Charles Spearman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Charles E. Spearman (1863 - 1945) adalah seorang tokoh terkemuka dari Inggris yang lahir pada tahun 1863. Spearman pernah menjadi perwira di Angkatan Darat dan mencapai pangkat Mayor di usia 40 Tahun. Pada Tahun 1908 memperoleh gelar Ph.D di Jerman dan mengakhiri kariernya di bidang akademik di University College, London.

Spearman dikenal dengan teori tentang inteligensi umumnya, selain itu juga tentang metodologi statistik, analisis faktor, korelasi peringkat Spearman dan rumusan ramalan spearman-Brown. Inovasi metodologinya diarahkan kepada definisi dan pengukuran yang lebih baik.

Spearman menganggap intelegensi sebagai kemampuan umum yang terlibat di dalam pelaksanaan hampir semua tugas - tugas mental. variasi tes mental dapat dibagi menjadi dua bagian : satu bagian dihubungkan dengan perbedaan individual dan satu bagian lainnya dengan tes yang tertentu. Faktor yang spesifik hanya diungkap oleh tes tertentu saja dan disebut faktor-s. Karena koefisien korelasi menunjukkan proporsi variasi yang dibagi dari dua variabel, Spearman dapat mengembangkan metode-metode menganalisis suatu matriks korelasi diantara tes - tes untuk menentukan adanya faktor umum dan mengkalkulasi untuk suatu tes, korelasinya dengan faktor umum yang mendasarinya.

Teori dua faktor Orisinil Spearman meliputi faktor - g dan faktor - s yaitu faktor umum dan faktor khusus. kemudian diperluas lagi menjadi faktor - faktor berkelompok.Kemudian teori ini dikembangkan lagi oleh Thurstone dan tokoh lain dengan menekankan pada faktor kelompok sehingga faktor g menjadi faktor yang kedua.[1]

Referensi:[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baihaqi, MIF (2014). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Luar Biasa. Bandung: Nuansa Cendekia. hlm. 374-375. ISBN 9786028395755.