Lompat ke isi

Cinnamon (lingkungan desktop)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cinnamon
Cinnamon 5.2 di Linux Mint 20.3
TipeLingkungan desktop dan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka Edit nilai pada Wikidata
BerdasarkanGNOME Shell (en) Terjemahkan Edit nilai pada Wikidata
Versi pertama2011; 13 tahun lalu (2011)
Versi stabil
6.2.4 (5 Juli 2024) Edit nilai pada Wikidata
GenreLingkungan desktop
LisensiGPL v2
Bahasa
Karakteristik teknis
Sistem operasiMirip Unix dengan X
Bahasa pemrogramanC, Javascript dan Python Edit nilai pada Wikidata
Format berkas
Antarmuka BibliotecaGTK Edit nilai pada Wikidata
Informasi tambahan
Situs webprojects.linuxmint.com/cinnamon/
Free Software DirectoryCinnamon Edit nilai pada Wikidata
Panduan penggunaLaman panduan Edit nilai pada Wikidata
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Cinnamon adalah sebuah lingkungan desktop gratis dan sumber terbuka untuk X Window System yang berasal dari GNOME 3, tetapi mengikuti konvensi metafora desktop tradisional. Cinnamon adalah lingkungan desktop utama yang digunakan oleh Linux Mint, akan tetapi juga tersedia sebagai pilihan desktop untuk distribusi Linux dan sistem operasi mirip Unix yang lain.

Pengembangan Cinnamon bermula sebagai reaksi pada peluncuran GNOME 3 di bulan April 2011. Pada saat itu, metafora desktop konvensional GNOME 2 digantikan dengan Gnome Shell.

Cinnamon secara umum dipuji oleh media sebagai salah satu faktor pembeda Linux Mint. Pujian ini datang terutama untuk kemudahan penggunaannya dan kurva pembelajaran yang tidak tinggi. Ditilik dari segi model desain yang konservatif, Cinnamon mirip dengan XFCE dan GNOME 2.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Seperti beberapa lingkungan desktop lainnya berdasarkan GNOME, termasuk Unity Canonical, Cinnamon adalah produk ketidakpuasan terhadap pengabaian pengalaman desktop tradisional oleh tim GNOME pada bulan April 2011. Sampai akhirnya, GNOME (yaitu GNOME 2) telah menyertakan metafora desktop tradisional, namun di GNOME 3 ini digantikan dengan GNOME Shell, yang tidak memiliki panel seperti bilah tugas dan fitur dasar lainnya dari desktop konvensional. Penghilangan fitur-fitur dasar ini tidak dapat diterima oleh pengembang distribusi seperti Mint dan Ubuntu, yang ditujukan kepada pengguna yang menginginkan antarmuka yang langsung membuat mereka nyaman.

Secara bertahap, berbagai aplikasi inti diadaptasi oleh pengembang Mint. Dimulai dengan versi 1.2, dirilis pada bulan Januari 2012, window manager Cinnamon adalah Muffin, yang awalnya merupakan fork dari Mutter GNOME 3.[3] Demikian pula, sejak September 2012 (versi 1.6 dan seterusnya), Cinnamon menyertakan pengelola berkas Nemo yang merupakan fork dari Nautilus. Cinnamon-Control-Center, disertakan sejak Mei 2013 (versi 1.8 dan seterusnya), menggabungkan fungsionalitas GNOME-Control-Center dengan Cinnamon-Settings, dan memungkinkan untuk mengelola dan memperbarui applet, ekstensi, desklet, dan tema melalui pusat kendali. Gnome-Screensaver juga di-fork dan sekarang disebut Cinnamon-Screensaver.

Komponen perangkat lunak[sunting | sunting sumber]

Pengelola berkas Nemo berdasarkan GNOME Files

X-Apps[sunting | sunting sumber]

Xed v1.2.2

Cinnamon memperkenalkan X-Apps[4] yang didasarkan pada Aplikasi Inti GNOME tetapi diubah agar berfungsi di Cinnamon, MATE dan XFCE; mereka mempunyai antarmuka pengguna (UI) yang tradisional.[5][6]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Dalam ulasan mereka tentang Linux Mint 17, Ars Technica mendeskripsikan Cinnamon 2.2 sebagai "mungkin desktop paling berguna dan serba guna yang tersedia di platform apa pun."[7]

Dalam ulasan mereka tentang Linux Mint 18, ZDNet mengatakan "Anda dapat mengubah desktop Linux Mint Cinnamon menjadi desktop impian Anda."[8]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""Cinnamon 5.8.4 Released"". GitHub. Diakses tanggal 27 July 2023. 
  2. ^ "New features in Linux Mint 18 Cinnamon". Linux Mint. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 9, 2017. Diakses tanggal 17 April 2017. 
  3. ^ Lefebvre, Clement (23 January 2012). "Cinnamon 1.2 released". cinnamon.linuxmint.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 November 2012. 
  4. ^ "New features in Linux Mint 18 Cinnamon". Linux Mint. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 9, 2017. Diakses tanggal 17 April 2017. 
  5. ^ Stahie, Silviu (28 January 2016). "Linux Mint Is Getting Its Own Apps Starting with the 18.x Branch". Softpedia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 April 2016. Diakses tanggal 17 April 2017. 
  6. ^ Nestor, Marius (3 February 2016). "Linux Mint Devs Showcase the First Two X-Apps for Linux Mint 18 "Sarah"". Softpedia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 April 2016. Diakses tanggal 17 April 2017. 
  7. ^ Gilbertson, Scott (24 June 2014). "Mint 17 is the perfect place for Linux-ers to wait out Ubuntu uncertainty". Ars Technica. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 August 2014. Diakses tanggal 28 August 2014. 
  8. ^ Vaughan-Nichols, Steven J. (27 July 2016). "Linux Mint 18: The best desktop -- period". ZDNet. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 September 2016. Diakses tanggal 9 November 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]