Chernobog

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Chernobog (dari bahasa Proto-Slavia "čĭrnŭ" yang berarti "hitam", dan "bogŭ" yang berarti "dewa") – juga dieja Chernabog, Czernobog, Chornoboh, Czorneboh, Čiernoboh, Crnobog, Tchernobog dan Zcerneboch, adalah figur dewa dalam mitologi Slavia. Namanya berarti "dewa hitam", tetapi tidak banyak yang diketahui mengenai dirinya. Satu-satunya sumber sejarah berasal dari sumber Kristen yang menggambarkan dewa ini sebagai dewa yang jahat dan terkutuk, tetapi tidak diketahui apakah dewa ini benar-benar dianggap sebagai dewa yang jahat oleh orang-orang Slavia kuno. Nama ini disebutkan oleh suku-suku Slavia Barat pada abad ke-12, sehingga diduga ia bukan dewa yang sangat penting atau bukan dewa lama.

Salah satu sumber sejarah yang menyebutkan nama dewa ini adalah Chronica Slavorum dari abad ke-12 yang ditulis oleh pendeta Jerman, Helmold. Ia mencoba menjelaskan kepercayaan orang-orang Wend dan Polabia.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tschan, Francis Joseph, ed., trans. (1935). The Chronicle of the Slavs by Helmold, Priest of Bosau. New York: Columbia University Press. hlm. 159.