Chicago (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Chicago
Chicagopostercast.jpg
Poster film Chicago
Sutradara Rob Marshall
Produser Martin Richards
Skenario Bill Condon
Berdasarkan Chicago 
oleh Bob Fosse dan Fred Ebb
Chicago 
oleh Maurine Dallas Watkins
Pemeran Renée Zellweger
Catherine Zeta-Jones
Richard Gere
Queen Latifah
John C. Reilly
Musik John Kander
Sinematografi Dion Beebe
Penyunting Martin Walsh
Perusahaan
produksi
Producer Circle Company
Zadan/Meron Productions
Distributor Miramax Films
Tanggal rilis
  • 10 Desember 2002 (2002-12-10) (Samuel Goldwyn Theater)
  • 27 Desember 2002 (2002-12-27) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 24 Januari 2003 (2003-1-24) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
113 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $45 juta[2]
Pendapatan kotor $306,776,732[2]

Chicago adalah film komedi kriminal musikal Amerika Serikat tahun 2002 yang disutradarai oleh Rob Marshall dan diproduseri oleh Martin Richards. Naskah film ini ditulis oleh Bill Condon berdasarkan musikal Chicago karya Bob Fosse dan Fred Ebb serta drama Chicago karya Maurine Dallas Watkins. Film ini dibintangi oleh Renée Zellweger, Catherine Zeta-Jones, Richard Gere, Queen Latifah dan John C. Reilly.

Film Chicago ditayangkan secara perdana di Samuel Goldwyn Theater pada tanggal 10 Desember 2002 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 27 Desember 2002 secara terbatas dan 24 Januari 2003 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1924, Roxie Hart (Renée Zellweger) melihat bintang Velma Kelly (Catherine Zeta-Jones) tampil ("Overture / All That Jazz") di teater Chicago. Ingin menjadi bintang untuk dirinya sendiri, Roxie berselingkuh dengan Fred Casely (Dominic West), yang mengaku mengenal manajer. Setelah pertunjukkan, Velma ditangkap karena membunuh suaminya, Charlie, dan saudara perempuannya, Veronica, yang sedang tidur bersama.

Sebulan kemudian, Fred mengaku kepada Roxie bahwa ia tidak memiliki koneksi dan hanya menginginkan tubuh Roxie. Marah, Roxie menembak Fred hingga tewas. Roxie meyakinkan suaminya, Amos (John C. Reilly), untuk bertanggung jawab, memberitahunya bahwa Roxie membunuh seorang perampok untuk membela diri. Ketika Amos mengaku kepada detektif, Roxie berfantasi bahwa ia sedang menyanyikan lagu yang ditujukan untuk suaminya ("Funny Honey"). Namun, ketika detektif membawa bukti bahwa Roxie dan Fred berselingkuh, Amos menarik kembali pengakuannya. Roxie dengan marah mengakui apa yang sebenarnya terjadi dan ditangkap. Harrison (Colm Feore), seorang jaksa wilayah yang ambisius, mengumumkan bahwa ia akan mencari hukuman mati untuk Roxie.

Di Cook County Jail, Roxie dibawa ke Murderess' Row (penjara khusus wanita pembunuh) di bawah pengawasan Matron "Mama" Morton (Queen Latifah) yang korup ("When You Good to Mama"). Roxie bertemu dengan idolanya, Velma, namun Roxie ditolak mentah-mentah oleh Velma. Roxie mulai mengetahui kisah masa lalu dari para tahanan wanita lain di sana, termasuk Velma Kelly ("Cell Block Tango"). Atas saran Mama, Roxie menyewa pengacara Velma, Billy Flynn (Richard Gere) yang cerdas ("All I Care About"). Billy dan Roxie memanfaatkan para wartawan, menciptakan kembali identitas Roxie sebagai wanita yang semula berbudi luhur berubah menjadi buruk oleh kehidupan kota yang praktis. Roxie kemudian mengaku bahwa ia berselingkuh dengan Fred karena Amos selalu bekerja, namun ia bertobat dan mencampakkan Fred demi Amos, lalu Fred cemburu dan menyerang Roxie ("We Both Reached for the Gun"). Para wartawan percaya dengan kisah Roxie dan dipuji oleh masyarakat sebagai pahlawan yang tragis sehingga Roxie menjadi sensasi semalam ("Roxie"). Velma, yang merasa tidak senang karena kehilangan perhatian publik, mencoba meyakinkan Roxie untuk bergabung dengannya, menggantikan saudaranya yang terbunuh ("I Can't Do It Alone"), namun Roxie, yang sekarang lebih terkenal, menghina Velma seperti yang dilakukan Velma terhadap Roxie.

Sementara itu, Kitty Baxter (Lucy Liu), seorang pewaris kaya, ditangkap karena membunuh suaminya dan dua kekasih gelapnya, lalu para wartawan dan Billy lebih memperhatikannya. Yang membuat Velma terkejut, Roxie dengan cepat mencuri kembali ketenarannya dengan mengaku bahwa ia hamil. Amos diabaikan oleh para wartawan ("Mister Cellophane"), dan Billy, untuk menciptakan lebih banyak simpati bagi Roxie, meyakinkan Amos bahwa anak itu adalah anak Fred dan bahwa ia harus menceraikan Roxie di tengah kesulitannya. Roxie dengan penuh percaya diri memecat Billy, percaya bahwa Roxie sekarang bisa menanganinya sendiri. Namun, ketika Katalin Helinszki (Ekaterina Shchelkanova), seorang wanita Hungaria dari Murderess' Row, menjadi wanita pertama dalam sejarah Cook County Jail yang dieksekusi dengan digantung, Roxie menyadari situasi ini dan menyewa kembali Billy.

