Cissy Rachiana Sudjana Prawira

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Prof. Dr. dr. Cissy Rachiana Sudjana Prawira-Kartasasmita, Sp.A. (K), M.Sc. (lahir 30 Juli 1947) adalah seorang dokter dan perempuan pertama yang menjabat sebagai direktur Rumah Sakit Hasan Sadikin di Kota Bandung, Jawa Barat.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Sejak kecil Cissy sering dibawa oleh ibunya ke Dokter Hasan Sadikin untuk mendapatkan imunisasi, dan ia selalu memperoleh kesan yang baik dari pelayanan sang dokter yang selalu sabar itu. Pengalaman ini kemudian menjadi salah satu faktor yang mendorongnya untuk memilih bidang kedokteran sebagai kariernya.

Pada 1973 Cissy lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran. Ia melanjutkan studinya dengan mengambil spesialisasi Anak dan lulus pada 1983. Sepuluh tahun kemudian ia memperoleh gelar doktor dari Universitas Katolik Leuven, Belgia, setelah sebelumnya ia memperoleh gelar magister dari sekolah yang sama.

Karier[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus sebagai dokter Spesialis Anak, Cissy mendapat tawaran dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjadi dosen. Karena senang mengajar dan meneliti, tawaran itu diterimanya dan pada 1986 Cissy mulai menjadi dosen.

Pada 1995 ia diminta oleh Dr. Rahman Maas, yang saat itu menjabat sebagai direktur RS Hasan Sadikin untuk menjadi Kepala Bidang Pendidikan dan Penelitian di rumah sakit tersebut. Namun yang dikerjakannya di rumah sakit tersebut lebih mengarah kepada manajemen dalam pendidikan dan penelitian. Sejak itulah Cissy terlibat dalam pengelolaan rumah sakit. Pada 1997, ia diangkat menjadi Wakil Direktur Pelayanan Medis dan Keperawatan.

Pada tahun 2000 ia diminta mengikuti proses penyaringan untuk pengangkatan direktur utama RS Hasan Sadikin dalam bentuk fit and proper test. Pada November 2001 Cissy diangkat ke dalam jabatan tersebut.

Pada 10 Januari 2004, Cissy dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap Ilmu Kesehatan Anak di Universitas Padjadjaran.

Kesibukan lain[sunting | sunting sumber]

Selain menjabat sebagai direktur utama RS Hasan Sadikin, Cissy tetap aktif dalam mengajar di Fak. Kedokteran Unpad, Fak. Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani, di Program Studi Keperawatan dan Program Magister Manajemen Unpad, serta Program Pendidikan Dokter Spesialis. Ia juga masih aktif dalam berbagai kegiatan penelitian bersama rekan-rekannya di Unit Penelitian Kedokteran.

Dalam beberapa waktu belakangan ini, Cissy juga disibukkan dengan penanganan wabah flu burung yang merebak di berbagai tempat di Indonesia.

Cissy juga banyak terlibat dan berbicara dalam berbagai seminar, yang terkait dengan kesehatan anak maupun manajemen rumah sakit. Di tengah-tengah berbagai kesibukannya itu, Cissy juga tetap membuka praktik pribadinya di rumahnya.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Pada 10 April 1977 Cissy menikah dengan Bana Kartasasmita Ph.D., dosen Jurusan Matematika Institut Teknologi Bandung. Mereka memperoleh seorang anak perempuan yang bernama Gumala Asri, lulusan Teknik Planologi ITB, yang kini tinggal di Amerika Serikat.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]