Chip butty

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chip butty
Sebuah chip butty klasik yang dibuat dengan keripik, roti putih, dan mentega
Nama lainChip sandwich, chip barm, chip roll, chip muffin, chip stottie, piece and chips, hot chip sandwich, chip batch, chip sarnie, chip cob
JenisRoti lapis
Tempat asalBritania Raya
Bahan utamaRoti atau roti gulung, mentega, keripik (biasanya keripik kentang), dan kadang-kadang ditambahkan kondimen seperti saus cokelat, cuka malt, atau mayones
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Chip butty adalah roti lapis yang dibuat dengan bahan keripik (biasanya keripik kentang|kentang goreng) yang disajikan di atas roti putih berlapis mentega atau roti gulung dengan penambahan kondimen seperti saus cokelat, cuka malt, atau mayones.[1][2][3][4][5] Chip butty dapat ditemukan di kedai fish and chips dan di tempat makan umum di seputaran Britania Raya. Hidangan ini juga dikenal dengan beberapa nama seperti chip sandwich, chip batch, chip roll, chip muffin, piece and chips, chip piece, atau chip sarnie.

Salah satu variasinya adalah chip bap atau chip barm yang menggunakan roti bertepung atau kue bertepung bukannya irisan roti putih. Di East Midlands, chip butty yang dibuat dengan roti gulung disebut sebagai chip cob.

Scallop butty[sunting | sunting sumber]

Varian lain yang sering terlihat di wilayah Inggris bagian utara adalah scallop butty, di mana potato scallop (potongan kentang yang dilapisi adonan tepung lalu digoreng terendam dalam minyak panas) digunakan sebagai pengganti keripik.[6][7]

Budaya populer[sunting | sunting sumber]

Sebuah lagu mars sepakbola berjudul "The Greasy Chip Butty Song"(dinyanyikan sesuai dengan nada pada lagu "Annie's Song" oleh John Denver) populer di kalangan suporter klub Sheffield United F.C..[1][2]

Chip butty juga muncul sebagai item power-up dalam video game Earthworm Jim 2 dan sebagai sebuah rumah dalam permainan komputer The Neverhood.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Modha, Sanjana. "11 Reasons Why the Chip Butty Deserves Your Love and Respect". Food Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-01-13. Diakses tanggal 3 March 2017. 
  2. ^ a b Brooks, Zach. "Serious Sandwiches: The Chip Butty". Serious Eats. Diakses tanggal 3 Maret 2017. 
  3. ^ Kapadia, Jess (5 April 2012). "Eating in England: Chip Butty". Food Republic. Diakses tanggal 3 Maret 2017. 
  4. ^ Hayward, Tim (28 August 2015). "How to Make the Ultimate Chip Butty". The Telegraph. Diakses tanggal 3 Maret 2017. 
  5. ^ "Chip Butty: The British Empire Strikes Back". Sandwich Tribunal. 9 Juni 2015. Diakses tanggal 3 Maret 2017. 
  6. ^ Groch, Laura (9 Februari 2012). "Try Some New Sandwich Ideas". The San Diego Union-Tribune. Diakses tanggal 3 Maret 2017. 
  7. ^ "15 Regional Treats Worth Traveling For". Enterprise Magazine. Enterprise Rent-A-Car. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-03-04. Diakses tanggal 3 Maret 2017.