Cino Moscatelli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangCino Moscatelli

Nama dalam bahasa asli(it) Vincenzo Moscatelli
Biografi
Kelahiran3 Februari 1908
Novara
Kematian31 Oktober 1981 (73 tahun)
Borgosesia
Member of the Chamber of Deputies of the Italian Republic
5 Juni 1958 – 15 Mei 1963
Member of the Chamber of Deputies of the Italian Republic
18 Juni 1953 – 11 Juni 1958
Member of the Italian Senate
18 April 1948 –
Member of the Constituent Assembly of Italy
13 Juni 1946 – 31 Januari 1948
Mayor of Novara
1945 – 1945
← tanpa nilai – Ermanno Lazzarino →
Kegiatan
Pekerjaanpolitikus, partisan (militer)
Partai politikPartai Komunis Italia
Penghargaan

Vincenzo Moscatelli, lebih dikenal sebagai Cino Moscatelli (3 Februari 1908 – 31 Oktober 1981) adalah seorang Partisan dan Politikus Italia, dan juga menjadi pemimpin Brigade Garibaldi Valsesia selama Perlawanan Italia yang menjadi salah satu pemimpin yang terkenal dan dihormati karena kehebatannya dalam membentuk Formasi dalam pertempuran[1] melawan Nazi Jerman

Biografi[sunting | sunting sumber]

Vincenzo Moscatelli (Cino) lahir di Novara pada 3 Februari 1908, di distrik pekerja Sant'Andrea, dari pasangan Enrico dan Carmelita Usellini. Anak keempat dari tujuh; ayah pekerja kereta api, ibu rumah tangga, dibesarkan di pinggiran kota Novara dan mulai menghadiri Circolo Ferrovieri dari usia yang sangat muda, "sarang 'merah' dan revolusioner".

Pada akhir kelas enam ia meninggalkan studinya untuk mencari pekerjaan, pertama sebagai magang di pabrik Rumi, kemudian berkat kursus profesional yang diikuti di malam hari, dia menjadi pekerja sebagai turner di bengkel mekanik Novara. Sejak usia sangat muda ia menghadiri klub pekerja pekerja kereta api di Novara, mengorganisir pemogokan untuk memprotes kurangnya kayu yang digunakan untuk memanaskan sekolah, juga melibatkan anak laki-laki sekolah menengah, menentang ballila pada Juli 1922, selama apa yang disebut pertempuran Novara yang melihat fasis dan anti-fasis berhadapan, berpartisipasi dalam pembelaan Kamar Buruh setempat.

Selama pemogokan yang diselenggarakan olehnya pada tahun 1925 ia bergabung dengan pemuda Komunis dan berpartisipasi dalam kegiatan klandestin. Sementara itu, ia bekerja di pabrik di Novara dan Milan, di mana ia mulai bekerja di Alfa Romeo dan kemudian di Cerutti. Pada tahun 1927, dia dipaksa untuk ekspatriat ke Swiss : dekat Basel dia menghadiri sekolah PCI. Setelah sekarang menjadi pejabat organisasi klandestin Partai Komunis Italia (PCd'I), ia menghadiri sekolah partai lain di Berlin sampai, pada Oktober 1927, ia dikirim ke Moskow di mana ia tinggal sampai Januari 1930 untuk pindah ke Prancis. dan bekerja di pusat asing partai.

Bersama Pietro Secchia ia menulis The Struggle of Proletar Youth Against Fascism , sebuah libretto yang didistribusikan secara sembunyi-sembunyi di Italia (Secchia juga membantu dalam volume Il Monte Rosa turun di Milan. Perlawanan di Biellese, di Valsesia, di Valdossola, Turin 1958 ).

Dia kembali ke Italia dengan nama palsu dan melakukan kegiatan politik sebagai sekretaris antar wilayah Federasi Pemuda Komunis Italia (FGCd'I) untuk Emilia Romagna setelah kebijakan baru yang diresmikan oleh Komunis Italia setelah 'pembalikan poin', diputuskan oleh Kongres VI Komunis Internasional (1928) dan Pleno ke-10 komite eksekutifnya (1929), yang menyediakan, antara lain, untuk dimulainya kembali aktivitas klandestin di Italia terlepas dari kerasnya represi fasis. Dia ditangkap pada tanggal 8 November tahun yang sama di Bologna karena ia ditemukan mengorganisir demonstrasi klandestin untuk merayakan ulang tahun Revolusi Oktober, Moscatelli dirujuk ke Pengadilan Khusus untuk Pertahanan Negara, yang menjatuhkan hukuman 16 tahun 8 bulan penjara, larangan dari jabatan publik, denda karena telah menyusun kembali PCI, untuk propaganda komunis, untuk penggunaan dokumen palsu dan ekspatriasi ilegal. Dia dipenjara di Volterra , di mana dia tetap di sel isolasi selama tiga bulan setelah mengorganisir protes, di Civitavecchia (bersama dengan Pietro Secchia, Umberto Terracini, Leo Valiani, Manlio Rossi Doria), dan akhirnya di Alessandria. Dia dibebaskan pada Desember 1935, setelah penerapan amnesti 10 tahun dan berbagai amnesti, dan menjalani masa percobaan.

Pada tanggal 8 Maret 1937 ia ditangkap di Serravalle Sesia dengan tuduhan telah menulis kalimat subversif di dinding pabrik kertas. Dibebaskan setelah enam bulan di penjara Vercelli, berkat sepucuk surat yang ditulis dengan tangannya sendiri di mana dia menolak komunisme, dia dibebaskan, sambil tetap berada di bawah kendali polisi yang ketat. Setelah surat itu, yang menyebabkan pengusirannya dari PCd'I, ia mengesampingkan aktivitas politiknya, kembali ke Borgosesia asalnya di mana ia membuka kantor komersial dan, pada tahun 1938, menikah dengan Maria Leoni, yang memberinya dua anak perempuan, Carla dan Nadia.

