Cisumur, Gandrungmangu, Cilacap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cisumur
Desa
[[Berkas:peta desa cisumur
Peta lokasi Desa Cisumur|250px|Lokasi Cisumur]]
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenCilacap
KecamatanGandrungmangu
Kodepos53254
Luas138,6 Km²
Jumlah penduduk9770 jiwa
Kepadatan70 jiwa/km²

Cisumur adalah sebuah desa di kecamatan Gandrungmangu, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia. Terletak di wilayah pantai Selatan pulau Jawa, desa Cisumur mempunyai tipografi dataran yang dikelilingi oleh sungai besar yang bermuara di Segara Anakan yaitu Sungai Cibereum yang melingkari desa Cisumur dari sisi barat hingga sisi bagian selatan.

Geografis

Desa Cisumur berada di dataran rendah dengan wilayah yang didominasi oleh area persawahan. Sungai Cibereum mengalir di sisi sebelah barat hingga ke wilayah paling selatan dan bermuara di Samudera Hindia menjadikan sebagian wilayah desa Cisumur, khususnya di sebelah selatan mempunyai vegetasi khas daerah muara, yaitu dengan banyaknya tumbuhan jenis pohon lontar dan bakau. Sementara di tengah desa Cisumur dialiri saluran irigasi primer (tambahkan detailnya) yang menjadi sumber pasokan utama air baku untuk pertanian dan pemukiman yang ada di sekelilingnya.

Desa Cisumur berada pada ketinggian 10 -15 dpl, namun demikian iklim di desa Cisumur cenderung sama dengan daerah dataran tinggi pada umumnya, pada musim kemarau pagi dan sore hari cenderung berkabut dengan suhu sekitar 18 - 25 derajat celcius, curah hujan sekitar (sebutkan) milimeter per tahun.

Batas Wilayah

Batas wilayah desa Cisumur adalah sebagai berikut:

Sebelah Barat: sungai Cibereum

Sebelah Timur: desa Sidaurip

Sebelah Utara: desa Bulusari

Sebelah Selatan: Kecamatan Kampung Laut

Pembagian Administratif

Desa Cisumur mempunyai 6 Wilayah Administratif yang dikenal dengan Dusun, yaitu:

  1. Dusun Balaipanjang
  2. Dusun Pondok Gede
  3. Dusun Purwadadi
  4. Dusun Wanadadi
  5. Dusun Cisumur
  6. Dusun Dungunsari

Penduduk

Berdasarkan data kependudukan desa Cisumur per Januari 2017 mempunyai polulasi 9770 jiwa yang mendiami wilayah seluas 138,6 Km persegi.

Pemerintahan

Berikut ini adalah Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa Cisumur sesuai dengan Perbub Kabupaten Cilacap Nomor 44 Tahun 2016:

Jabatan Nama
Kepala Desa : Supriyo
Sekretaris Desa : Shofyan Khasani, S.S
Kaur Umum & Perencanaan : Tugimin
Kaur Keuangan : Nyono
Kasi Pemerintahan : Muhlasin
Kasi Kesejahteraan : Slamet
Kasi Pelayanan : Waris
Kadus Balaipanjang : Muhyidin
Kadus Pondok Gede : Haryanto
Kadus Purwadadi : Sukamto
Kadus Wanadadi : Ngadiyo
Kadus Cisumur : SITI ROMLAH
Kadus Dungunsari : Sutarto
BAGAN STOK PEMERINTAH DESA CISUMUR.jpg

Transportasi

Untuk dapat menjangkau desa Cisumur, dapat menggunakan kereta api melalui Stasiun Gandrungmangun atau Bus Antar Kota Antar Provinsi yang mempunyai trayek hingga ke Gandrungmangu dan diteruskan dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Tidak terdapat transportasi umum yang melewati desa Cisumur. Mobilitas warga dari dan menuju ke desa Cisumur umumnya menggunakan kendaraan pribadi berupa Sepeda Motor maupun kendaraan roda empat atau lebih.

Jalur Lintas Selatan Pulau Jawa (JLS) yang direncanakan membentang dari [ ] hingga Pamengpeuk, Garut juga melewati desa Cisumur. Tahun 2017 ini untuk wilayah desa Cisumur baru sampai pada pembebasan lahan. Jika JLS ini sudah selesai dibangun, maka akan semakin memudahkan akses barang dan jasa juga manusia dari dan menuju ke desa Cisumur.

Produk Unggulan

Desa Cisumur merupakan desa yang bercorak agraris dengan kontur tanah yang datar mempunyai area persawahan yang luas dengan disertai pasokan air irigasi yang mencukupi sehingga memungkinkan usaha pertanian yang cukup bagus. Padi merupakan salah satu produk unggulan utama bagi Desa Cisumur disusul palawija dan jeruk

Sejarah terbentyknya desa Cisumur Siapa orang pertama membuka hutan? Dimana pertama kali berdiri pemukiman penduduk? Mengapa duberi nama Ci sumur ?