Christine dari Hesse-Rotenburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Christine
Putri Carignan
Christine dari Hesse-Rotenburg.jpeg
Lahir(1717-11-21)21 November 1717
Schloss Rotenburg, Rotenburg
Wafat1 September 1778(1778-09-01) (umur 60)
Palazzo Carignano, Torino, Italia
Pemakaman1786
Nama lengkap
bahasa Italia: Cristina d'Assia-Rotenburg
bahasa Jerman: Christine von Hessen-Rheinfels-Rotenburg
AyahErnst II Leopold
IbuEleonore dari Löwenstein-Wertheim[1]
PasanganLuigi Vittorio dari Carignano
Anak
Rincian
Vittorio Amedeo dari Carignan
Leopolda, Putri Melfi
Marie Louise, Putri Lamballe
Gabriella, Putri Lobkowicz
Caterina, Putri Paliano
Eugenio Ilarione

Christine dari Hessen-Rheinfels-Rotenburg (Christine Henriette; 21 November 1717 – 1 September 1778) merupakan seorang putri wangsa Jerman dari Hessen-Rheinfels-Rotenburg. Ia adalah Putri Carignan melalui pernikahan dan ibunda princesse de Lamballe dan Vittorio Amedeo II, Pangeran Carignano.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Christine Henriette lahir di Rotenburg sebagai putri bungsu dari sepuluh anak Landgraf Hessen-Rotenburg dan istrinya.[1] Kakak sulungnya Polyxena menikah pada tahun 1730 dengan calon Carlo Emanuele III dari Savoia dan memiliki keturunan. Saudarinya yang lain, Carolina adalah istri Perdana Menteri Prancis, Louis Henri sampai kematiannya pada tahun 1741.

Setelah pernikahan Polyxena, Christine bertunangan dengan Luigi Vittorio, Pangeran Carignan putra sulung Vittorio Amedeo, Pangeran Carignan dan istrinya Maria Vittoria dari Savoia.[2] Wangsa Carignan adalah cabang kadet Wangsa Savoia, Raja-raja Sardinia dari tahun 1720, dan akan dinyatakan sebagai raja Italia dari tahun 1861.

Christine menikah dengan Luigi Vittorio pada tanggal 4 Mei 1740 pada usia 22 tahun. Pada tahun berikutnya suaminya menyandang gelar Pangeran de Carignan, seigneury Carignan dimiliki Savoia sejak tahun 1418. Kenyataan bahwa itu adalah bagian dari Piemonte, hanya dua puluh kilometer selatan Torino, berarti bahwa itu bisa menjadi "kepangeranan" untuk garis kadet dalam nama saja, tidak dianugerahi kemerdekaan atau pendapatan substansi.[3]

Anak kedua Christine, yang lahir di Palazzo Carignano, diberi nama Vittorio Amedeo dan merupakan kakek buyut calon Vittorio Emanuele II dari Italia. Putri kelimanya adalah yang paling terkenal; Louise, princesse de Lamballe, sahabat baik Marie Antoinette yang malang.

Christine meninggal di Palazzo Carignano, Torino pada malam tanggal 31 Agustus – 1 September 1778, dan diikuti oleh suaminya kurang dari 3 bulan kemudian. Ia dimakamkan pertama-tama di Katedral Santo Yohanes Pembaptis, kemudian dipindahkan pada tahun 1835 ke Basilika di Superga. Setelah kematiannya Gazette de France menerbitkan sebuah batu nisan kecil untuknya untuk menghormati putrinya Madame de Lamballe:

Selasa, tanggal 31 bulan lalu,[4] putri Christine Henriette de Hessen Rheinfels, istri Luigi Vittorio Amédée de Savoie, Pangeran de Carignan, meninggal di kota ini [Torino], setelah menderita penyakit yang berkepanjangan. Ia lahir pada tanggal 24 November, 1717.[4]

Keturunannya sekarang termasuk saingan pretender takhta Italia, Vittorio Emanuele dari Savoia[1] dan Amedeo dari Aosta, juga pretender Bonaparte, Victor Napoléon.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Gelar[sunting | sunting sumber]

  • 21 November 1717 – 4 Mei 1740 Putri Christine dari Hessen-Rheinfels-Rotenburg
  • 4 Mei 1740 – 4 April 1741 Yang Mulia Putri Luigi Vittorio dari Savoia
  • 4 April 1741 – 1 September 1778 Yang Mulia Putri Carignan

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi dan catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e van de Pas, Leo. "Landgräfin Christine von Hessen-Rheinfels-Rotenburg". Genealogics .org. Diakses tanggal 2010-03-01. 
  2. ^ She was the legitimatised daughter of King Victor Amadeus II of Sardinia and his mistress Jeanne Baptiste d'Albert de Luynes
  3. ^ "Carignano". Encyclopædia Britannica Eleventh Edition. 1911. Diakses tanggal 2008-03-31. 
  4. ^ a b Bertin, Georges. "Full text of Madame de Lamballe". Archive.org. Diakses tanggal 2009-11-26.