Christian Tumi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Christian Wiyghan Tumi(lahir 15 Oktober 1930; umur 89 tahun) adalah seorang Kardinal Imam dan Uskup Agung Emeritus Douala dalam Gereja Katolik Roma.[1] Ia digantikan pada jabatan uskup agung Douala oleh Samuel Kleda, yang merupakan Uskup Agung Koadjutor.

Kehidupan awal dan penahbisan[sunting | sunting sumber]

Lahir di Kikaikelaki, sebuah desa kecil di Nso klan, yang terletak di Kawasan Barat Laut, Kamerun, Tumi belajar di seminari-seminari lokal di Kamerun dan Nigeria. Ia dilantik menjadi guru di Nigeria dan London, kemudian meraih lisensi dalam bidang teologi di Lyon dan gelar dokterandes filsafat di Universitas Fribourg, Swiss.

Diangkat menjadi umam pada 17 April 1966, ia menjabat sebagai vikar di Soppo selama setahun sebelum menjadi profesor di seminari Kolese Uskup Rogan. Setelah belajar di luar negeri dari 1969 sampai 1973, ia kembali ke keuskupannya dan diangkat menjadi rektor seminari di Bambui.

Uskup dan Kardinal[sunting | sunting sumber]

Pada 1979, Tumi terpilih menjadi uskup pertama Yagoua. Pada 1984, ia diangkat menjadi uskup agung, dan pada 1985, ia terpilih menjadi presiden Konferensi Waligereja Kamerun sampai 1991.

Diangkat menjadi Kardinal-Imam Santi Martiri dell'Uganda a Poggio Ameno pada 28 Juni 1988 oleh Paus Yohanes Paulus II, Kardinal Tumi diangkat menjadi Uskup Agung Douala pada 31 Agustus 1991. Ia merupakan salah satu kardinal elektor yang ikut dalam konklaf kepausan 2005 yang memilih Paus Benediktus XVI.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]