Chungmuro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chungmuro
Nama Korea
Hangul
충무로
Hanja
忠武路
Alih AksaraChungmuro
McCune–ReischauerCh'ungmuro

Chungmuro merujuk pada sebuah jalan sepanjang 1.75 km dan lebar 10–20 m serta kawasan di sekitarnya, yang berlokasi di Jung-gu, pusat kota Seoul, Korea Selatan. Sejak 1960-an, Chungmuro telah dikenal sebagai jalan kebudayaan, seni, dan industri film. Dansungsa, bioskop pertama Korea, yang didirikan pada tahun 1907, juga terletak di daerah itu, yang kemudian dikenal dengan nama Jepangnya, Honmachi.[1] Jalan ini membentang dari Kantor Pos Pusat Seoul di Jung-gu, Seoul hingga Sekolah Dasar Chungmu di Seoul. Sejak tahun 1974, Stasiun Jongno 3-ga menjadi stasiun terdekat di sekitar kawasan ini.[2]

Chungmuro dinamai dari Chungmugong, sebuah gelar anumerta bagi Laksamana Korea Yi Sun-shin, yang berarti "subjek kesetiaan." Suku kata terakhir "ro" dalam bahasa Korea berarti jalan.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dansungsa, salah satu bioskop di Chungmuro, 1953

Selama Pemerintahan Jepang di Korea, Chungmuro dikenal sebagai "Honmachi". Lingkungan kecil di Seoul utara ini menjadi tempat berkembangnya sejumlah perusahaan film. Sebelum tahun 1956, kurang dari 20 film diproduksi setiap tahun, namun dua tahun kemudian lebih dari 100 dibuat setiap tahun, menurut Dewan Film Korea.

Chungmuro juga merupakan rumah bagi bioskop-bioskop pertama di Korea, seperti Dansungsa. Didirikan pada tahun 1907, teater ini masih berdiri tinggi hingga hari ini di dekat Stasiun Jongno 3-ga. Hari ini, meskipun kehadiran teater multipleks yang lebih besar, banyak pemutaran perdana film berlangsung di bioskop retro daerah seperti Bioskop Daehan, yang dibuka pada tahun 1955.[4] Bioskop Daehan, yang merupakan bioskop skala besar, didirikan di jalan Chungmuro 4. Banyak kantor pusat perusahaan film dan bioskop berkumpul di sekitar Chungmuro dan dikenal sebagai kota film sekitar tahun 1970-1980.

Saat ini banyak studio film berpindah dari Chungmuro ke distrik Gangnam, Chungmuro masih melambangkan industri film Korea Selatan dan terus digunakan sebagai metonim karenanya.[5] Chungmuro disebut sebagai Hollywood-nya Korea.[6] Termasuk Daehan dan Myeongbo, yang kini diubah menjadi teater seni, penonton bioskop biasa berkumpul di lingkungan ini untuk menonton film terbaru sebelum Megabox dan teater multipleks lainnya tumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Sejak tahun 2006, Festival Film Internasional Chungmuro diselenggarakan oleh masyarakat setempat.[7]

Chungmuro juga terkenal dengan toko hewan peliharaan.[8] Chungmuro Pet Street di mana berbagai toko hewan peliharaan, rumah sakit hewan, groomer, dan kantor dokter hewan, terletak di dekat jalur kereta bawah tanah No. 3 Stasiun Chungmuro.[9] Rumah bagi sekitar 20 toko hewan peliharaan yang penuh dengan hewan peliharaan dan aksesoris, Chungmuro boleh dikatakan sebagai markas hewan peliharaan di Seoul.[10] Menurut sebuah artikel di Harian Joongang, markas hewan peliharaan berlokasi di Myeong-dong pada tahun 1960-an, ketika pasukan Angkatan Darat Amerika Serikat membawa hewan-hewan tersebut ke sini selama Perang Korea. Lokasi di Myeong-dong menjadi mahal (karena berada di tengah kota Seoul), sehingga distrik hewan peliharaan berpindah ke Chungmuro pada tahun 1970-an dan tidak kembali lagi sejak saat itu.[11]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Di sekitar gang antara Jalan Toegyero 49 di Myeongdong 8 dan Jalan Meiji disebut sebagai Chungmuro. Chungmuro 1 merupakan pusat Myeong-dong, lokasi banyak masyarakat beraktivitas, sehingga menjadikannya tempat tersibuk di Seoul. Kawasan ini juga merupakan kawasan dengan harga tanah termahal di Korea. Sementara itu, kawasan Chungmuro 3-ga, dan 4-ga terdapat banyak agensi desain dan kantor percetakan.

