Cinema Impero

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cinema Impero dibangun di Italia pada tahun 1937 dan merupakan contoh terkenal untuk gaya art deco.
Interior

Cinema Impero (Indonesia: Imperium Sinema) adalah sebuah bioskop bergaya art deco di Asmara, ibu kota Eritrea. Gedung ini dibangun pada tahun 1937 oleh otoritas kolonial Eritrea Italia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Cinema Impero adalah bioskop terbesar yang didirikan di Asmara di akhir periode koloni Italia di Eritrea. Bioskop ini dinamakan atas penaklukkan Etiopia oleh Benito Mussolini, serta proklamasinya akan sebuah Imperium Italia.

Gedung ini masih berisi sebuah bioskop. Kini, oleh para ahli, gedung ini dinobatkan sebagai salah satu contoh terbaik gaya art deco di dunia.[1]

Struktur gedung ini masih bagus setelah 70 tahun dan tidak rusak akibat berbagai konflik yang terjadi di daerah Tanduk Afrika di seabad silam.

Gedung ini kini menjadi atraksi turis di Asmara, bersama dengan Gedung Fiat Tagliero dan gedung-gedung periode kolonial Italia lainnya di Eritrea, termasuk Kantor Presiden Asmara dan Balai Kota.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Struktur bangunan ini tidak banyak berubah sejak pembangunannya. Gedung ini didesain oleh arsitek Mario Messina.[2] Hampir seluruh bangku dan peralatannya masih asli. Empat puluh lima lampu bundar menghias bagian depan yang bertuliskan "Cinema Impero", yang dipasang secara vertikal pada fasadnya. Dua pasang pintu membuka ke dalam bioskop. Setiap pintu dilengkapi dengan pegangan setengah lingkaran yang besar, yang membentuk lingkaran penuh ketika bergabung satu sama lain dalam keadaan tertutup.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gianluca Rossi, Renzo Martinelli inviato de La Nazione, 2009. ISBN 978-88-7255-356-5
  2. ^ [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 15°20′12″N 38°56′25″E / 15.33667°N 38.94028°E / 15.33667; 38.94028