lebih sulit di seluruh tingkat kesulitan. AI akan mencoba lebih banyak cara untuk menang daripada sebelumnya. Ia juga lebih baik saat peperangan (terutama operasi angkatan laut) dan pengaturan ekonomi.[20]
  • Unit awal permainan sekarang memiliki gaya dan pola kedaerahan yang berbeda.
  • Rute dagang samudra di atas peta yang meningkatkan kepentingan angkatan laut[21]
  • Koloni dapat berpisah dari tanah airnya untuk membentuk peradaban baru[22]
  • Layar laporan luar negri telah diperiksa secara teliti.[20]
  • Beyond the Sword memasukkan beberapa hal dari perluasan yang sebelumnya Warlords, terutama fitur inti permainan, tetapi tidak untuk skenarionya (Warlord).[20]

Skenario Baru[sunting | sunting sumber]

Perluasan ini memberi 11 skenario baru, beberapa dikembangkan oleh komunitas penggemar,[5] dan dengan kritis diterima baik.[23] Skenario berikut dimasukkan.[15][24][25][26][27]

  • Afterworld

Skenario pemain tunggal ini didesain oleh Tim McCracken dari Firaxis menyediakan sebuah tema Fiksi Ilmiah/Horror/Role Playing Game sekelompok Gravebinger dikirim ke sebuah dunia yang dihuni oleh robot manusia untuk mendapatkan kembali penelitian. Dalam skenario berbasis taktik regu ini, pemain harus bertarung melawan zombie dan undead. Skenario ini tidak biasa karena tidak mengandung banyak aspek dari Civilzation IV seperti pemimpin, kota, atau teknologi.[15][28]

  • Broken Star

Rusia pecah, dan sebuah perang saudara datang. Untuk menyatukan tanah air, pemain harus membeli unit dari Amerika Serikat atau peningkatan promosi dari Pasar Gelap Cina; mewajibmiliterkan rakyat atau menyogok pasukan musuh; atau bahkan mengeluarkan senjata terakhir di persenjataan hari akhir, bom nuklir.[15] Beberapa bangsa termasuk

  • Koalisi Umum
  • Pemberontak
  • Perang Charlemagne

Perang ini berdasar kepada perang yang dilakukan oleh raja Frank dan kaisar selanjutnya Charlemagne di Eropa selama akhir-akhir abad ke-8 dan awal-awal abad ke-9. Skenario ini memperkenalkan sejumlah unit Pertengahan seperti Infantri berkuda dan Kereta Penyuplai. Pemain mendapatkan rasa suka dari Roma dengan menyebarkan Kristen dan menghancurkan Islam. Ketika seorang pemain mendapatkan cukup rasa suka, dia akan dihadiahi dengan Papal Pikeman yang kuat. [29] Beberapa pemimpin dan bangsa yang tersedia termasuk...

  • CIV Defense

Dalam CIV Defense, Civilization IV menjadi sebuah tower defense pemain tunggal, di mana pemain memulai dengan sejumlah kecil uang untuk membeli sebuah advanced start untuk mendapatkan sebuah kota sebelum permainan dimulai. Pemain dikonfrontasi dengan 20 gelombang musuh yang mencoba untuk merebut kota-kota mereka. Di antara setiap gelombang penyerangan, pemain mendapatkan emas dari setiap kota yang bertahan, menggunakannya untuk mendapatkan unit, kota, dan teknologi baru.[27]

  • Crossroads of the World!

Sebuah skenario berlatar akhir-akhir abad pertengahan di mana pemain mengukir keberuntungan dari kekayaan Afrika, Arab, dan Persia abad ke-14. Kemenangan dapat dicapai dengan berdagang, berkhianat, dan mentempuri jalan seseorang ke arah kuasa akan Crossroads of the World.[15]

  • Fall from Heaven: Age of Ice

Sebuah skenario beralur berat fantasi berlatar dalam dunia Erebus, rumah dari Fall from Heaven yang terkenal, mod publik[30] dan dibuat dengan kerjasama antara staf Firaxis dan anggota tim mod.

