Cheung Kong Holdings

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cheung Kong (Holdings) Limited
長江實業
Swasta
IndustriKonglomerat
PenerusCK Hutchison Holdings Limited
Didirikan1950-an
Ditutup03 Juni 2015 (2015-06-03)
Kantor
pusat
Cheung Kong Center, Pulau Hong Kong, Hong Kong
Tokoh
kunci
Li Ka Shing, Chairman
Victor Li Tzar-kuoi, Direktur Utama dan Wakil Chairman
ProdukLahan yasan, Investasi, Ilmu kehidupan, Teknologi informasi, Hotel, Telekomunikasi, dan Internet
PendapatanHK$32,863 milyar (US$4,2 milyar) (2010)
HK$26,478 milyar (US$3,4 milyar) (2010)
Karyawan
9.500 (2010)
Situs webwww.ckh.com.hk Sunting ini di Wikidata
Catatan kaki / referensi
Mitra: Hutchison Whampoa
Cheung Kong Infrastructure Holdings Limited
Hutchison Asia Telecommunications dan TOM Group
Cheung Kong Holdings
Hanzi tradisional: 長江實業 (集團) 有限公司
Hanzi sederhana: 长江实业 (集团) 有限公司

Cheung Kong (Holdings) Limited, dulunya adalah sebuah konglomerat multinasional yang berkantor pusat di Hong Kong. Perusahaan ini pun merupakan salah satu konglomerat multinasional terkemuka di Hong Kong. Perusahaan ini digabung dengan anak usahanya, Hutchison Whampoa pada tanggal 3 Juni 2015, sebagai bagian dari reorganisasi besar-besaran,[1] sehingga terbentuklah CK Hutchison Holdings.

Chairman Cheung Kong Holdings adalah Li Ka Shing (李嘉誠), sementara anak tertuanya, Victor Li (李澤鉅) menjadi Direktur Utama dan Wakil Chairman. Li Ka Shing mendirikan Cheung Kong Industries pada dekade 1950-an sebagai produsen plastik. Di bawah kepemimpinannya, perusahaan tersebut tumbuh dengan cepat dan kemudian berevolusi menjadi perushana investasi properti. "Cheung Kong (Holdings) Limited" akhirnya didirikan pada tahun 1971.[2]

Cheung Kong Group dulunya merupakan salah satu pengembang perumahan, perkantoran, pertokoan, industri, dan hotel terbesar di Hong Kong. Dengan keahliannya di bidang pengembangan properti dan perumahan, Cheung Kong Holdings pun telah membangun sejumlah bangunan dan kompleks paling ikonik di Hong Kong. Sebagai bagian dari reorganisasi, sebuah perusahaan baru didirikan pada bulan Juni 2015 untuk mengelola aset properti dari perusahaan ini, dengan nama Cheung Kong Property Holdings.

Anak usaha[sunting | sunting sumber]

Kapitalisasi pasar Cheung Kong Group mencapai HK$1.148 miliar pada tanggal 31 Januari 2015. Perusahaan ini beroperasi di lebih dari 50 negara dan mempekerjakan lebih dari 240.000 orang di seluruh dunia.

Perusahaan ini memiliki sembilan anak usaha, yakni:

Kantor pusat perusahaan di Cheung Kong Center

Perusahaan ini resmi melantai di Bursa Saham Hong Kong pada tahun 1972 sebagai Cheung Kong Holdings, dan kemudian mengembangkan bisnisnya ke pengembangan properti dan investasi, dengan fokus di ilmu kehidupan dan sejumlah bisnis lain.[3]

Cheung Kong Group menjadi salah satu pengembang terbesar di Hong Kong dengan sejarah panjang dalam pengembangan properti. Sekitar seperduabelas dari total perumahan di Hong Kong pun dikembangkan oleh perusahaan ini.

Perusahaan ini dan Sun Hung Kai Properties cukup dominan dalam bidang pengembangan perumahan, dengan menguasai 70% pangsa pasar pada tahun 2010, naik sekitar 50% dari pangsa pasar pada tahun 2003. Hal ini diduga oleh Dewan Konsumen karena kebijakan pemerintah yang melelang tanah dalam luas yang sangat besar, sehinga menyulitkan perusahaan kecil untuk memenangkan lelang.[4]

Dewan direksi perusahaan ini antara lain Wong Yuchin, Victor Li Tzar-kuoi, anak tertua Li Ka-shing, Canning Fok, Simon Murray, dan dipimpin oleh Li senior.

