Chaos;Head

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Chaos;Head
Chaos Head Logo.jpg
カオスヘッド
(Kaosu Heddo)
GenreAksi, Psikologis, Romantis, Fiksi ilmiah, Supernatural, Thriller
Anime
Chaos;Head
SutradaraIshiyama Takaaki
StudioMadhouse
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Chaos;Head (カオスヘッド, Kaosu Heddo) adalah sebuah game Visual Novel Jepang yang dikembangkan oleh 5pb. dan Nitroplus pada tanggal 25 April 2008 untuk PC. Pada tanggal 26 Februari 2009, dirilis pula untuk versi Xbox 360nya yang berjudul Chaos;Head Noah (カオスヘッドノア Kaosu Heddo Noa), dengan berbagai perubahan, terutama penambahan ending pada gamenya. Game ini mengandung unsur fiksi ilmiah, psikologi, dan kekerasan. Oleh pengembangnya, game ini disebut sebagai "Delusional Science NVL" (妄想科学NVL Mōsō Kagaku NVL). Game ini bercerita seputar kehidupan seorang sisa SMU bernama Takumi Nishijō, yang secara tidak sengaja berada di lokasi sebuah kejadian pembunuhan sadis. Akibatnya ia dijadikan tersangka utama oleh pihak kepolisian. Setelah kejadian itu, berbagai pembunuhan sadis pun terjadi. Takumi berjuang menghadapi kenyataan dan khayalan yang dia rasakan untuk membuktikan bahwa ia tidak bersalah dan mencari pelaku yang sebenarnya.

Cerita dari game ini sudah dangkat menjadi manga di Dengeki Daioh, terbitan ASCII Media Works pada tanggal 21 Mei 2008. Serial manga yang kedua, yang memfokuskan pada cerita Sena Aoi dan Kozue Orihara sudah dimuat di Monthly Comic Alive terbitan Media Factory pada 26 September 2008. Serial animasinya sendiri ditayangkan pada bulan Oktober 2008, yang diproduksi oleh studio Madhouse.

Plot[sunting | sunting sumber]

Chaos;Head secara keseluruhan mengambil tempat di kawasan Shibuya, Tokyo, di Jepang, meski sebagian dari tempat-tempat yang ada di daerah itu sedikit diubah dari tempat aslinya. Beberapa situs-situs terkemuka di internet juga ditampilkan disini, meski namanya diubah karena masalah lisensi, seperti Wi-Key Pedophillia (dari Wikipedia), @-channel (2channel), MewTube (YouTube), dan Taboo! (Yahoo!). Secara garis besar, game ini mengambil tema psikologis yang beruhubungan dengan keadaan fisik dan mental seseorang.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Cerita dari Chaos;Head berlatarkan pada tahun 2008, dan mengambil tempat di kawasan Shibuya, Tokyo. Takumi Nishijō adalah seorang murid kelas 2 SMU Suimei. Ia adalah seorang yang tertutup, dan sangat susah untuk bersosialisasi dengan dunia nyata. Ia lebih memilih mengurung diri di kontainernya dan menjelajahi dunia maya. Namun pada suatu ketika, ia tersangkut kasus pembunuhan berantai “New Gen”, dimana ia secara kebetulan berada di tempat kejadian pembunuhan tersebut. Ia pun kemudian menjadi panik dan trauma akan menjadi korban pembunuhan berikutnya.

Polisi pun kemudian mencurigainya, karena terdapat bukti yang menyatakan bahwa Takumi berada di tempat kejadian pembunuhan. Takumi pun berjuang untuk membershikan namanya dari segala tuduhan dan mencari pelaku yang sebenarnya, dibantu oleh teman-teman barunya. Namun jalan yang ditempuh untuk menngungkap kebenaran itu sangat berliku, karena kasus ini bagaikan sebuah gunung es, dan melibatkan berbagai orang-orang yang berpengaruh di Jepang.