Skenario bermula 350 tahun ke Zaman Es (Age of Ice). Mulcarn, Dewa Musim Dingin, berkuasa dan dunia sedikit lebih dari tanah kosong yang membeku yang diserang oleh badai. Umat manusia telah kehilangan pengetahuan yang diperoleh selama era yang sebelumnya dan telah pecah ke suku-suku kecil yang bertarung untuk bertahan. Pemain mengendalikan Kylorin, pahlawan abadi, yang perlu untuk mengembalikan kepingan dari pedang legendaris The Godslayer, dan mengalahkan Mulcarn dengan itu.

  • Final Frontier

Skenario Final Frontier mengubah Civilization ke antariksa dengan pohon teknologi, unit, dan terrain yang baru. Seginya adalah koloni luar angkasa yang berbeda yang sekarang telah kehilangan kontak dengan Bumi. Selama jalannya skenario, petunjuk tentang apa yang terjadi di planet rumah manusia terungkap. Fokusnya tidak terhadap membangun kota, tetapi mengkoloni seluruh sistem tata surya.[31]

  • Gods of Old

Gods of Old adalah permainan yang standar, berdasar kepada prinsip-prinsip dari agama Sumeria. Masing-masing dari tujuh Dewa-Dewa Sumeria Kuno dalam permainan memiliki kemampuan istimewa dan dapat melepaskan bencana seperti gempa bumi dan banjir.[5]

  • Next War

Sebuah skenario fiksi ilmiah futuristik dengan tentara kloning dan unit termekanik berlatar pada tahun 2050-an. Skenario ini tersedia sebagai sebuah perluasan di permainan yang dahsyat sebagus menjadi skenario standalone.

Dunia terbagi menjadi empat kekaisaran besar: The Pan-Asiatic People Co-Operative dipimpin oleh The Glorious Leader, Qin Shi Huang (Cina, Jepang, Siam, dan Rusia Timur), America Inc. dipimpin oleh Mr. Big, George Washington (Amerika Utara, Britania, Selandia Baru, dan Australia), The Great Southern Empire dipimpin oleh The Lady, Hatshepsut (Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Selatan), dan Europa dipimpin oleh His Excellency (Alexander the Great) (Eropa, Aljazair, Turki, and Rusia Barat). Kau juga dapat membuat Bom Biologis untuk menghancurkan kekaisaran lain dan bom Nuklir untuk menimbulkan lebih banyak kerusakan.[15][32]

Hampir semua peradaban standar yang tersedia di Beyond the Sword dibuat bisa dimainkan di lokasi sejarah dan geografisnya yang pantas. Fitur-fitur seperti nama kota sejarah yang dinamis, kemenangan sejarah yang unik, dan sistem kemampuan yang baru meningkatkan baik perasaan historis maupun permainannya. Pengaturan AI mendorong dunia untuk berkembang di jalan yang mirip kepada sejarah asli, namun dengan unsur tak terkira untuk menjaga permainan segar.[15]