Karena Chungmuro 4 merupakan simbol bagi perfilman Korea, di kawasan ini terdapat berbagai teater seperti Bioskop Daehan (대한극장) dan Teater Far East (극동극장). Juga, di kawasan ini terdapat banyak industri percetakan dan penerbitan karena pengaruh dari lingkungan sekitarnya.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Stasiun Chungmuro

Halte pemberhentian bus di kawasan ini diantaranya di Kantor Pos Pusat Seoul - Sekolah Dasar Tiongkok Hansung - Sekolah Menengah Wanita Gyeongseong - (persimpangan Samil-daero) - Kantor Polisi Chungbuk - Teater Scara - Jalan Jinyang - Sekolah Dasar Chungmu.

Stasiun Seoul Subway Line 3 yang terhubung dengan jalan ini diantaranya Stasiun Jongno 3-ga (terkoneksi Seoul Subway Line 1 dan Seoul Subway Line 5), Stasiun Euljiro 3-ga (terkoneksi Seoul Subway Line 2) dan Stasiun Chungmuro (terkoneksi Seoul Subway Line 4).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 충무로 忠武路 (dalam bahasa Korea). Doosan Encyclopedia. Diakses tanggal 7 Mei 2008. [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ Hyo-won, Lee (18 Oktober 2007). "Chungmuro Celebrates Soul of Korean Cinema". The Korea Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 7 Mei 2008. 
  3. ^ "Chungmuro films dominating Asian cinema scene" (dalam bahasa Inggris). The Korean Overseas Culture and Information Service (KOCIS). 25 September 2007. Diakses tanggal 7 Mei 2008. [pranala nonaktif permanen]
  4. ^ "Daehan Cinema". Korea Tourism Organization (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Oktober 2017. Diakses tanggal 2 Januari 2018. 
  5. ^ So-young, Kim (1 Agustus 2005). "Sympathy for Lady Vengeance review" (dalam bahasa Inggris) (513). Hyongshin Kim (trans.). Cine 21 / UCLA Asia Institute. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Februari 2007. 
  6. ^ Ho-jeong, Lee (12 Januari 2009). "A street where film cameras thrive". Korea JoongAng Daily (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 Januari 2009. 
  7. ^ Sang-hee, Han (28 Agustus 2008). "Chungmuro International Film Festival". The Korea Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 29 Agustus 2008. 
  8. ^ Rashid, Raphael (23 Desember 2017). "Growth of South Korea's Pet Industry Equals More Animal Suffering". Korea Exposé (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-22. Diakses tanggal 2 Januari 2018. 
  9. ^ "Korea's pet culture evolves with more adoption, tailored care". The Korea Herald (dalam bahasa Inggris). 21 April 2016. Diakses tanggal 22 April 2016. 
  10. ^ Backe, Chris (26 Mei 2009). "Destination: Chungmuro (AKA the pet capital of Seoul)". Travel Wire Asia (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 22 April 2016. [pranala nonaktif permanen]
  11. ^ "One stop pet shopping builds on '60s tradition". Korea JoongAng Daily (dalam bahasa Inggris). 7 Juli 2008. Diakses tanggal 22 April 2016. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]