Pengadilan Roxie dimulai dan Billy mengubahnya menjadi tontonan media ("Razzle Dazzle") dengan bantuan wartawan surat kabar sensasional dan penyiar radio Mary Sunshine (Christine Baranski). Billy mencela saksi, memanipulasi bukti dan bahkan tahap perdamaian publik antara Amos dan Roxie ketika Roxie memberitahu bahwa anak itu milik Amos. Persidangan tampaknya berjalan dengan cara Roxie hingga Velma muncul dengan buku harian Roxie dan membaca hal-hal yang memberatkan sebagai ganti pengampunan dalam kasusnya sendiri. Billy mencela buku harian Roxie dan menyiratkan bahwa Harrison adalah orang yang menempatkan bukti kasus Roxie ("A Tap Dance"). Roxie dibebaskan, namun ketenarannya hilang beberapa saat kemudian ketika seorang wanita lain, yang juga menembak suaminya sendiri, menembak pengacaranya di luar gedung pengadilan. Billy memberitahu Roxie untuk menerimanya dan mengakui bahwa Billy merusak buku harian Roxie demi dirinya sendiri serta memberatkan jaksa wilayah dan juga membebaskan dua kliennya sekaligus. Amos tetap setia dan senang menjadi seorang ayah, namun Roxie dengan kejam menolaknya, mengungkapkan bahwa ia tidak hamil dan akhirnya, Amos meninggalkan Roxie.

Roxie memang menjadi pemain vaudeville, namun ia tidak sukses ("Nowadays"). Velma sama-sama tidak sukses sebagai pemain vaudeville dan lagi-lagi, ia mendekati Roxie dan menyarankan untuk tampil bersama sebagai dua pembunuh. Awalnya Roxie menolak, namun ia kemudian menerimanya ketika Velma menunjukkan bahwa mereka dapat tampil bersama meskipun mereka saling membenci satu sama lain. Roxie dan Velma memberikan penampilan spektakuler, yang membuat para penonton dan wartawan memuji mereka ("Nowadays / Hot Honey Rag"). Film ini berakhir dengan Roxie dan Velma yang menerima tepuk tangan meriah dari para penonton yang antusias dan menyatakan bahwa mereka tidak bisa melakukannya tanpa dukungan semua penonton dan wartawan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Renée Zellweger sebagai Roxanne "Roxie" Hart
  • Catherine Zeta-Jones sebagai Velma Kelly ("Cicero")
  • Richard Gere sebagai Billy Flynn
  • Queen Latifah sebagai Matron "Mama" Morton
  • John C. Reilly sebagai Amos Hart
  • Christine Baranski sebagai Mary Sunshine
  • Taye Diggs sebagai the Bandleader
  • Colm Feore sebagai Harrison
  • Lucy Liu sebagai Kitty Baxter
  • Dominic West sebagai Fred Casely
  • Mýa sebagai Mona ("Lipschitz")
  • Jayne Eastwood sebagai Mrs. Borusewicz
  • Chita Rivera sebagai Nicky
  • Susan Misner sebagai Liz ("Pop")
  • Denise Faye sebagai Annie ("Six")
  • Deidre Goodwin sebagai June ("Squish")
  • Ekaterina Shchelkanova sebagai Katalin Helinszki ("Uh Uh")
  • Conrad Dunn sebagai dokter

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

  1. "Overture / All That Jazz" – Velma and Company
  2. "Funny Honey" – Roxie
  3. "When You're Good to Mama" – Mama
  4. "Cell Block Tango" – Velma and Cell Block Girls
  5. "All I Care About" – Billy and Chorus Girls
  6. "We Both Reached for the Gun" – Billy, Roxie, Mary dan para wartawan
  7. "Roxie" – Roxie and Chorus Boys
  8. "I Can't Do It Alone" – Velma
  9. "Mister Cellophane" – Amos
  10. "Razzle Dazzle" – Billy and Company
  11. "A Tap Dance" - Billy
  12. "Class" – Velma and Mama (dipotong dari film; masuk ke DVD)
  13. "Nowadays" – Roxie
  14. "Nowadays / Hot Honey Rag" – Roxie dan Velma
  15. "I Move On" – Roxie dan Velma
  16. "All That Jazz" – Velma and Company

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Chicago mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 85%, berdasarkan 251 ulasan, dengan rating rata-rata 7.9/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 82 dari 100, berdasarkan 39 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Chicago mendapatkan $170,687,518 di Amerika Utara dan $136,089,214 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $306,776,732, melebihi anggaran produksi film $45 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $2,074,929, menempati posisi ke-13 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $8,238,709, menempati posisi ke-3 di box office di belakang film Darkness Falls dan Kangaroo Jack.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Chicago (12A)". British Board of Film Classification. December 12, 2002. Diakses tanggal March 6, 2014. 
  2. ^ a b c d "Chicago (2002)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "Chicago (2002)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Chicago reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]