Citamiang, Kadudampit, Sukabumi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Citamiang
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenSukabumi
KecamatanKadudampit
Luas325 ha
Jumlah penduduk1.649 Jiwa
Kepadatan-

Citamiang[1] adalah desa di kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia Desa Citamiang merupakan Desa induk yang memiliki cakupan wilayah terluas di wilayah barat kecamatan Kadudampit, dan sekarang keadaannya sudah di pekar menjadi (4 ) empat desa yaitu Desa Citamiang, Desa Sukamanis, Desa Muara Dua dan Desa Cikahuripan, dan pada mulanya Kantor Desa Citamiang terletak di Kp. Cimahigirang Rt. 22/04, dan pada tahun 2000/2001 Masa kepemimpinan Bapak Husen Kantor Desa Citamiang resmi dipindahkan ke Kp. Windusakti Rt.01/01 sampai sekarang.

Pemerintah Desa Citamiang adalah salah satu Desa di Kecamatan kadudampit yang mempunyai Tiga ( 3 ) Kedusunan, yaitu Dusun Citamiang, Dusun Selaawi dan Dusun Cimenteng, 30 Rt dan 05 Rw.

Sebagaimana dimaklumi bahwa wilayah Desa Citamiang bukan merupakan daerah industri namun merupakan daerah agraris, dimana hal tersebut mendorong warga masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan jalan bertani atau meningkatkan keterampilan di segala bidang yang cenderung mendorong warga masyarakat untuk menjadi petani yang profesional dan wiraswasta dibidang lainnya. Mengingat hal tersebut kami telah berupaya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat baik dibidang pertanian, perdagangan dan industri kecil (Home Industri)

Keadaan Sosial penduduk Desa Citamiang adalah 90 % berasal keturunan suku sunda asli dan sebagiannya adalah suku-suku pendatang seperti suku jawa, sumatera, yang berpindah tinggal karena alasan profesi dan lain-lain. Semuanya hidup rukun dan sangat menghargai akan norma dan nilai yang sangat melekat dengan budaya masyarakat.

Keadaan Ekonomi Masyarakat Perdesaan Desa Citamiang adalah sebagian besar terbagi pada tiga bagian, yaitu pertama, sebagai Buruh Tani, kedua sebagai pengrajin dan ketiga sebagai pedagang.

Desa Citamiang mempunyai batas wilayah yang meliputi sebagai berikut

- Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Sukamanis dan Cikahuripan,

- Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Kadudampit dan Desa Gunung Jaya Kecamatan Cisaat

- Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Selajambe Kecamatan Cisaat,

- Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Muara Dua

Dengan jarak fisik ibu kota Desa terletak sebelah selatan ibu kota kecamatan Kadudampit yang berjarak sekitar 6 Km

sumber: Pemerintahan Desa Citamiang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Desa Citamiang". desacitamiangno1.blogspot.co.id. Diakses tanggal 2018-04-12.