Cikrak mahkota-coklat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cikrak mahkota-coklat
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
P. castaniceps
Nama binomial
Phylloscopus castaniceps
Hodgson, 1845
Subspesies

Lihat teks

Sinonim

Seicercus castaniceps

Cikrak mahkota-coklat (Phylloscopus castaniceps) adalah spesies burung dalam famili Phylloscopidae.

Persebaran dan subjenis[sunting | sunting sumber]

Cikrak mahkota-coklat tersebar dari Himalaya sampai Tiongkok selatan, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia, dan Sumatra. Terdiri dari sembilan subspesies, dengan daerah persebaran:[2]

  1. P. c. castaniceps (Hodgson, 1845), tersebar di India utara (Uttaranchal sampai Arunachal Pradesh, juga di perbukitan selatan Sungai Brahmaputra di Nagaland dan Manipur), Nepal, Bhutan, China selatan (Xizang, Yunnan barat), Bangladesh (Chittagong Hill Tracts) dan Myanmar barat dan utara.
  2. P. c. sinensis (Rickett, 1898), tersebar di berbiak di China tengah dan selatan (Shaanxi sampai Sichuan dan Fujian), Laos utara dan Vietnam utara (Tonkin barat dan timur, Annam utara); di luar musim berbiak ke China tenggara (Guizhou selatan dan Yunnan tenggara ke timur sampai Fujian selatan, ke selatan sampai Guangxi dan Guangdong).
  3. P. c. laurentei (La Touche, 1922), tersebar di Yunnan tenggara (Mengzi) dan Guangxi selatan (Pegunungan Yaoshan), di ujung selatan China.
  4. P. c. collinsi (Deignan, 1943), tersebar di Myanmar timur dan Thailand timur laut.
  5. P. c. stresemanni (Delacour, 1932), tersebar di Laos selatan (Bolovens) dan Kamboja barat daya (Pegunungan Cardamom).
  6. P. c. annamensis (Robinson dan Kloss, 1919), tersebar di Vietnam selatan-tengah (Langbian Plateau).
  7. P. c. youngi (Robinson, 1915), tersebar di Semenanjung Thailand.
  8. P. c. butleri (E. J. O. Hartert, 1898), tersebar di pegunungan di Semenanjung Malaysia.
  9. P. c. muelleri (Robinson dan Kloss, 1916), tersebar di Sumatra.

Tempat hidup dan kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Bergerak lincah di antara dedaunan pada tajuk rendah, saat mencari makan bersama dalam kelompok yang sering berbaur dengan berbagai jenis burung lain di daerah perbukitan pada rentang ketinggian antara 1200 hingga 1400 mdpl.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Seicercus castaniceps". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ a b "Cikrak mahkota-coklat". Kutilang Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-17. Diakses tanggal 1 April 2014.