Chen Hongshou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chen Hongshou

Chen Hongshou tahun 1635.
Hanzi tradisional: 陳洪綬
Hanzi sederhana: 陈洪绶
Gambar ilustrasi untuk novel Romansa Kamar Barat karya Chen Hongshou.

Chen Hongshou (1598–1652), sebelumnya diromanisasi "Ch'en Hung-shou", adalah seorang pelukis Tiongkok pada zaman dinasti Ming.

Makam Chen Hongshou di Shaoxing.

Kehidupannya[sunting | sunting sumber]

Chen lahir di Zhuji, Zhejiang pada tahun 1598, di masa Dinasti Ming. Nama kehormatannya adalah Zhanghou (章侯), dan menggunakan berbagai nama samaran antara lain: Laolian (老莲), Fuchi (弗迟), Yunmenseng (云门僧), Huichi (悔迟), Chiheshang (迟和尚) dan Huiseng (悔僧).[1] Ia pernah dilatih oleh Lan Ying, dan terampil melukis sosok manusia dengan bentuk yang agak aneh, pemandangan alam, bunga, dan burung. Dia menggunakan sapuan kuas bulat yang tebal, dalam, dan warna yang presisi, sehingga menghasilkan gaya yang unik. Dia sering melukis ilustrasi dan membuat gambar di atas tapestri (kain tenun). Dua karya agungnya, "Shui Hu Ye Zi" (水浒 叶子) dan "Bo Gu Ye Zi", adalah contoh langka pada zaman dinasti Ming dan dinasti Qing. Pada masanya, Chen sangat terkenal sehingga namanya dijadikan frasa dalam bahasa Mandarin sehari-hari "Chen di Selatan dan Cui di Utara", Cui merujuk kepada pelukis Cui Zizhong. Selain sebagai pelukis, Chen juga ahli dalam kaligrafi Tiongkok, puisi, dan prosa.

Karyanya[sunting | sunting sumber]

Magnolia dan Batu Karang (玉堂柱石圖) karya Chen Hongshou, Museum Istana, Beijing.

Karya-karyanya menjadi koleksi di beberapa museum di seluruh dunia, termasuk yang berikut ini yang ada di museum Amerika Serikat:

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cihai: Page 431.