Restrukturisasi[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 2015, Li Ka Shing mengonfirmasi bahwa perusahaannya akan direstrukturisasi, sementara bisnis propertinya akan dipisah menjadi perusahaan independen, dengan nama Cheung Kong Property.[5] Sebagai bagian dari restrukturisasi, Cheung Kong Holdings akan membeli saham Hutchison Whampoa yang masih dimiliki pihak lain, dan menggabungkan keduanya ke dalam satu perusahaan, dengan nama CK Hutchison Holdings. Perusahaan baru tersebut resmi didaftarkan pada tanggal 18 Maret 2015 di Kepulauan Cayman, dengan sahamnya diperdagangkan di Hong Kong.[1]

Hutchison Whampoa mencabut pencatatan sahamnya pada tanggal 3 Juni 2015, bersamaan dengan resmi melantainya Cheung Kong Property Holdings di Bursa Saham Hong Kong.[6][7]

Kepemilikan saham[sunting | sunting sumber]

Telekomunikasi[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini mengoperasikan jaringan telekomunikasi seluler dengan merek 3 di 10 negara, yang diwariskan dari Hutchison Whampoa.

Anak usaha telekomunikasi CK Hutchison di Hong Kong dan Australia mencatatkan sahamnya di bursa saham lokal, dengan perusahaan ini memegang masing-masing 66,09% dan 87,87% saham di kedua perusahaan tersebut.

Cheung Kong Infrastructure Holdings Ltd[sunting | sunting sumber]

Chairman Cheung Kong Infrastructure Holdings Limited (CKI) adalah Victor Li Tzar Kuoi. CKI merupakan perusahaan infrastuktur yang mencatatkan sahamnya di Bursa Saham Hong Kong. Perusahaan ini fokus pada pengembangan, investasi, dan pengoperasian bisnis infrastruktur di sejumlah negara seperti Tiongkok, Australia, dan Britania Raya.[8]

CK Hutchison memegang 75,67% saham perusahaan ini.

Power Assets Holdings Limited[sunting | sunting sumber]

Chairman Power Assets Holdings Limited adalah Canning Fok Kin-ning. Anak usaha Hongkong Electric antara lain:[9]

  • Hongkong Electric Company Limited (HEC),
  • Hongkong Electric International Limited (HEI),
  • Associated Technical Services Limited (ATS); dan
  • beberapa anak usaha kecil.

Hongkong Electric Company Limited utamanya fokus membangkitkan dan memasok listrik di Pulau Hong Kong dan Pulau Lamma. Hongkong Electric International Limited melakukan investasi ketenagalistrikan di luar negeri, sementara Associated Technical Services Limited bergerak pada bidang manajemen proyek dan konsultansi.

CK Hutchison memegang 38,87% saham perusahaan ini.

CK Life Sciences Int'l., (Holdings) Inc.[sunting | sunting sumber]

CK Life Sciences bergerak pada riset dan pengembangan, komersialisasi, pemasaran, dan penjualan produk bioteknologi. Produk yang dikembangkan oleh CK Life Sciences dikategorikan ke dua area, yakni :

  1. Kesehatan manusia; dan
  2. Keberlanjutan lingkungan.

CK Hutchison memegang 45,32% saham di perusahaan ini.

Investasi lain[sunting | sunting sumber]

Selain mengembangkan properti, perusahaan patungan CK Hutchison antara lain TOM Group Limited.[10] iMarkets Ltd, iBusiness Corporation Limited, CK Communications Ltd, Excel Technology International Holdings Ltd, mReferral Corporation (HK) Ltd, dan Beijing Net-Infinity Technology Development Co., Ltd.

Kepemilikan Hutchison Whampoa terhadap 40,2% saham perusahaan energi Kanada, Husky Energy diserahkan ke CK Hutchison pasca penggabungan selesai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Sito, Peggy; Li, Sandy (25 February 2015). "Li Ka-shing's two firms set for merger as Cheung Kong shareholders approve revamp". South China Morning Post. Diakses tanggal 12 March 2015. 
  2. ^ "cheung kong holdings ltd (1:Hong Kong)". Businessweek. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 June 2013. Diakses tanggal 21 March 2013. 
  3. ^ "Cheung Kong (Holdings) Ltd". Reuters. Diakses tanggal 18 April 2013. 
  4. ^ Kwok, Vivian (12 Aug 2010). "Two developers tower over market". South China Morning Post. Diakses tanggal 12 Aug 2010. 
  5. ^ Yun, Michelle; Chan, Vinicy (9 January 2015). "Cheung Kong to Buy Out Hutchison in $24 Billion Restructuring". Bloomberg Business. Diakses tanggal 12 March 2015. 
  6. ^ Wong, Imogene (27 May 2015). "Curtains down for Hutchison Whampoa". The Standard. Diakses tanggal 31 May 2015. [pranala nonaktif permanen]
  7. ^ Yun, Michelle (3 June 2015). "Li Ka-shing's Property Spin Off Debuts at HK$70 in Hong Kong". Bloomberg Business. Diakses tanggal 25 August 2015. 
  8. ^ Cheung Kong Infrastructure Holdings Limited: Chairman's message
  9. ^ Hongkong Electric Holdings Limited: About us Diarsipkan 28 September 2007 di Wayback Machine.
  10. ^ TOM Group: Company Overview Diarsipkan 14 August 2007 di Wayback Machine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]