Citayam, Tajurhalang, Bogor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Citayam
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenBogor
KecamatanTajurhalang
Kode Kemendagri32.01.37.2002 Edit the value on Wikidata
Luas350 ha
Jumlah penduduk11.800 Jiwa
Kepadatan-

Citayam (disebut juga sebagai Citayem) adalah desa di kecamatan Tajurhalang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Desa Citayam memiliki batas wilayah, antara lain sebelah Utara berbatasan dengan wilayah Duren Seribu/Pengasinan; sebelah Selatan berbatasan dengan wilayah Sasakpanjang; sebelah Timur berbatasan dengan wilayah Ragajaya; dan sebelah Barat berbatasan dengan wilayah Pemagarsari.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan peta Tjipajoeng: herzien in de jaren 1899-1900 yang diterbitkan oleh Topographisch Bureau pada 1901, sudah disebutkan nama Citayam yang ditulis dengan ejaan Tjitajam.[2] Menurut peta tersebut, area Citayam meliputi kampung Bojong, Pondok Terong, Rawa Geni, Ratu Jaya, Pabuaran, dan Citayam (Tjitajam). Kemudian, Kampung Citayam dengan beberapa kampung lain yang berdekatan dibentuk menjadi sebuah desa, yang diberi nama Desa Citayam.

Nama Citayam menjadi lebih menonjol terutama ketika Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) membangun Halte Citayam atau Stasiun Citayam sebagai salah satu tempat pemberhentian guna naik-turun penumpang dan barang. Berdasarkan jadwal kereta yang dikeluarkan NISM pada Jumat, 31 Januari 1873 sudah ada empat kereta api yang berhenti di Stasiun Citayam pada waktu itu.[3] Letak stasiun tepat berada di sisi timur setu, yang kemudian dikenal sebagai Setu Citayam.

Citayam dahulu dikenal dengan hasil perkebunannya, terutama karet. Hasil kebun Citayam dibawa melalui jalan pos polisi dan pasar Citayam yang sekarang menuju stasiun Citayam. Kemudian dibuat alternatif melalui setu yang sekarang disebut Jalan Pos (kereta api) Citayam. Perempatan yang terbentuk karena pembuatan jalan alternatif tersebut di sekitar Setu Citayam ini kemudian sering disebut sebagai Simpang (perempatan) Hek.[2]

Wilayah administrasi[sunting | sunting sumber]

Di desa Citayam terdapat 4 kampung:

  1. Kampung Ragamukti
  2. Kampung Kaliputih
  3. Kampung Bulu
  4. Kampung Baru

Transportasi[sunting | sunting sumber]

D 111 (Pasar Citayam - Parung via Tugu Macan, Kalisuren)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kecamatan Tajurhalang". kecamatantajurhalang.bogorkab.go.id. Diakses tanggal 2020-12-29. 
  2. ^ a b "Citayam, Sepenggal Nama dalam Kepingan Sejarah dan Legenda". SINDOnews.com. 2017-02-20. Diakses tanggal 2020-12-29. 
  3. ^ "Heritage - Kereta Api Indonesia". heritage.kai.id. Diakses tanggal 2020-12-29.