Charles I dari Flandria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Charles yang Baik
Blessed Charles the Good.jpg
Patung di dalam sebuah Basilika di Bruges
Lahir Odense, Denmark
Wafat 2 Maret 1127
Bruges, Kabupaten Flandria (sekarang Belgia)
Dibeatifikasi 1884
Pesta 2 Maret

Yang diberkati Charles yang Baik (1083 – 2 Maret 1127) merupakan seorang Comte Flandria dari tahun 1119 sampai 1127. Ia paling dikenang karena pembunuhannya dan setelah itu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Charles dilahirkan di Denmark, putra tunggal Raja Knud IV (Santo Knud) dan Adèle dari Flandria dari tiga bersaudara. Ayahandanya tewas terbunuh di Katedral Odense pada tahun 1086, dan Adèle melarikan diri ke Flandria, dengan membawa Charles kecil dengannya dan meninggalkan putri kembarnya Ingeborg dan Cecilia di Denmark. Charles dibesarkan di istana comital kakeknya Robert I dan pamandanya Robert II. Pada tahun 1092 Adèle pergi ke Italia selatan untuk menikah dengan Roger Borsa, adipati Apulia, ia meninggalkan Charles di Flandria.

Pada tahun 1111 Robert II meninggal, dan sepupu Charles Baudouin VII menjadi comte. Charles menjadi penasihat dekat comte yang baru (yang beberapa tahun lebih muda darinya), yang pada sekitar tahun 1118 mengatur pernikahan Charles dengan seorang ahli waris comte Amiens, Marguerite dari Clermont. Baudouin yang tidak memiliki keturunan terluka parah ketika memerangi raja Perancis pada bulan September 1118, dan ia menunjuk Charles sebagai penggantinya sebelum ia meninggal pada tanggal 17 Juli 1119.[1]

Pada tahun 1125 Charles mengusir bangsa Yahudi dari Flandria, yang mengakibatkan mereka menderita wabah kelaparan yang besar di dalam wilayahnya pada tahun itu.[2] Selama bencana itu terjadi, Charles mendistribusikan roti kepada orang miskin dan mengambil tindakan pencegahan biji-bijian yang ditanam dijual dengan harga yang terlalu tinggi. Didorong oleh penasihatnya, ia juga mulai memproses untuk mengurangi pengaruh keluarga Erembald, yang banyak terlibat di dalam aktivitas ini, ke dalam status perbudakan. Sebagai akibatnya, Fr. Bertulf FitzErembald,provost dari gereja Sint-Donaas,[3]sebuah gereja yang sangat penting di Bruges, mendalangi sebuah konspirasi untuk membunuh Charles dan penasihatnya.

Pada suatu pagi tanggal 2 Maret 1127, ketika Charles berlutut untuk berdoa di dalam gereja Sint-Donaas, sekelompok ksatria yang bekerja untuk keluarga Erembald memasuki gereja dan memarangnya sampai tewas dengan pedang. Pembunuhan brutal yang terjadi itu memicu kemarahan publik yang besar, dan ia segera dianggap populer sebagai seorang Martir dan Santo, meskipun tidak resmi dibeatifikasikan sampai tahun 1882.[4]

Keluarga Erembald yang merencanakan dan melakukan pembunuhan terhadap Charles, ditawan dan disiksa sampai mati oleh para nobel dan rakyat yang marah di Bruges dan Ghent. Raja Louis VI dari Perancis, yang mendukung pemberontakan terhadap Erembald, menggunakan kesempatan itu untuk memilih calonnya sendiri, Guillaume Cliton, sebagai Comte Flandria berikutnya.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Marique, Pierre. "Flanders." The Catholic Encyclopedia. Vol. 6. New York: Robert Appleton Company, 1909. 11 Jan. 2013
  2. ^ "Ghent", Jewish Encyclopedia
  3. ^ later the cathedral of the bishop of Bruges, but not until 1562
  4. ^ At the Petit Palais Museum in Paris there is a remarkable painting of his funeral by the Belgian artist Jan van Beers (1852–1927).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Baudouin VII
Comte Flandria
1119–1127
Diteruskan oleh:
Guillaume Cliton