Chiu Chi-ling

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chiu Chi-ling
Nama Tionghoa趙志淩 (Tradisional)
PinyinZhào Zhìlíng (Mandarin)
JyutpingZiu6 Zi3ling4 (Kanton)
Lahir1943 (umur 80–81)
Hong Kong, Tiongkok
PekerjaanAktor, guru seni bela diri
Tahun aktif1978–2013

Chiu Chi-ling (Hanzi: 趙志淩; Jyutping: ziu6 zi3 ling4; kelahiran 1943) adalah seorang aktor yang biasanya tampil dalam film-film gaya Kung Fu yang diproduksi di Hong Kong. Ia juga mengajar Hung Gar Kung Fu di Chiu Chi-ling Hung Gar Kung Fu Association, sebuah sekolah seni bela diri yang berbasis di San Francisco yang ia dirikan, dan di old Chiu Family Kwoon di Hong Kong. Setiap tahun, ia mengunjungi murid-muridnya di seluruh dunua dan mengadakan turnamen Kung Fu dunia.

Ia telah tampil dalam lebih dari 70 film, baik sebagai aktor maupun pemeran pengganti. Kemampuannha sebagai aktor dan praktisioner seni bela diri membuatnya berkarya dengan sebagian besar pembuat film Hong Kong papan atas seperti Bruce Lee, Jackie Chan, Chow Yun-fat dan Stephen Chow.

Pada awal 1970an, ia membuka sebuah sekolah yang dihadiri selebriti, atlet dan penampol. Pengalamannya pada industri hiburan dimulai dengan berakting. Ia tampil dalam film-film gaya Kung Fu terkenal seperti Snake in the Eagle's Shadow, Duel of the Seven Tigers, Kung Fu Hustle, Journey to the West: Conquering the Demons. Adventures of Power dan The Mermaid.

Ia sekarang tinggal di Alameda, California.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]