Citra biner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Citra biner dengan warna hitam dan ungu

Citra biner (disebut juga citra dwiwarna) adalah citra yang terdiri dari piksel-piksel yang berwarna salah satu dari dua warna yang ada, biasanya hitam dan putih. Citra ini menyimpan tiap piksel dalam bit tunggal, yaitu 0 atau 1. Istilah-istilah hitam dan putih dan monokrom sering dipakai untuk konsep ini, tetapi juga bisa dipakai untuk citra yang memiliki satu sampel per piksel, misalnya citra berderajat keabuan.

Citra biner kerap muncul dalam pengolahan citra digital sebagai masker atau pengambangan serta dalam pembauran galat. Beberapa perangkat masukan/keluaran, seperti pencetak laser dan mesin faksimile, hanya mendukung citra dwiwarna.

Sebuah citra biner dapat disimpan dalam memori sebagai bitmap, yaitu larik padat bit-bit. Suatu citra 640×480 membutuhkan 37,5 KB. Karena ukurannya yang kecil, mesin faks biasa menggunakan format ini. Kebanyakan citra biner juga dapat dikompres dengan baik menggunakan kompresi panjang bergerak (RLE).

Citra biner dapat diartikan sebagai himpunan bagian dari kekisi bilangan bulat dua dimensi Z2. Bidang pengolahan citra morfologis terpengaruh kuat oleh sudut pandang ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]