Penokohan[sunting | sunting sumber]

Pemeran Utama[sunting | sunting sumber]

Takumi Nishijō (西條 拓巳, Nishijō Takumi)
Pengisi suara: Hiroyuki Hoshino
Takumi, murid kelas 2 SMU Suimei ini adalah pemeran utama dalam serial ini, baik di game maupun serial animasinya. Ia adalah orang yang sangat tertutup, kurang bersosialisasi, dan sangat jarang masuk sekolah (ia masuk hanya untuk memenuhi syarat minimal kelulusan di sekolahnya). Ia sering mengatakan bahwa ia tidak tertarik pada perempuan di dunia nyata, dan sebisa mungkin selalu menghindari pembicaraan dengan mereka. Ia lebih suka menghabiskan waktunya menonton anime, menjelajah di internet, dan bermain MMORPG di “rumah”nya, sebuah kontainer yang terletak di atap dari gedung Kurenai di daerah Shibuya. Ia memiliki seorang adik perempuan yang bernama Nanami.
Rimi Sakihata (咲畑 梨深, Sakihata Rimi)
Pengisi suara: Eri Kitamura
Rimi adalah gadis berambut merah muda yang juga adalah teman sekelas Takumi. Ia pertama kali bertemu di lokasi kejadian pembunuhan “New Gen” kedua. Menurutnya, ia, Takumi, dan Daisuke telah berteman semenjak kelas 1, namun Takumi sama sekali tidak mengingat hal itu. Ia adalah tokoh utama wanita di game dan animasinya dan juga salah seorang “Gigalomanic”, dan memiliki Di-Sword.
Sena Aoi (蒼井 セナ, Aoi Sena)
Pengisi suara: Hitomo Nabatame
Sena adalah murid kelas 3 SMU Suimei. Takumi pertama kali bertemu dengannya di sekolah. Namun ia lebih sering bertemu dengannya di daerah Shibuya, dengan memegang sebuah pedang besar (yang sebenarnya adalah sebuah Di-Sword) dan sedang memakan es krim. Ia juga seorang “Gigalomanic”. Ia sangat membenci ayahnya, yang menurutnya sebagai penyebab kematian dari ibu dan adiknya.
Yua Kusunoki (楠 優愛, Kusunoki Yua)
Pengisi suara: Chiaki Takahashi
Yua adalah murid kelas 3 SMU Suimei. Awalnya ia selalu menguntit Takumi, namun ia kemudian memberanikan diri untuk berteman dengannya. Namun hal tersebut hanyalah sebuah usahanya untuk menyelidiki keterlibatan Takumi dengan kejadian pembunuhan “New Gen” yang terjadi belakangan ini. Ia juga adalah seorang “Gigalomanic”, dan juga memiliki Di-Sword.
Kozue Orihara (折原 梢, Orihara Kozue)
Pengisi suara: Ayumi Tsuji
Kozue adalah murid kelas 2 SMU Suimei, dan juga teman sekelas Takumi. Ia adalah seorang murid pindahan. Awalnya ia terlihat seperti gadis pendiam yang sama sekali tidak berbicara kepada siapapun, namun ia memiliki kemampuan telepati. Hal ini terjadi akibat kejadian pada masa kecilnya dimana ia sering diejek oleh teman-temannya karena bisa bertelepati dan mengalami trauma yang cukup berat. Ia menyebut dirinya sendiri Kozupii, dan juga seorang “Gigalomanic” yang mempunyai Di-Sword.
Ayase Kishimoto (岸本 あやせ, Kishimoto Ayase)
Pengisi Suara: Yui Sakakibara
Ayase adalah murid kelas 3 SMU Suimei. Ia sebenarnya adalah vokalis dari grup band indie-rock “Phantasm”, dengan nama samarannya “FES”. Grup ini sedang naik daun di daerah Shibuya, karena lirik-liriknya mengandung berbagai kejadian dari pembunuhan “New Gen” yang akan terjadi pada masa depan. Hal inilah yang menyebabkan polisi mencurigainya sebagai pelaku dari pembunuhan berantai tersebut. Ia juga adalah seorang “Gigalomanic” dan memlikiki Di-Sword.
Nanami Nishijō (西條 七海, Nishijō Nanami)
Pengisi Suara: Ui Miyazaki
Nanami adalah adik perempuan dari Takumi, dan juga murid kelas 1 di SMU Suimei. Ia sering mengkhawatirkan kakaknya yang tinggal sendiri di kontainernya, dan hidup serampangan. Ia sering meminta Takumi untuk kembali tinggal di rumah bersama orang tuanya, namun ia menolaknya. Ia pun sering beradu mulut dengan kakaknya, karena ia sering tidak merasa diperhatikan. Tetapi sebenarnya Takumi sangat memperhatikannya, namun ia hanya malu dan bingung untuk mengungkapkannya. Ia juga adalah seorang “Gigalomanic” dan memiliki Di-Sword.

