Chelah Horsdal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Chelah Horsdal
Horsdal pada Desember 2009
Lahir19 Juni 1973 (umur 50)
Vancouver, British Columbia,  Kanada
Pekerjaan
Tahun aktif1993
2002–sekarang
Orang tuaPaul Valdemar Horsdal (ayah)
Lindsay Whalen (ibu)

Chelah Horsdal (lahir 19 Juni 1973)[1] adalah seorang aktris Kanada. Dia terkenal karena peran regulernya di serial televisi Hell on Wheels, When Calls the Heart, dan The Man in the High Castle, peran berulang di Stargate SG-1, Level Up, Arrow, dan untuk perannya dalam film Aliens vs. Predator: Requiem dan Rise of the Planet of the Apes.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Horsdal lahir di Vancouver, British Columbia.[1] Dia mengatakan bahwa dia "dilahirkan oleh orang tua hippie sementara dikelilingi oleh teman-teman dan keluarga di 'pertanian' Headacres".[2]

Dia adalah putri dari ibu Lindsay dan ayah seorang, Valdy.[1] Ia tumbuh bersama ibunya di Kitsilano dan menghadiri Bayview Elementary diikuti oleh Lord Byng Secondary. Dia mulai menjadi model di berbagai acara TV dan iklan lokal di usia 18 tahun, dan kemudian tinggal di Karibia selama setahun.[2]

Karier[sunting | sunting sumber]

Horsdal memulai karier aktingnya pada tahun 2002. Sejak itu ia telah muncul di lebih dari 75 iklan serta di film dan televisi. Dia telah memainkan peran utama dan pendukung di Hell On Wheels, The Man In The High Castle, When Calls The Heart, Candiland, Patterson's Wager, Three Weeks, Three Kids, On Strike For Christmas, Marley & Me; The Puppy Years, and Lifetime's The Client List. Dia memiliki peran utama dalam Lying To Be Perfect and Mrs. Miracle.

Kredit tambahan termasuk petunjuk tentang fitur Burning Mussolini, Nickelodeon's Gym Teacher: The Movie, yang dibintangi bersama Christopher Meloni dan Amy Sedaris, Flirting With Forty dengan Heather Locklear dan the FOX TV pilot The Virgin of Akron, Ohio.[3] Peran pendukung pada Aliens vs. Predator: Requiem for 20th Century Fox and Possession alongside Sarah Michelle Gellar, as well as Elegy bersama Ben Kingsley, Penélope Cruz dan Rise of the Planet of the Apes dengan John Lithgow, James Franco.

Penampilannya di film pendek Dark Room (2006) dan "The Hostage" (2010) keduanya mendapatkan nominasi Leo untuk Penampilan Terbaik. Peran berulang termasuk Battlestar Galactica, Exes & Ohs, The L Word, Stargate: SG1, Saved, DaVinci's Inquest, Whistler, Blackstone, Clue dan Cartoon Network's Level Up.[4][5]

Horsdal dinominasikan untuk Aktris Terbaik di Leos 2011, ikut membintangi dan diproduksi oleh Tahmoh Penikett dan Aleks Paunovic. [butuh rujukan]Horsdal dinominasikan untuk empat Penghargaan Leo lebih untuk tamunya dibintangi giliran "Arctic Air" (2013), untuk "Hell On Wheels" dan "When Calls The Heart", dan untuk "Taruhan Patterson". [butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Chelah Horsdal". TVGuide.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 4, 2015. Diakses tanggal January 11, 2016. 
  2. ^ a b "Biodata". Chelha Horsdal. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 12, 2016. Diakses tanggal January 11, 2016. 
  3. ^ "Jill Latiano Is The Virgin of Akron, Ohio". Movieweb.com. May 2, 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-10-17. Diakses tanggal June 11, 2017. 
  4. ^ "Commercial". Chelha Horsdal official site. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 12, 2016. Diakses tanggal January 11, 2016. 
  5. ^ "Television". Chelha Horsdal official site. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 12, 2016. Diakses tanggal January 11, 2016.