Ciro Alegría

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ciro Alegría
Penulis Peru Ciro Alegría
LahirCiro Alegría Bazán
4 November 1909 (1909-11-04)
Sartimbamba, La Libertad Peru
MeninggalNot recognized as a date. Years must have 4 digits (use leading zeros for years < 1000). (aged Kesalahan ekspresi: Operator < tak terduga)
Distrik Chaclacayo, Lima
KebangsaanPeru
Dikenal atasNovelis, penulis, jurnalis
Karya terkenalEl Mundo es ancho y ajeno

Ciro Alegría Bazán (4 November 1909 – 17 Februari 1967) adalah seorang jurnalis, politikus, dan novelis Peru.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir di Distrik Huamachuco, ia menyoroti masalah-masalah penduduk asli Peru sesambil memahami gaya hidup mereka. Pemahaman tentang bagaimana mereka keluhkan menjadi fokus pada novel-novelnya. Ia masuk Universitas Trujillo, dan bekerja sebagai jurnalis untuk surat kabar El Norte.

Pada 1930, Alegría ikut gerakan Aprista, yang bertujuan untuk reformasi sosial serta mewujudkan kesejahteraan penduduk asli Peru. Ia ditahan beberapa kali karena kegiatan politiknya sebelum akhirnya diasingkan ke Chili pada 1934.

Ia masih berada di pengasingan baik di Chili dan kemudian di Amerika Serikat sampai 1948. Kemudian, ia mengajar di Universitas Puerto Rico, dan menulis tentang revolusi Kuba saat di Kuba. Novel terkenalnya, Broad and Alien is the World (1941) atau El mundo es ancho y ajeno, memenangkan Penghargaan Novel Amerika Latin pada 1941, dan membuatnya meraih perhatian internasional. Novel tersebut menjelaskan tentang komunitas Andean, yang tinggal di dataran tinggi Peru. Buku tersebut kemudian diterbitkan di Amerika Serikat dan telah dicetak ulang beberapa kali dalam berbagai bahasa.

Alegría kembali ke Peru pada 1957. Ia bergabung dengan partai Presiden Fernando Belaúnde Terry (Acción Popular) dan terpilih pada Dewan Deputi pada 1963. Ia wafat di Lima, Peru pada 17 Februari 1967. Setelah ia meninggal, jandanya menerbitkan beberapa esaynya dan melaporkan bahwa ia telah menulis untuk berbagai surat kabar. Ia berusia 58 tahun.

Karya[sunting | sunting sumber]

Ciro Alegria menerbitkan karya-karya berikut ini:

  • La serpiente de oro ("Ular emas")
  • Los perros hambrientos ("Anjing-anjing lapar")
  • El mundo es ancho y ajeno ("Broad and Alien is the World", ISBN 0-85036-282-2 Merlin Press, Britania Raya).
  • Duelo de caballeros ("Duel orang gentle")
  • La leyenda del nopal ("legenda kaktus")
  • Las aventuras de Machu Picchu ("Kisah Petualangan Machu Picchu")

Referensi[sunting | sunting sumber]