  • World War II: Road to War

Bermain sebagai Sekutu atau Axis di Teater Eropa bermula pada 1936 atau 1939 atau di Teater Pasifik bermula pada 1936 di Perang Dunia II. Beberapa negara yang dapat dimainkan adalah Jerman (Wakil Kanselir Von Papen), Jepang (Admiral Yamamoto), Amerika Serikat (Presiden Roosevelt), Prancis (De Gaulle), Britania Raya (Churchill), dan USSR (Stalin).[15][33]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Civilization IV Fanatics' Center: Civ4 Beyond the Sword Info Center
  2. ^ Amazon.de: Civilization 4: Beyond the Sword (Add-On): Games
  3. ^ Boyes, Emma (2006-07-24). "Civilization IV expands - PC News at GameSpot". Gamespot.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  4. ^ "Firaxis Games: Games: Sid Meier's Civilization IV: Beyond The Sword". Firaxis.com. 2009-07-23. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  5. ^ a b c d "Sid Meier's Civilization IV: Beyond the Sword". 2kgames.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  6. ^ a b "PC Gamer BTS preview - Civilization Fanatics' Forums". Forums.civfanatics.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  7. ^ a b c d Butts, Steve. "IGN: Civilization IV: Beyond the Sword Preview". Pc.ign.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  8. ^ "BTS Pre-release Chat with Firaxis (CHAT LOGS) - Civilization Fanatics' Forums". Forums.civfanatics.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  9. ^ a b Mantzaris, Alex. "IGN: Sid Meier's Civilization IV: Beyond the Sword". Pc.ign.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  10. ^ a b c d "IGN: Civilization IV: Beyond the Sword Image". Media.pc.ign.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  11. ^ "IGN: Civilization IV: Beyond the Sword Image". Media.pc.ign.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  12. ^ Ocampo, Jason (2007-07-23). "Civilization IV: Beyond the Sword Impressions - First Look, New Factions, Espionage, End Game - PC News at GameSpot". Gamespot.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  13. ^ "BTS Pre-release Chat with Firaxis (Q&A) - Civilization Fanatics' Forums". Forums.civfanatics.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  14. ^ Ocampo, Jason (2007-07-23). "Civilization IV: Beyond the Sword Impressions - First Look, New Factions, Espionage, End Game - PC News at GameSpot". Gamespot.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  15. ^ a b c d e f g h "Civilization 4:Beyond the Sword". BigPond Game Arena. Diakses tanggal June 28, 2007. 
  16. ^ a b c d e f g Melville, Richard (May 25, 2007). "Preview - Civilization IV:Beyond The Sword". Eurogamer. p. 1. Diakses tanggal June 18, 2007. 
  17. ^ Adams, Dan. "IGN: Civilization IV: Beyond the Sword Preview". Pc.ign.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  18. ^ "Civ IV: Beyond the Sword Info Center - Civilization Fanatics' Forums". Forums.civfanatics.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  19. ^ Gibson, Sam (2007-06-03). "Civilization IV: Beyond the Sword with Alex Mantzaris - interview - play". Play.tm. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  20. ^ a b c "BTS: More from Alex Mantzaris - Civilization Fanatics' Forums". Forums.civfanatics.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  21. ^ 18:37. "Beyond the Sword: Alex Mantzaris Interview! - Apolyton Civilization Site Forums". Apolyton.net. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  22. ^ Mantzaris, Alex. "IGN: Sid Meier's Civilization IV: Beyond the Sword". Pc.ign.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  23. ^ "Civilization IV: Beyond the Sword Review". CVG. Rounding out BtS is a selection of mods and scenarios. Some are the best of the mod scene, others Firaxis designs. Sadly for Firaxis, it's the already existing mods that shine - the excellent fantasy-set Fall from Heaven, the intriguing, history-following Rhye's and Fall of Civilization, and WWII: The Road to War. 
  24. ^ "Civilization Fanatics' Forums - View Single Post - BTS to include Fall from Heaven?". Forums.civfanatics.com. 2007-05-30. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  25. ^ "BtS: The Twelve Scenarios/Mods - Civilization Fanatics' Forums". Forums.civfanatics.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  26. ^ "Civilization Fanatics' Forums - View Single Post - Civ IV: Beyond the Sword Info Center". Forums.civfanatics.com. 2007-05-30. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  27. ^ a b Butts, Steve. "IGN: Pre-E3 2007: Civilization IV: Beyond the Sword". Pc.ign.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  28. ^ "Firaxis Games: Games: Sid Meier's Civilization IV: Beyond The Sword". Firaxis.com. 2009-07-23. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  29. ^ Adams, Dan. "IGN: Civilization IV: Beyond the Sword Preview". Pc.ign.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  30. ^ Butts, Steve. "IGN: Fall from Heaven: Age of Ice". Pc.ign.com. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  31. ^ Richard Melville (2007-05-25). "Civilization IV: Beyond The Sword Preview // PC /// Eurogamer". Eurogamer.net. Diakses tanggal 2009-12-14. 
  32. ^ [1][pranala nonaktif]
  33. ^ "Dales Civilization IV Mod Site!". Rtw.apolyton.net. 2008-08-01. Diakses tanggal 2009-12-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]