Chatarina Sri Pujiastuti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Chatarina Sri Pujiastuti yang akrab dipanggil Katrin lahir pada tanggal 17 Februari 1968 di Malang. Dalam mengisi kesehariannya, ia menekuni pekerjaan sebagai petani kopi di Desa Baturetno, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Ia adalah putri dari Damarwulan Prasetya.[1]

Berbekal pengalaman dan pengetahuan dari ayahnya, Katrin kini menekuni pertanian kopi dan mengelola warisan lahan keluarganya.

Tahun 2009, Katrin mengikuti kegiatan Aliansi Petani Perempuan Indonesia (APPI) di Kota Malang. Melalui kegiatan tersebut, Katrin terinspirasi bahwa sebagai perempuan petani tidak menutup kemungkinan mampu mengubah keadaan. Aspirasi Katrin dalam memajukan bidang pertanian kopi yaitu dengan menyuarakan cara bertanam kopi yang baik. Sejak itu, Katrin berkomitmen untuk terus terjun dalam sosialisasi penanaman, pengolahan, dan pemetikan kopi yang baik.

Tahun 2010, Katrin menghadiri kegiatan perguliran koperasi yang diselenggarakan oleh Gubernur Jawa Timur. Melalui kegiatan ini, Katrin didorong untuk mengajak para istri petani berhimpun dalam koperasi wanita agar mereka dapat memperoleh modal dan tabungan dari hasil koperasi yang dikelola. Sejak itu, Katrin dipercaya menjadi Ketua Koperasi Wanita Usaha Baru Baturetno.

Tahun 2017, Katrin menjabat sebagai pengawas kelompok wanita tani Mahkota Dewi Baturetno dan pengawas Koperasi Sridonoretno Makmur Bersama.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Irawati, Dahlia (23 April 2018). "Chatarina Sri Pujiastuti Berjuang untuk Petani Kopi". Diakses tanggal 16 September 2018.  line feed character di |title= pada posisi 40 (bantuan)