Karakter Pendukung[sunting | sunting sumber]

Grim (グリム, Gurimu)
Grim adalah teman dunia maya Takumi, yang selalu menemaninya bermain game. Ia sering menyemangati Takumi untuk bisa lebih bergaul di dunia nyata, dan sering membantunya jika ada masalah. Ia sangat tertarik dengan kejadian pembunuhan berantai “New Gen” yang sedang terjadi, dan selalu mencari tahu mengenai perkembangannya. Takumi tidak mengetahui identitas aslinya, dan ia sangat terkejut ketika mengetahui siapa ia sebenarnya.
Shogun (将軍, Shōgun)
Pengisi Suara: Tsubasa Yonaga
Shogun adalah seseorang yang Takumi temui ketika ebrada di ruang chatting. Ia mengirim berbagai foto sadis yang merupakan foto dari kejadian pembunuhan “New Gen”, mengirim rumus “fun^10xint^40=Ir2, dan kalimat “Sono me, dare no me?” (Mata itu, mata siapakah itu?), yang sering digunakan oleh Takumi. Hal inilah yang menyebabkan Takumi sangat ketakutan terhadapnya, dan menarik kesimpulan bahwa dialah pelaku pembunuhan “New Gen” yang sebenarnya. Ia berpenampilan seperti orang tua dan sering terlihat menggunakan kursi roda.
Orgel Seira (星来 オルジェル, Seira Orujeru)
Pengisi Suara: Akane Tomonaga
Seira adalah tokoh utama dari serial animasi favorit Takumi, “Blood Tunes the Animation” (Plesetan dari serial animasi Blood +), yang juga merupakan tokoh favoritnya dalam serial tersebut. Ia sering muncul dalam khayalan Takumi, dan berusaha untuk menjauhkan Takumi dari dunia nyata.
Daisuke Misumi (三住 大輔 Misumi Daisuke)
Pengisi Suara: Daisuke Ono
Daisuke adalah murid kelas 2 SMU Suimei, dan juga teman sekelas Takumi. Ia, Takumi dan Rimi adalah sahabat baik sejak kelas 1, meski Takumi sama sekali tidak mengingatnya. Ia adalah seorang playboy, dan selalu mendekati gadis-gadis cantik di sekolahnya. Ia dipanggil “Daichin” oleh Rimi.
Yasuji Ban (判 安二, Ban Yasuji)
Pengisi Suara: Kazuya Ichijo
Ban adalah seorang detektif dari bagian Investigasi Kriminal Kepolisian Metropolitan Tokyo. Ia selalu terlihat bersama bawahannya, Mamoru Suwa. Ia sedang menyelidiki kasus “New Gen’, dan sempat mencurigai Takumi sebagai pelakunya. Namun semakin dalam ia menyelidiki kasus tersebut, ia semakin menemukan berbagai kejanggalan, yang menyebabkan hidupnya terancam.
Mamoru Suwa (諏訪 護, Suwa Mamoru)
Pengisi Suara: Makoto Yasumura
Mamoru adalah detektif dari bagian Investigasi Kriminal Kepolisian Metropolitan Tokyo, yang juga adalah bawahan Ban. Ia sangat menyukai film “Spark Wars” (plesetan dari “Star Wars”), dan tokoh favoritnya adalah “Darth Spider”. Meski ia tampak seperti orang lugu, namun ia adalah orang yang sangat berbahaya.
Katsuko Momose (百瀬 克子, Momose Katsuko)
Pengisi Suara: Kujira
Katsuko adalah pemimpin dari sebuah agensi detektif, yang juga adalah teman lama Ban. Ia sering membantu Ban dalam penyelidikan “New Gen” dengan memberikan berbagai informasi yang ia dapat melalui bawahannya. Ia dipanggil “Momo-chan” oleh Ban.
Fumio Takashi (高科 史男, Takashi Fumio)
Pengisi Suara: Akira Ishida
Fumio adalah seorang psikiater. Dialah yang merawat Takumi dari gangguan kejiwaannya selama 4 tahun terakhir. Ia tewas dibunuh dan menjadi korban keempat dari pembunuhan berantai “New Gen”.
Shino Hazuki (葉月 志乃, Hazuki Shino)
Pengisi Suara: Noriko Aoki
Shino adalah seorang suster rumah sakit yang bekerja dengan dokter Fumio. Ia tampak seperti orang biasa, namun hal itu hanyalah kedoknya saja.
Issei Hatano (波多野 一成 Hatano Issei)
Pengisi Suara: Kenji Hamada
Issei adalah seorang tunawisma yang sering terlihat di Shibuya, dan sedang membawa-bawa sebuah papan berisi tulisan. Ia sebenarnya adalah ayah Sena, yang selama ini selalu dicari-cari olehnya. Ia merasa sangat bersalah karena telah menyebabkan kematian dari istri dan anak keduanya oleh karena percobaan dari proyek Noah II.
Genichi Norose (野吕濑 玄一, Norose Gen'ichi)
Pengisi Suara: Kenta Miyake
Genichi adalah pimpinan dari perusahaan NOZOMI. Ia adalah tokoh antagonis dari Chaos;Head, yang merencanakan untuk menyempurnakan Noah II dengan segala cara, demi ambisinya mengusasai dunia. Ia juga adalah seorang “Gigalomanic”, dan memiliki Di-Sword.
Yuudai Kuramochi (倉持 雄大, Kuramochi Yūdai)
Pengisi Suara: Mitsuru Ogata
Yuudai adalah pendiri dari gereja “Heaven’s God Light”. Ia membantu membiayai proyek Noah II dengan harapan ia mendapat lebih banyak pengikut untuk gerejanya. Ia tewas karena saling bunuh dengan Kouzou akibat pengaruh Noah II.
Kouzou Inohana (豬鼻 康三, Inohana Kōzō)
Pengisi Suara: Naomi Kusumi
Kouzou adalah salah seorang anggota Parlemen Jepang. Ia juga membantu membiayai proyek Noah II, dengan harapan ia dapat menguasai pemerintahan. Ia tewas karena saling bunuh dengan Yuudai akibat pengaruh Noah II.

