Chris Cantada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Chris Cantada
Lahir23 Januari 1985 (umur 39)
Filipina Filipina
GenrePop
PekerjaanMusisi, youtubers
InstrumenDrum
Tahun aktif1998–sekarang
LabelUniversal Records

Chris Cantada (lahir 23 Januari 1985) adalah seorang musisi berkebangsaan Filipina yang paling dikenal sebagai mantan drummer dan backing vokalis band Sponge Cola. Dia ditampilkan dalam video musik Sponge Cola "Tambay" dalam penampilan tamu cameo per post band departure.

Cantada baru saja merilis album solonya Heartbeat dengan single carrier dengan nama yang sama. Video musik untuk "Heartbeat" menunjukkan Cantada memainkan semua alat musik untuk lagu tersebut.https://hot.detik.com/art/d-3495618/aimee-de-jongh-hingga-chris-cantanda-meriahkan-popcon-asia-2017[1]

Pernyataan[sunting | sunting sumber]

  • Ini adalah pesan dari Erwin "Armo" Armovit (gitaris utama) di fansite tertentu:

Karier[sunting | sunting sumber]

Sponge Cola[sunting | sunting sumber]

Band yang terdiri dari Yael Yuzon (vokal-gitar), Gosh Dilay (bass), Erwin Armovit (gitar utama) dan Chris Cantada (drum) adalah semua teman kuliah dari Ateneo de Manila University. Album debut Sponge Cola Palabas, dirilis pada tahun 2004 di bawah Sony BMG, menelurkan hits radio seperti "KLSP", "Gemini", dan "Jeepney".

Sponge Cola's akustik live cover dari Madonna klasik "Crazy for You" mendapatkan popularitas di kalangan penggemar dan pendengar biasa setelah menjadi favorit download internet.

Tepat setelah menyelesaikan kuliah, kuartet tersebut segera merilis rekaman kedua mereka, Transit, di bawah Universal Records pada tahun 2006. Album ini menemukan unit yang lebih fokus seperti yang dibuktikan oleh single radio yang kuat seperti lagu kebangsaan "Bitiw", "Tuliro" dan "Pasubali".

Sponge Cola juga menghiasi dua rekaman penghargaan paling sukses yang baru-baru ini muncul: Ultraelectromagneticjam Eraserheads di mana mereka melakukan sampul "Pare Ko" dan disk volume dua orang APO Hiking Kami nAPO Muna ("Nakapagtataka") dan Kami NAPO Muna Ulit ("Saan Na Nga Ba Ang Barkada").

Album ketiga epik Sponge Cola di bawah Universal Records dirilis pada tanggal 19 September 2008 dan diluncurkan pada tanggal 26 September di Eastwood di Libis Quezon City.

Namun, kepergian Cantada dilakukan secara bertahap karena ia masih akan terlihat di video musik band ini dan bahkan di beberapa acara TV dimaksudkan untuk promo rekaman baru. Sponge Cola mempekerjakan drumer sesi untuk mengisi slot Cantada saat pertunjukan live, sampai Tmac Cruz diumumkan secara resmi sebagai drummer baru pada tahun 2009.

Solo[sunting | sunting sumber]

Setelah meninggalkan Sponge Cola selama tiga tahun karena masalah kesehatan, Cantada merilis album debut solonya yang berjudul Heartbeat (semua lagu yang ditulis oleh Cantada sendiri), didistribusikan di bawah Universal Records dan diproduksi bersama oleh Yael Yuzon.

Saluran YouTube-nya disebut Chris Cantada Force. Saat ini ia memiliki lebih dari 200 ribu pelanggan.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Bersama Sponge Cola[sunting | sunting sumber]

Solo[sunting | sunting sumber]

  • Album
    • Heartbeat (2011)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tia Agnes. "Aimee de Jongh hingga Chris Cantanda Meriahkan Popcon Asia 2017". Detikhot.com. Diakses tanggal 8 Mei 2017. 
  2. ^ "Chris Cantada (Mr Drummer Boy) dari Sponge Cola akan meninggalkan Band-nya"". Fangirl Machine Machine. Diakses tanggal 26 Agustus 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]