Cherusci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kekaisaran Romawi pada masa kekuasaan Kaisar Hadrianus (berkuasa 117–138). Peta ini menunjukkan lokasi suku Cherusci di Jerman barat laut.

Cherusci adalah suku Jermanik yang menghuni wilayah dataran rendah dan hutan di Jerman barat laut, di wilayah yang mungkin terletak di dekat Hannover saat ini, pada abad pertama SM dan M. Berdasarkan kelompok etnis, Plinius yang Tua mengelompokkan suku ini bersama dengan suku Suebi, Chatti, Hermunduri, dan Hermiones, sebagai salah satu dari kelompok Jerman yang diduga merupakan keturunan Mannus.[1]

Suku ini pertama kali disebutkan dalam sejarah dalam Buku 6.10 De Bello Gallico karya Julius Caesar, yang menyebut peristiwa pada tahun 53 SM. Pada tahun 12 SM, suku ini ditundukkan oleh Romawi. Saat Romawi mencoba memperluas perbatasannya ke utara, mereka memanfaatkan perpecahan dalam suku Cherusci, dan suku Cherusci pernah dianggap sebagai sekutu Romawi. Pada masa tersebut, suku ini terbagi antara suku yang dipimpin oleh Arminius dan suku yang berada di bawah kepemimpinan Segestes. Arminius ingin memerdekakan sukunya, sementara Segestes ingin tetap setia. Pada tahun 8 M, Arminius berhasil unggul dan mulai merencanakan pemberontakan. Segestes berkali-kali memperingatkan Gubernur Galia Publius Quinctilius Varus akan rencana ini, tetapi Varus menolak bertindak sebelum pemberontakan dimulai.

Pada tahun 9 M, selama berlangsungnya Pertempuran Hutan Teutoburg, pasukan-pasukan Jermanik yang dipimpin oleh Arminius berhasil menghancurkan tiga legiun Romawi yang dipimpin oleh Varus. Pertempuran ini dikenal sebagai salah satu kekalahan terbesar Romawi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Plin. Nat. 4.28". Perseus.tufts.edu. Diakses tanggal 2013-12-31.