Istilah[sunting | sunting sumber]

New Gen
Kependekan dari "New Generation". Adalah sebuah istilah yang diberikan kepada kasus pembunuhan berantai yang aneh, yang terjadi selama sepanjang serial ini.
Gigalomaniac
Kemampuan seseorang untuk mengubah apa yang ada di pikiran mereka menjadi kenyataan. Hanya orang yang mengalami trauma psikologis yang berat yang mampu menggunakan kemampuan ini. Namun setelah Noah II beroperasi, orang biasa pun bisa menggunakannya melalui alat bantu. Orang yang mempunyai kemampuan ini disebut "Gigalomanic"
Dead Spot
Sebuah area di mata manusia dimana manusia tidak bisa melihatnya. Seorang Gigalomanic dapat memvisualisasikan apa yang mereka pikirkan ke dalam area ini, sehingga orang tersebut melihat ilusi.
Di-Sword/Pedang Di
Sebuah pedang yang diciptakan dari sebuah area di luar dunia nyata ini, tapi di saat yang bersamaan dapat menjadi sebuah benda nyata ataupun ilusi. Wujud dari Di-Sword berbeda-beda, tergantung dari orang yang memegangnya.
Noah II
Sebuah mesin besar yang meningkatkan kemampuan seorang Gigalomanic, hingga mempunyai kekuatan seperti Tuhan.
Conductor/Konduktor
Mereka sebenarnya hanyalah orang biasa, yang tidak mempunyai kemampuan apa-apa. Namun setelah mengenakan sebuah ransel besar yang berisi penerima sinyal Noah II, mereka berubah menjadi seorang gigalomanic, dan dapat menciptakan ilusi. Namun mereka tidak dapat menciptakan Di-Sword.
Rumus Ir2
fun^10 x int^40=Ir2. Sebuah formula yang ditulis oleh Takumi semasa kecilnya. Ia tidak mengetahui bahwa apa yang ia tulis tersebut adalah kunci dari proyek Noah II, yang menyebabkan banyak orang menderita.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah serial manga yang diangkat dari gamenya, yang diilustrasikan oleh Sumihey, dimuat di majalah Dengeki Daioh pada tanggal 21 Mei 2008. Serial keduanya yang berjudul Chaos;Head -Blue Complex-, yang menceritakan kehidupan dari Sena Aoi dan Kozue Orihara dimuat di majalah Monthly Comic Alive pada tanggal 26 Agustus 2008. Serial itu diilustrasikan oleh Nagako Sakaki. Seri ketiga yang berjudul Chaos;Head H (かおすへっどH Kaosu Heddo H) mulai dimuat di majalah Comic Rush pada tanggal 23 September 2008.

