Cimohong, Bulakamba, Brebes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cimohong
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenBrebes
KecamatanBulakamba
Kodepos52253
Luas-
Jumlah penduduk-
Kepadatan-

Cimohong adalah desa di kecamatan Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini berjarak sekitar 6 Km dari ibu kota kecamatan Bulakamba atau 14 dari ibu kota Brebes ke arah barat. Desa ini terkenal dengan penghasil bawang merah, padi dan telur asin.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Utara Kecamatan Tanjung
Selatan Dukuhlo
Barat Kecamatan Tanjung
Timur Desa Kluwut dan Desa Bulakparen

Pembagian wilayah[sunting | sunting sumber]

  • Dusun Cimohong Selatan
Dusun Cimohong selatan terletak di sebelah selatan jalur Pantura dan rel KA dan sebelah timur sungai Babakan (Kali Babakan Gogo)yang berbatasan dengan desa Bulakparen di sebelah timur, berbatasan dengan desa Kemuarang Wetan dan Dukuhlo di sebelah selatan serta desa Kemurang Kulon di sebelah baratnya.
  • Dusun Cimohong Barat
Dusun Cimohong barat terletak di sebelah barat sungai Babakan dan sebelah utara jalur pantura dan rel KA dan berbatasan dengan desa Pejagan di barat dan Kemurang Kulon di sebelah Selatan,serta desa Krakahan di sebelah Utaranya.
  • Dusun Cimohong Utara
Dusun Cimohong Utara terletak di sebelah utara Jalur Pantura dan rel KA dan berada di sebelah timur sungai Babakan yang sebelah utaranya berbatasan dengan desa Krakahan, dan sebelah timur dan utaranya berbatasan dengan desa Kluwut.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Secara geografis wilayah desa Cimohong dilalui oleh aliran sungai yang relatif besar yaitu Sungai Babakan (Kali Gogo) yang kalau musim hujan sangat deras arus airnya yang kadang-kadang rawan terjadinya banjir.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Hampir 99 persen penduduk Desa Cimohong bersuku Jawa, dan hanya sekitar 1 persen yang bersuku Sunda dan Batak sebagai pendatang.

Potensi[sunting | sunting sumber]

Potensi utama Desa Cimohong adalah dari sektor pertanian terutama bawang merah dan padi. Selain itu juga terdapat jenis tanaman lain seperti cabe merah. Desa Cimohong juga memiliki petani ikan, petani garam dan peternak itik atau bebek. Salah satu hasil dari budidaya ternak bebek adalah produk telur asin yang pemasarannya dikirim ke Bandung atau kota lainnya. Desa Cimohong dikenal pula dengan para pengrajin batu bata merah yang tersebar si sepanjang bantaran Sungai Babakan.

Sarana dan prasarana[sunting | sunting sumber]

Desa Cimohong yang letaknya di jalur utama pantura sangat strategis, oleh karena itu, Pemkab Brebes menyiapkan lahan untuk rencana sebagai kawasan industri, yang lokasinya dekat dengan gudang Bulog. Panjang jalan pantura yang melintasi Cimohong sekitar 1,8 km yang merupakan jalur yang sangat padat dan ramai terutama saat arus mudik. Di sekitar gudang Bulog terdapat jalur untuk perputaran yang biasanya digunakan untuk memutar menuju pertigaan pejagan untuk tujuan Purwokerto atau Yogyakarta saat arus mudik dari arah Jakarta/Cirebon, dilengkapi dengan pos polisi yang berfungsi untuk menjaga keamanan berlalu lintas.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sarana pendidikan yang tersedia adalah ada tiga sekolah dasar yaitu SDN Cimohong 1, SDN Cimohong 2, dan SDN Cimohong 3. Selain itu terdapat satu taman kanak-kanak dan dua madrasah, yaitu Madrasah Diniyah Mafatihul Athfal dan Madrasah Mabdaul Falah, Madrasah Nurul Khasanahnya mana yang d icimohong selatan.

Gudang Bulog Cimohong[sunting | sunting sumber]

Di Cimohong terdapat gudang Bulog yang karena lokasinya yang strategis di jalan nasional jalur pantura, maka sering mendapat kunjungan sidak oleh pejabat pemerintah pusat maupun daerah, beberapa di antaranya adalah Jusuf Kalla, saat menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia, para pejabat dari Menteri Pertanian dan Gubernur Jawa Tengah.

Tokoh masyarakat[sunting | sunting sumber]

Terdapat beberapa tokoh yang telah diakui kontribusinya khusunya untuk kemajuan Kabupaten Brebes yang dilahirkan dari Cimohong