Cihideung, Parongpong, Bandung Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Cihideung adalah desa di kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Jarak dari Cihideung ke Kecamatan Parongpong adalah 5,2 km. Luas wilayah Cihideung adalah 2,44 km², sebesar 5,4% dari Luas Kecamatan Parongpong. Kepadatan penduduk adalah 6.893 orang/km². Mayoritas penduduknya bekerja di sektor perdagangan dan pertanian.

Cihideung
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenBandung Barat
KecamatanParongpong
Kode Kemendagri32.17.02.2004 Edit the value on Wikidata
Luas6.000 km²
Jumlah penduduk13.698 jiwa
Kepadatan6.893 jiwa/km²


Deskripsi[sunting | sunting sumber]

  • Pusat Tanaman Cihideung

Desa Cihidueng adalah desa yang terletak di kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat Indinesia, memiliki jumlah penduduk yang tercatat pada tahun 2020 sebanyak 13.968 jiwa. Berada di ketinggian 1200 diatas permukaan laut (mdpl) dengan lokasi yang merupakan perbatasan antara Kabupten Bandung Barat dengan Kotamadya bandung, memiliki 4 cantilan/kampung yaitu kampung sukamulya cantilan 1 terdiri dari 5 RW, cantilan 2 kampung Cihideung terdiri dari 4 RW, cantilan 3 kampung panyairan terdiri dari 3 RW, dan cantilan 4 yang terdiri dari 5 RW. Dengan 17 rukun warga (RW) dibagi menjadi 58 rukun tetangga, mayoritas penduduk Desa Cihideung adalah sebagai petani diantaranya peternak sapi, petani sayur, petani buah buahan, petani bunga hias dan bunga potong, decorasi taman, dan dekorasi gedung pernikahan. Desa cihideung merupakan desa wisata berbasic lingkungan dengan mengedepankan wisata alam seperti kebun binatang, pusat belanja tanaman, rekreasi edukasi, tempat olah raga DLL.

dengan banyaknya tempat wisata di desa cihideung membuat perekonomian masyarakat desa cihideung terbilang sejahtera karena parawisata kerap membeli souvenir dari warga sekitar seperti bunga hias. namun sayangnya pada hari libur panjang selalu terjadi kemacetan di jalan desa cihideung karena kendaraan parawisata dan kendaraan pengangkut barang yang datang berbarengan jadi mohon berhati hati saat libur panjang.

Referensi[sunting | sunting sumber]