Game[sunting | sunting sumber]

Chaos;Head adalah sebuah serial yang diproduksi secara bersama oleh 5pb. dan Nitroplus dengan bantuan dari Red Flagship. Awalnya game ini berjudul "Gigalomaniacs", sebelum kemudian diubah menjadi “Chaos;Head”. Konsep artistik dan skenario serial ini disusun oleh dua staf 5pb., Yukihiro Matsuo dan Naotaka Hayashi. Mutsumi Sasaki bertindak sebagai pendesain karakter, sementara Choco sebagai pendesain produknya. 5zizz Studio bertindak dalam mengisi musik di dalam gamenya, dan Nitroplus bertindak dalam pengembangan dan pembuatan game tersebut.

Game ini pertama kali dirilis pada tanggal 25 April 2008 untuk PC. Pada tanggal 26 Februari 2009, dirilis pula versi Xbox 360nya dengan judul Chaos;Head Noah, dengan berbagai perubahan, terutama grafik pada gamenya, peningkatan resolusi (dimana sebelumnya pada versi PC resolusinya berukuran 800x600, menjadi 1280 x 720), dan penambahan rute “heroine” dari game awalnya.

Lagu Tema[sunting | sunting sumber]

Serial Animasi[sunting | sunting sumber]

Sebuah serial animasi dari Chaos;Head mulai ditayangkan pada bulan Oktober 2008. Serial ini diproduksi oleh studio Madhouse, dan menceritakan apa yang terjadi di dalam gamenya dengan sedikit perubahan cerita, serta melibatkan seluruh pengisi suara dari gamenya.

Lagu Tema[sunting | sunting sumber]

Trivia[sunting | sunting sumber]

Meskipun diangkat dari gamenya, namun terjadi berbagai perubahan pada cerita di versi serial animasi dari Chaos;Head. Yang paling mencolok adalah pengurangan unsur kekerasan yang ada pada game di serial animasinya. Hal ini cukup wajar mengingat unsur kesadisan di game yang cukup tinggi. Berikut ini adalah sebagian dari perbedaan yang ada:

  • Pada animasi, Takumi bertemu Genichi dua kali, yaitu pada saat penghancuran mesin protoype Noah II, dan pada saat menuju pertempuran terakhir. Namun di gamenya, Takumi hanya bertemu satu kali, yaitu pada saat pertempuran terakhir.
  • Adegan mesin Prototype Noah II tidak ada dalam game, karena yang sebenarnya Takumi sedang mencari Nanami yang diculik oleh Genichi. Di saat yang sama dalam game, Takumi dihadapkan pada tokoh “Darth Spider”, yang mengaku telah menculik Nanami, dan Takumi berupaya untuk menyelamatkannya. Namun upayanya gagal, dan mengakibatkan dirinya menjadi pemberitaan di media massa. Hal inilah yang menjadikannya stress berat, yang kemudian dirinya ditolong oleh Kozue dan Sena.
  • Dalam serial animasi, tangan kanan Nanami digambarkan “menghilang” karena pengaruh Noah II. Namun dalam game, tangan kanan Nanami dipotong oleh Genichi dan dikirimkan ke Takumi sebagai “pesan” bahwa Nanami telah diculik, dan akan dibunuh apabila Takumi tidak menuruti apa yang diperintahkan kepadanya.
  • Dalam game, setelah gempa terakhir yang berskala 8.0 Richter, sama sekali tidak muncul monster yang menyerang kota Tokyo seperti yang terlihat dalam serial animasinya.
  • Pertemuan Orgel Seira dengan Takumi untuk yang terakhir kalinya (Sebelum Takumi berhadapan dengan Genichi), berakhir dengan pertarungan. Tidak seperti di animasinya dimana mereka hanya berbicara saja.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]