Cicely Courtneidge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dame
Cicely Courtneidge
DBE
LahirEsmerelda Cicely Courtneidge
(1893-04-01)1 April 1893
Sydney, New South Wales, Australia
Meninggal26 April 1980(1980-04-26) (umur 87)
Putney, London, Inggris
PekerjaanAktris, komedian, penyanyi
Suami/istri
(m. 1916; meninggal 1978)

Dame Esmerelda Cicely Courtneidge, DBE (4 Januari 1893 – 26 April 1980) adalah seorang aktris, komedian dan penyanyi Inggris kelahiran Australia. Putri dari produser dan penulis naskah Robert Courtneidge, ia muncul dalam produksinya di West End pada usia 16, dan dengan cepat dipromosikan dari peran kecil ke peran utama dalam Komedi musik Edwardian.[1]

Setelah pecahnya Perang Dunia Pertama, ayahnya mengalami serangkaian kegagalan dan untuk sementara mundur dari produksi. Tidak ada produser lain yang menawarkan peran utama Courtneidge muda dalam komedi musikal, dan dia malah beralih ke balai musik, mempelajari keahliannya sebagai komedian. Pada tahun 1916 ia menikah dengan aktor dan penari Jack Hulbert, dengan siapa ia membentuk kemitraan profesional serta pernikahan yang berlangsung sampai kematiannya 62 tahun kemudian. Mereka berakting bersama di atas panggung dan layar, awalnya dalam serangkaian film, dengan Hulbert sering memproduksi serta tampil.

Courtneidge muncul di 12 film Inggris pada tahun 1930-an, dan satu di Hollywood, menganggap karya ini sangat menguntungkan. Dia dan Hulbert juga merekam untuk Columbia dan HMV, kembali ke panggung pada akhir 1930-an. Selama Perang Dunia Kedua, Courtneidge menghibur angkatan bersenjata dan mengumpulkan dana untuk pasukan. Dia kemudian bermain lama di Under the Counter , sebuah komedi di mana dia menerima pemberitahuan yang bersinar. Terkemuka di antara keberhasilan lainnya adalah penampilan Courtneidge dalam musikal Ivor Novello bertajuk Gay's the Word pada tahun 1951–52. Selama sisa dekade ini, dia fokus pada ulasan dan permainan langsung.

Setelah pertengahan 1960-an, Courtneidge berkonsentrasi pada teater non-musikal, tampil di West End dan tur dalam berbagai drama, baik serius maupun komik. Saat tampil dalam pertunjukan West End terakhirnya pada tahun 1971, dia merayakan 70 tahun di atas panggung. Setelah itu, dia terus bekerja selama lima tahun sebelum pensiun.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal kehidupan[sunting | sunting sumber]

Courtneidge, putri sulung dan anak kedua dari tiga bersaudara, lahir di Sydney dari sebuah keluarga berlatar belakang teater,[1] ketika ayahnya sedang melakukan tur ke Australia bersama perusahaan J. C. Williamson. Keluarganya kembali ke Inggris pada tahun 1894. Orangtuanya adalah produser dan aktor Skotlandia Robert Courtneidge dan istrinya, Rosaline May (née Adams), yang menggunakan nama panggung Rosie Nott. Rosaline adalah putri dari penyanyi dan aktris Cicely Nott dan adik dari tiga aktris lainnya, termasuk Ada Blanche, seorang bintang pantomim terkenal. Pada tahun 1901 dalam usia delapan tahun, Courtneidge melakukan debut panggungnya sebagai peri Peaseblossom dalam A Midsummer Night's Dream yang diproduksi ayahnya di Manchester.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Green, Stanley. "Cicely Courtneidge"[pranala nonaktif permanen]. Encyclopedia of the Musical Theatre (books.google.com). Da Capo Press, 1980. ISBN 0-306-80113-2. p. 86

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Cicely Courtneidge di Wikimedia Commons