Christ Church, Oxford

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Christ Church dengan menara Tom-nya yang khas.

Christ Church (bahasa Latin: Ædes Christi, gereja atau gedung, ædēs, Kristus, oleh karena itu terkadang disebut "Gedung") adalah salah satu kolese dari Universitas Oxford di Inggris. Christ Church adalah sebuah yayasan gabungan bersama dengan perguruan tinggi dan katedral keuskupan Oxford (Katedral Christ Church dan sekolahnya), yang berfungsi sebagai kapel kampus ini dan dekan dari Christ Church menjabat sebagai kepala kolese ini.

Didirikan pada tahun 1546 oleh Raja Henry VIII, saat ini merupakan salah satu kolose terbesar yang dimiliki Universitas Oxford dengan 629 siswa pada tahun 2016,[1] memiliki dana abadi £ 550,3 juta hingga 2018,[2] kedua setelah St John's College.

Christ Church memiliki sejumlah bangunan penting secara arsitektur termasuk Menara Tom (dirancang oleh Sir Christopher Wren), Tom Quad (segi empat terbesar di Oxford), dan Great Dining Hall yang juga merupakan kursi dari parlemen yang dibentuk oleh Raja Charles I selama Perang Saudara Inggris. Bangunan-bangunan ini telah menginspirasi replika di seluruh dunia selain ditampilkan dalam film-film seperti Harry Potter dan The Golden Compass, juga menjadi tempat wisata populer yang menarik bagi wisatawan dengan hampir setengah juta pengunjung setiap tahunnya.[3][4][5]

Perpustakaan Christ Church awal abad ke-19.
Katedral Christ Church.
Gedung The Meadow.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Student numbers | University of Oxford". www.ox.ac.uk (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-08-31. 
  2. ^ "Christ Church Oxford : Annual Report and Financial Statements : Year ended 31 July 2018" (PDF). ox.ac.uk. hlm. 21. Diakses tanggal 5 March 2019. 
  3. ^ "Christ Church Meadow will get a visitor centre". Oxford Mail (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-08-31. 
  4. ^ "The Meadow Building | Christ Church, Oxford University". www.chch.ox.ac.uk (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-08-31. 
  5. ^ "Harry Potter fans boost Oxford Christ Church Cathedral". BBC News (dalam bahasa Inggris). 2012-03-25. Diakses tanggal 2017-08-31.