Chen Geng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chen Geng
Jenderal Besar Chen Geng
Lahir17 Februari, 1903
Xiangxiang, Hunan, Dinasti Qing
Meninggal16 Maret, 1961
Shanghai, Tiongkok
PengabdianPartai Komunis Tiongkok
Dinas/cabang Tentara Pembebasan Rakyat
Lama dinas1927–1961
PangkatJenderal Besar Tentara Pembebasan Rakyat
KomandanDeputi Komandan Tiongkok Timur
Perang/pertempuranEkspedisi Utara, Mars Panjang, Serangan Seratus Resimen, Perang Saudara Tiongkok, Perang Korea, Perang Indochina Pertama
PenghargaanOrder of Bayi, Order of Independence and Freedom, Order of Liberation
Pekerjaan lainPolitisi, Penulis

Chen Geng (Hanzi: 陳賡; Pinyin: Chén Gēng; 27 Februari 1903 – 16 Maret 1961) adalah pemimpin militer Partai Komunis Tiongkok, salah satu dari sepuluh jenderal besar Tentara Pembebasan Rakyat.

Chen lahir di provinsi Hunan, anak kedua dari 12 bersaudara. Namun karena kakak laki-lakinya meninggal lebih awal karena sakit, Chen dianggap sebagai putra tertua. Ia bergabung dengan Partai Komunis Tiongkok pada tahun 1922 dan masuk Akademi Militer Whampoa pada tahun 1924.

Pada bulan Maret 1933, Chen mengalami luka di kakinya sehingga dikirim ke Shanghai untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih baik, dan ia memberikan beberapa informasi mengenai Republik Soviet Tiongkok di Jiangxi kepada jurnalis Amerika, Agnes Smedley yang kemudian dijadikan sebagai narasumber untuk bukunya yang berjudul China's Red Army Marches.[1]

Dia terkenal akan sifatnya yang terus terang dan humoris. Dikabarkan dia sering bercanda dengan rekan-rekannya bahkan dengan para perwira seniornya seperti Mao Zedong, Zhou Enlai, dan Lin Biao, bahkan dia satu-satunya yang berani bercanda dengan Peng Dehuai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ MacKinnon, Janice R. and MacKinnon, Stephen R. (1988) Agnes Smedley: The Life and Times of an American Radical University of California Press, Berkeley, page 157.
Jabatan politik
Didahului oleh:
Gubernur Yunnan
1950–1955
Diteruskan oleh:
Guo Yingqiu