Citra Niaga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Citra Niaga merupakan kawasan pusat perdagangan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur dengan luas sekitar 2,7 hektare[1] yang dirancang untuk menyediakan tempat usaha bagi pedagang kecil (60%) serta pedagang besar dan menengah (40%). Citra Niaga dibangun pada tanggal 27 Agustus 1987.[2] Lokasinya adalah bekas tempat bernama Taman Hiburan Gelora yang terbakar. Kondisi saat itu jumlah penduduk Samarinda baru sekitar 300.000 orang dan memerlukan pusat belanja dan rekreasi.[3] Awal dari alasan kawasan ini didirikan adalah sebagai peremajaan kawasan sekitar, yang kemudian diinterpetasikan sebagai usaha untuk mengubah citra dan wajah salah satu kawasan tua, kumuh, padat, buruk, kotor, tidak terukur di Samarinda menjadi kawasan perdagangan baru yang bersih, fungsional dan berestetika. Pusat Kegiatan karya arsitek Antonio Ismael ini pernah memperoleh perhargaan internasional Aga Khan Award for Architecture (AKAA) pada tahun 1989.[4][5] Saat itu Citra Niaga bersaing dengan kandidat Bandara Soekarno-Hatta dan akhirnya Citra Niaga-lah yang terpilih menerima penghargaan tersebut.

Perubahan fungsi dan pembangunan kembali[sunting | sunting sumber]

Sebagian bangunan Citra Niaga di sisi timur telah mengalami perubahan fungsi. Bangunan berlantai dua dengan struktur permanen tersebut awalnya memiliki gang (alley) di bagian dalam yang bisa dilalui pengunjung dengan penghawaan alami. Selanjutnya seluruh bagian tersebut ditutup dan berubah menjadi sebuah department store yang tertutup. Menyisakan bagian barat untuk pedagang kecil dan plaza di tengah.

Citra Niaga mengalami kebakaran pada 31 Oktober 2006 dan kemudian dibangun kembali namun tidak persis sama dengan kondisi awal dibangun dan merupakan pusat kerajinan tradisional di kota Samarinda. Perubahan terjadi pada bahan bangunan dimana sebelumnya seluruh bahan dinding dan atap dari sirap kayu ulin, diganti dengan bahan-bahan non kayu dan non kayu ulin.

Zona perdagangan Citra Niaga[sunting | sunting sumber]

Zona Perdagangan Citra Niaga dibagi menjadi 3 zona, diantaranya kuning yaitu area perukoan (rumah-toko), hijau yaitu area kios kecil, dan biru sebagai area toko pedagang, sementara plaza berada ditengah (centre) kawasan. Persyaratan fungsional bangunan ini terdiri dari:

  1. 141 toko yang diatur dalam arcade.
  2. 24 kios, disediakan gratis untuk pedagang kaki lima dan pedagang asongan dari golongan berpenghasilan rendah.
  3. 3. Fasilitas publik; termasuk fasilitas infrastruktur dan rekreasi.

Bentuk dan kelompok bangunan[sunting | sunting sumber]

  1. Bangunan ruko
  2. Bangunan kios
  3. Bangunan tower

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]