Pada tanggal 26 Juli 1943 , ia mengimprovisasi demonstrasi di Borgosesia dan mengarahkan gerakan anti- fasis di Valsesia , membangun kembali kontak dengan anti-fasis lainnya dan khususnya dengan Secchia. Setelah tanggal 8 September 1943, dia menjadi salah satu promotor Komite Perlawanan Valsesian ( CLNmasa depan) , yang mengorganisir orang-orang yang tersesat dan gerilyawan. Ditangkap pada 29 Oktober oleh Carabinieri atas permintaan komando Jermanik Vercelli, ia segera dibebaskan oleh rekan-rekannya dan oleh banyak warga yang menyerang barak.

Dia berlindung di Gunung Briasco dan mengorganisir dengan Eraldo Gastone (Ciro), aksi gerilya dengan detasemen "Gramsci", di mana pasukan fasis Nazi telah dikirim sejak Desember 1943. Jumlah pengikut Ciro dan Cino tumbuh menjadi "Brigade Garibaldi ke-6" yang didirikan di Italia. Garibaldian Valsesia menjadi sasaran serangan dan penangkapan berat oleh Legiun Tagliamento antara musim dingin tahun 1943 dan musim semi tahun 1944 . Pada 10 Juni 1944, zona bebas Valsesia didirikan , yang kedua di Italia. Pada periode ini Moscatelli dan Gastone menata ulang formasi dan membentuk divisi di Valsesiadan, pada bulan-bulan berikutnya, satu lagi di Ossola . Moscatelli menjadi komisaris politik, sampai Pembebasan , dari pengelompokan divisi Garibaldi di Valsesia-Ossola-Cusio-Verbano, di mana Gastone menjadi komandan militernya.

Di akhir perang akan ada 12 brigade yang dipimpin oleh Moscatelli dan Gastone. Mereka dibingkai dalam 4 divisi, menyatukan sekitar 3.000 orang, dan secara langsung berada di bawah Komando Umum Brigade Garibaldi dan Komando Umum Korps Sukarelawan Kebebasan . Moscatelli tahu bagaimana menyulap dengan baik baik dalam aksi perang dan sebagai eksponen politik, menarik dukungan dari banyak komponen politik dari kubu anti-fasis dan mengubah dirinya menjadi karakter legendaris. Popularitasnya sedemikian rupa sehingga menjadi protagonis dari banyak lagu partisan, biasanya dinyanyikan menggunakan motif musik yang sedang populer pada saat itu sebagai dasar (misalnya , Moscatelli membimbing mereka \ mereka muda dan cantik, \ mereka memiliki tanah air di hati mereka \ oleh musuh pengkhianat \ mereka ingin membebaskannya, atau tetapi yang dalam darahnya merasa Italia \ dengan Moscatelli pergi menjadi partisan ) .

Pada bulan April 1945 pasukan Garibaldi yang dipimpin oleh Moscatelli mengambil bagian dalam pembebasan Novara dan kemudian ikut bersukacita di Milan , di mana, di Piazza Duomo, Moscatelli berpartisipasi dalam reli partisan besar bersama Luigi Longo dan para pemimpin CLNAI lainnya. Atas jasa-jasanya dalam perjuangan partisan, Moscatelli diberhentikan dengan pangkat letnan kolonel . Ia menerima medali perak untuk keberanian militer, Medali Bintang Perunggu Amerika dan " Krzyż Partyzancki " Polandia . Dia menjadi walikota Novara dan wakil Majelis Konstituante untuk PCI di distrik Turin -Novara - Vercelli , mengumpulkan 45.282 suara.

Di pemerintahan ketiga De Gasperi dia adalah wakil presiden Dewan Menteri untuk bantuan kepada para veteran dan partisan. Pada tahun 1948 ia masuk Senat sebagai senator oleh hukum untuk hukuman yang dideritanya dari Pengadilan Khusus untuk Keamanan Negara selama Fasisme, menjadikannya senator termuda di legislatif; dia kemudian terpilih ke Dewan Perwakilan Rakyat Italia pada tahun 1953 dan 1958. Pada saat yang sama ia melakukan kegiatan organisasi yang intens di PCI , sebagai bagian dari kegiatan Asosiasi Nasional Partisan Italia ( ANPI). untuk melestarikan sejarah Perlawanan dengan mendirikan di Borgosesia pada bulan Oktober 1974 Institut untuk sejarah Perlawanan dan masyarakat kontemporer di provinsi Biella dan Vercelli yang dinamai menurut namanya pada tahun 1982, yang telah menjadi salah satu promotor yayasan sejarawan Institut Perlawanan Piero Fornara . Dengan Secchia ia menulis Il Monte Rosa turun di Milan , diterbitkan oleh Einaudi pada tahun 1958.

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Cesare Bermani, Pagine di guerriglia. L'esperienza dei garibaldini della Valsesia, Istituto per la storia della Resistenza e della società contemporanea nelle province di Biella e Vercelli "Cino Moscatelli". 4 voll. in 5 tomi, 1995-2000.
  • Pietro Secchia, e Cino Moscatelli, Il Monte Rosa è sceso a Milano, Torino, Einaudi, 1958.
  • AA.VV, Ricordo di Cino Moscatelli, Borgosesia, Istituto per la storia della Resistenza in provincia di Vercelli, 1982.
  • Marco Albeltaro - Dizionario Biografico degli Italiani - Volume 77 (2012).
  • Piero Ambrosio - Cino Moscatelli: un combattente per la libertà

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Butuh Referensi